news
LIGA 1
Minus Igbonefo, Persib Dongkrak Standar Performa Pemain pada Asia Challenge 2020
18 January 2020 07:13 WIB
berita
Calon penyerang asing Persib, Wander Luiz, dalam sesi latihan/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
SELANGOR – Pertemuan Persib Bandung lawan Selangor FA di Stadion Shah Alam Selangor, Malaysia, Sabtu (18/1) bukanlah yang pertama. Kedua tim pernah bertarung pada 2009 lalu dalam ajang Selangor Cup di stadion yang sama.

Ketika itu Maung Bandung tengah bersiap menghadapi musim kompetisi 2009 dengan pelatih definitif Robby Darwis dan pelatih utama Jaya Hartono. Kondisi saat itu pun sama, tidak ada pemain inti. Mayoritas skuat Maung Bandung hanya diisi pemain muda.




Baca Juga :
- Castillion Pulih, Robert Bisa Lanjutkan Dua Program Uji Coba Terakhir Persib Sesuai Rencana
- Para Legenda Persib Sarankan Robert Segera Putuskan Komposisi Pemain Inti




Alhasil, ketika itu Maung Bandung takluk 0-2 dari Selangor FA yang diperkuat Bambang Pamungkas. Tapi, misi Persib saat itu pun sama dengan sekarang, yakni memberi kesempatan kepada pemain yang diproyesikan menuju kompetisi kasta tertinggi.

Wajar bila pelatih Robert Rene Alberts membawa sebagian besar pemain pelapis dalam ajang Asia Challenge 2020 di Stadion Shah Alam, 18-19 Januari. Mereka berkesempatan mengasah diri, dimulai dari lawan pertama, Selangor FA. Lalu meladeni juara Liga Vietnam 2019, Hanoi FC, Minggu (19/1).


Baca Juga :
- Sudah Final, Robert Segera Daftarkan 26 Pemain Persib ke PT LIB
- Evaluasi Uji Coba Persib saat lawan Barito, Robert Condong Menggunakan Skema Empat Bek Sejajar


Laga hanya berselang sehari, sehingga kondisi fisik pemain akan lebih terlatih. “Harapannya lewat ajang Asia Challenge pemain muda bisa menyambut musim berikutnya dengan standar lebih tinggi,” ujar pelatih Persib Robert Rene Alberts, Jumat (17/1) saat dihubungi di Malaysia.

"Lagi pula Persib sebenarnya belum memulai sesi latihan pramusim. Kami baru akan memulainya secara resmi 22 Januari mendatang. Itu sebabnya pemain senior kami banyak yang tidak ikut karena masih libur,” Robert menambahkan.

Soal laga perdana lawan Selangor FA Robert menilai skuatnya sudah siap tempur. “Terima kasih kepada tuan rumah Selangor karena sudah mengundang kami sehingga bisa bertemu tim kuat di turnamen ini. Saya tahu betul Selangor adalah klub raksasa di Malaysia, tidak mudah mengalahkan mereka," ucap pelatih asal Belanda itu.

Robert menegaskan, semua pemain yang diboyong ke Malaysia masuk proyeksi tim yang akan  dibentuknya. Namun, ia masih memantau performa mereka dalam ajang ini, termasuk dua penyerang asing asal Brasil, Joel Vinicius dan Wander Luiz.  

"Keduanya (Vinicius dan Luiz) punya track record bagus di sepak bola Asia dan saya mencari pemain yang terbiasa bermain di level Asia seperti turnamen AFC. Jadi saya ingin tahu kualitas mereka bermain bersama pemain kami,” ucapnya.

Pada kesempatan itu Robert juga memastikan bek naturalisasi Victor Igbonefo batal berlaga dalam ajang ini. “Igbonefo masih ada masalah dengan dokumennya di klub lamanya, jadi dia kembali ke Thailand untuk menyelesaikannya," Robert menjelaskan.

Di sisi lain, pelatih Selangor, B. Sathianathan, menghargai kedatangan Persib.  "Walau belum mulai pramusim, Persib mau menerima undangan kami. Sama dengan Persib, ajang ini jadi kesempatan kami menguji pemain sebelum liga dimulai 29 Februari," ujar Sathianathan.

Dalam Asia Challenge ini, lini pertahanan Persib juga bakal teruji. Sebab Selangor FA maupun Hanoi FC punya penyerang tajam. Ifedayo Olusegun, striker asing Selangor FA, mencetak 12 gol hanya dalam 10 penampilan Malaysia Super Legue 2019. Sedangkan Hanoi FC diperkuat striker timnas Vietnam yang tersohor di Indonesia, Nguyen Van Quyet.*Arief Nugraha K

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news