LIGA TOPSKOR
Persiapan Adalah Segalanya
12 Januari 2018 05:05 WIB
berita
Tim Nivea Men Topskor & tim Ponpes Modern Sahid - TopSkor/CR6
BOGOR – Hasil selalu berbanding lurus dengan persiapan. Tanpa persiapan matang, sebuah kegiatan bisa dipastikan akan berlangsung berantakan. Itulah pesan utama dalam kegiatan Nivea Men TopSkor Goes to School ke Pondok Pesantren Modern Sahid, Kamis (11/1).
 
Dalam acara bertajuk Preparation is Everyting itu, mantan penyerang timnas Indonesia Indyanto Nugroho, bintang timnas Indonesia U-16 Rendy Juliansyah, dan komentator sepak bola Valentino Simanjuntak, dihadirkan sebagai pembicara. Ketiganya berbagi pengalaman soal petingnya sebuah persiapan.

Sebagai pembicara pertama, Indri bercerita bagaimana dirinya bisa menjadi pemain sepak bola handal sehingga bisa tampil di luar negeri. Dalam pemaparannya, Indri menyebut ada tiga aspek utama yang mempengaruhi kariernya. Disiplin, kemauan, dan kemampuan, adalah tiga hal penting itu.

Jebolan Indonesia Primavera yang berlatih di Italia itu menganggap persiapan sebagai hal vital kesuksesan. Persiapan tak hanya dilakukan saat sebelum pertandingan, tetapi juga sebelu memulai latihan. Tak hanya itu, pola makan dan gaya hidup sebagai atlet pun dipersiapkan sejak usia muda.


Baca Juga :
- TSI Fokus Mengasah Set Piece
- Ketiban Durian Runtuh



“Jadi saya tekankan di sini, untuk menjadi seperti sekarang saya melakukannya tidak dengan mudah. Butuh banyak waktu yang panjang jika ingin menjadi sekarang. Tetapi semua itu kembali kepada diri masing-masing. Bila persiapan dilakukan dengan baik sejak usia muda percayalah cita-citakan kalian bisa terwujud,” kata Indri.

Hal serupa juga diutarakan Rendy. Menurut penyerang juga playmaker Garuda Asia ini, sebelum membela timnas, ia sudah mempersiapkan segalanya sejak masih kanak-kanak. Saat anak-anak seusianya menikmati kebebasan dalam keseharian, Rendy menjaga diri dengan baik, tak lain agar impian membela timnas tercapai. 

Pemain yang akan menimba ilmu di Jepang itu juga berbagi pengalaman menariknya dalam dunia sepak bola. Pengalaman yang paling berkesan, kata Rendy, adalah saat ia berhasil mencetak enam gol dalam satu pertandingan bersama timnas, dan berhasil menjadi topscorer dalam turnamen Thien Phong Plastic Cup 2017 di Vietnam.

“Itu bukanlah sebuah hal yang mudah, saya melakukan hal tersebut dengan kerja keras yang luar biasa. Semua tidak ada yang tidak mungkin jika kalian berusaha semaksimal mungkin dalam melakukan sesuatu. Jadi mungkin teman-teman yang ada di sini sekarang pun bisa melakukan hal tersebut,” kata Rendy.


Baca Juga :
- Fokus Penyelesaian Akhir
- LTS Yogya : Peluang Lahirnya Juara Baru Yogya

Acara ini semakin meriah ketika presenter kondang  Jebret, sapaan akrab Valentino Simanjuntak memberikan petuah. Kedatangan Jebret memang menjadi yang paling ditunggu peserta Nivea Men TopSkor Goes to School. Meskipun memiliki jadwal namun Valentino menyempatkan diri untuk memberikan motivasi. 

Sama seperti Indri dan Rendy, Valentino juga menyebut persiapan sebagai elemen inti dalam berkegiatan. Ia mencontohkan, setiap kali akan siaran sepak bola, data dan bahan untuk perbincangan sudah dipersiapkan. Bahkan, persiapan menuju siaran dilakukan sampai beberapa hari. Ini tak lain demi hasil maksimal.
 
“Poinnya di sini adalah bahwa segala sesuatu harus dipersiapakan secara matang. Kenapa saya bilang seperti itu, karena jika kalian sudah mempersiapakan sesuatu dengan matang, apa yang kalian lakukan pasti terstruktur dengan baik. Dan yang pasti dengan persiapan baik, kalian akan lebih percaya diri,” kata Valentino.* CR6
 

n
Penulis
nana sumarna