LIGA TOPSKOR
Laga Sengit Dua Jawara
13 Januari 2018 05:05 WIB
berita
Selebrasi Bigstar Babek - TopSkor/Ady Sesotya
JAKARTA – Laga sengit akan tersaji pada babak semifinal play-off Liga Nivea Men TopSkor (LNMT) U-16, saat ASTAM menghadapi Bigstar Babek, di lapangan Wing 1 Paskhas, Halim Perdanakusuma, Sabtu (13/1). Pasalnya, pertandingan ini mempertemukan sesama juara grup pada babak sebelumnya.

ASTAM yang merupakan juara Grup A melaju ke semifinal setelah menundukkan Bintar. Sebelumnya, tim asal Tangerang Selatan meraih dua kemenangan dan satu kali imbang pada fase Grup. Hanya saja, penampilan tim asuhan Dzulfikri Bhasari ini tampil kurang greget pada babak delepan besar.

Saat hadapi Bintar, penampilan ASTAM dinilai sangat menurun, tidak seperti biasanya. Mereka hanya cenderung mendominasi bola, tetapi ketika melakukan akselerasi ke daerah pertahanan lawan, lini depan ASTAM tidak cermat memanfaatkan peluang. Kordinasi lini pertahanan pun menjadi catatan penting.


Baca Juga :
- Seleksi TSI Goes to Gothia Cup Dimulai
- Petik Pelajaran Berharga



Menghadapi Babek, Dzulfikri instruksikan anak asuhnya untuk mewaspadai beberapa pemain kunci lawan. Apalagi, Babek dinilai punya tipikal bermain keras, plus sangat disiplin. Oleh sebab itu, Dzulfikri mempersiapkan gaya pressing, agar pemain Babek tidak leluasa menguasai jalannya pertandingan.

“Saya menginkan pemain melakukan pressing sejak awal pertandingan. Dengan demikian permainaan lawan tidak akan berkembang. Saya tahu Babek tim dengan karakter permainan yang keras. Kesalahan pada pertandingan sebelumnya saya harapkan tidak terjadi lagi pada pertandingan ini,” kata Dzulfikri.

Meski begitu, Dzulfikri tetap ingin pemain menikmati pertandingan, tanpa terbeban target. Minimal, kata Dzulfikri, pemain bisa menahan Babek hingga akhir pertandingan, sehingga terjadi situasi adu tendangan penalti. Sikap pesimistis ini tak lain karena beberapa pemain andalan akan absen, karena beberapa alasan.

“Mungkin kami akan bertahan dan memaksakan pertandingan ini dengan adu tendangan penalti. Tapi kalau bisa tim ini harus mencuri gol terlebih dahulu dari serangan balik ataupun bola mati. Dengan begitu saya yakin tekanan yang mereka hadapi akan berkurang dan bermain lebih lepas,” Dzulfikri menjelaskan.

Babek 
Sementara kubu Babek tak ingin menyia-nyiakan kesempatan. Dalam artian, seluruh tenaga pemain akan dikuras untuk satu tiket kompetisi, tanpa harus melakoni satu pertandingan penentuan tambahan. Pelatih Babek Syamsul Bachri, menyebut pertandingan melawan ASTAM sebagai ujian sesungguhnya. 
 
Laga ini pun memang sangat dinanti oleh mantan pelatih Persitara Jakarta Utara itu. “Jika ingin tampil di Divisi Utama, tentu anak-anak harus mampu melewati adangan ASTAM. Saya sebagai pelatih hanya memotivasi pemain saja, terkait dengan taktik, itu urusan nanti di lapangan,” ujar Syamsul.*CR6

 

Performa ASTAM
Main: 4
Menang: 3
Seri: 1
Kalah: -
Memasukan: 7
Kemasukan: 3


Baca Juga :
- Fokus Membangun Chemistry
- Bina Taruna Juara LNMT U-16 2018

Performa Babek
Main: 4
Menang: 4
Seri: -
Kalah: -
Memasukan: 11
Kemasukan: 1 

Jadwal Pertandingan 
Sabtu, 13 Januari 2018
07.30: ASTAM va Babek
08.45: PCM vs Chandrabhaga
10.00: (Loser) vs (Loser)

n
Penulis
nana sumarna