news
UMUM
Menpora Bicara Piala Presiden & Masa Depan Esports
23 January 2020 13:40 WIB
berita
JAKARTA – Esports lagi naik daun. Olahraga games ini banyak digandrungi remaja di Indonesia. Perlu ada wadah untuk menampung potensi mereka. 

Giring Ganesha yang dulu dikenal sebagai vokalis band Nidji, kini menginisiasi digelarnya Piala Presiden Esports. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali pun memberinya dukungan. 




Baca Juga :
- Pengakuan Jujur Menpora: Tanpa Siwo, Olahraga Indonesia Tidak Masif
- Dibuka Menpora, Rakernas Siwo PWI Kupas Tuntas Porwanas Jatim




Menpora berharap Esports bisa menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia pada masa mendatang. Dia diutarakan saat menerima kunjungan dari Indonesia Esports Premiere League (IESPL) di ruang kerjanya, Jakarta, Selasa (21/1).

Turnamen bergengsi Piala Presiden Esports 2020 yang akan memasuki babak grand final pada 1-2 Februari 2020 mendatang, diharapkan dapat melahirkan para atlet Esports yang kelak dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. 


Baca Juga :
- 24 Tiket Regional Barat Diperebutkan Menuju Final MPL Piala Presiden E-Sports
- 32 Jagoan E-Sports Adu Kepiawaian di Piala Presiden 2020


“Esports telah diperlombakan di turnamen-turnamen besar seperti Asian Games 2018 dan SEA Games 2019 kemudian akan dipertandingkan pada Olimpiade Paris di tahun 2024 mendatang. Cabang olahraga ini terbukti banyak melahirkan atlet muda yang bertalenta. Potensi ini harus dirawat dengan berbagai kejuaraan, salah satunya melalui Piala Presiden Esports yang saat ini sedang bergulir,” tutur Zainudin Amali usai audiensi.

Selain mendukung penyelenggaraan Piala Presiden Esports 2020, Kemenpora saat ini juga tengah mengkaji regulasi yang nantinya akan memberikan legitimasi bagi Esports sebagai sebuah cabang olahraga yang diakui di Indonesia.
 
“Dengan adanya regulasi tersebut, nantinya kita semakin terpetakan bagaimana cara membawa Esports kearah yang semakin positif dan memiiliki kontribusi yang besar terhadap negara ini, khususnya di bidang olahraga dan sektor-sektor lainnya,” ujar Zainudin.

Sementara itu, CEO IESPL yang juga ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2020, Giring Ganesha, memberikan apresiasi terhadap komitmen dan juga dukungan Kemenpora dalam memajukan perkembangan Esports di Indonesia. Diyakini Giring, dukungan dari banyak pihak akan membuat ekosistem Esports di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang.

“Membentuk ekosistem Esports yang baik di Indonesia merupakan kerja keras dari berbagai elemen. Dari sisi kami, pengembangan ekosistem ini dilakukan dengan menyelenggaakan Piala Presiden Esports 2020, yang kini melibatkan tidak hanya pejuang Esports dari Tanah Air tapi juga enam negara di Asia Tenggara, yaitu Thailand, Vietnam, Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Filipina,” kata Giring.*


 

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news