UMUM
Ini Hasil Renovasi Stadion Utama Gelora Bung Karno
12 Januari 2018 20:51 WIB
berita
Stadion Gelora Bung Karno - TopSkor.id/Yohvinno
JAKARTA -Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sudah merampungkan renovasinya. Stadion yang menjadi ikon kota Jakarta itu diperbaiki untuk ajang Asian Games 2018, Agustus mendatang.

Dana yang tidak sedikit digelontorkan oleh pemerintah. Untuk mempercantik stadion yang dibangun pada 1961 ini butuh Rp 760 miliar yang dikeluarkan oleh pemerintah. Alhasil renovasi yang memakan waktu hampir satu tahun itu kini rampung sepenuhnya.

Berbagai inovasi diterapakan dalam renovasi stadion terbesar di Indonesia ini. Selain pergantian kursi menjadi single seat. GBK kini semakin aman dengan adanya ratusan ribu CCTV yang terpasang dibeberapa titik.


Baca Juga :
- Mongolia Pun Semarakan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
- Seri III Kualifikasi Equestrian Asian Games: Raymen Kembali Ungguli Ferry dan Yanyan



Menariknya, CCTV tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali wajah orang yang mencurigakan. Selain itu, penerangan Stadion Utama Gelora Bung Karno merupakan salah satu yang mencuri perhatian publik. Bahkan pihak pengelola mengklaim bahwa penerangan yang dimiliki GBK merupakan yang paling terang di dunia.

"Sekarang ini  dari sisi penerangan  kami yang paling baik. Tapi, nanti bila stadion di Tokyo sudah jadi ya mereka yang terbaik," ujar Pengelola SUGBK, Gatot Tetuko.


Baca Juga :
- Esports Akan Meriahkan Asian Games 2018, Ini Daftar Video Game yang Akan Dipertandingkan
- Seleksi Equestrian Asian Games: Sembilan Eventer Penuhi MER

Selain itu, untuk menjamin keamanan para tamu penting yang menonton, SUGBK  dilengkapi kaca anti peluru pada tribun VVIP. Rencananya SUGBK akan digunakan untuk pertama kali pada 14 Januari mendatang.

Namun, renovasi tersebut berimbas pada berkurangnya kapasitas SUGBK. Sebelumnya berkapasitas 80.000 penonton, kini 76.152 kursi. Rinciannya:  595 kursi untuk media, 73.479 kursi umum, 132 kursi difabel, 1.725 kursi VIP dan 221 kursi VVIP. Selain itu, rumput SUGBK merupakan yang terbaik dengan jenis Josia Matrela.**Yohvinno

news
Penulis
Yohvinno
Tukang Ketik, doyan motret. Pecinta Manchester Merah. Pemilik akun ig @jonathan.yohvinno