news
INFOGRAFIS
Neymar Masih Betah di PSG
04 January 2020 16:07 WIB
berita
Meski Neymar mampu tampil impresif bersama Paris Saint Germain, namun tidak mengakhiri teka teki terkait masa depannya.
PARIS – Musim 2019/20 sudah separuh jalan, tapi masa depan Neymar Junior di Paris Saint Germain masih jadi perdebatan. Ada yang menyebutkan bintang Brasil ini sudah mantap untuk memenuhi kontraknya di Les Parisiens yang tersisa dua setengah tahun lagi. Tapi, ada juga yang mengabarkan dia bakal kembali mengupayakan kepergiannya dari Parc Des Princes akhir musim ini.

Neymar sempat membuat kehebohan pada musim panas tahun lalu dengan mendesak PSG agar menjualnya kembali ke FC Barcelona. Tapi, upaya tersebut tidak membuahkan hasil sehingga winger 27 tahun itu terpaksa melanjutkan kiprahnya bersama Les Parisiens musim ini.




Baca Juga :
- Icardi Enggan Bertahan di PSG, Ini Rencana yang Sedang Disiapkan
- PSG Bidik Allegri dan Sarri Sebagai Pengganti Tuchel




Upayanya hengkang dari PSG membuat hubungan Neymar dengan fan Les Parisiens memanas. Mereka menganggap pemain kelahiran Sao Paulo itu telah melakukan pengkhianatan. Buntutnya, publik Parc Des Princes berulang kali mencemooh dan memaki Neymar setiap kali dia tampil dalam laga kandang.

Tapi, perlakuan yang tidak menyenangkan itu tidak banyak mempengaruhi performa Neymar di lapangan. Pemain termahal di dunia ini tetap menunjukkan penampilan yang meyakinkan dengan membukukan sembilan gol dan enam assist dalam 12 pertandingan di Ligue 1 dan Liga Champions.


Baca Juga :
- Pewaris Messi dan Ronaldo Itu Masa Depan Sepak Bola
- Tangan Jail Neymar Sikut Wajah Witsel, tapi Beruntung Lolos dari Kartu Merah


Aksi impresif yang terus menerus diperlihatkan Neymar di lapangan lambat laun meluluhkan hati suporter PSG. Belakangan, mereka tampak sudah bisa memaafkan mantan pemain Santos FC tersebut. Terbukti, Neymar mendapatkan tepuk tangan meriah dari publik Parc Des Princes usai kemenangan 4-1 Les Parisiens atas Amiens SC dalam laga terakhir di tahun 2019 pada 21 Desember lalu.

Menurut harian olahraga Prancis, L’Equipe, Neymar sendiri mengakui bahwa upayanya untuk hengkang musim panas lalu telah melukai hati fan PSG. Karenanya, dia berniat menebus kesalahan itu dengan melanjutkan kiprah di Parc Des Princes, minimal hingga kontraknya habis pada 30 Juni 2022.

Tapi, harian Spanyol, Sport, menulis berita yang bertolak belakang. Menurut media yang berkantor di Barcelona itu, Neymar bakal kembali berjuang untuk hengkang dari PSG di bursa transfer musim panas nanti. Dia bahkan siap menempuh jalur hukum demi mewujudkan keinginannya kembali ke Barcelona.

Salah satu celah hukum yang akan digunakan Neymar untuk melepaskan diri dari ikatan dengan PSG musim panas nanti adalah telah berakhirnya “protected period” dalam kontraknya. Berdasarkan Regulasi Statuta dan Transfer FIFA, seorang pemain berhak memutus kontrak secara sepihak setelah berakhirnya protected period.

Protected period berlaku selama tiga tahun pertama sejak kontrak ditandatangani. Mengingat Neymar meneken kontraknya dengan PSG pada 2017, maka protected period itu akan habis masa berlakunya akhir musim ini kecuali jika dia memperpanjang kontrak tersebut.

Salah satu argumen yang bisa dipakai oleh Neymar untuk memutus kontraknya dengan PSG adalah fair cause. Ini adalah klausul yang menyebutkan seorang pemain berhak menuntut pemutusan kontrak jika dia bermain dalam kurang dari 10 persen dari total laga kompetitif yang dimainkan klubnya.

Tapi, akan sangat sulit bagi Neymar memakai klausul ini untuk menyudahi kontraknya dengan PSG. Maklum, meski sering absen karena cedera sejak hijrah dari Barcelona dua setengah tahun silam, menit bermainnya masih lebih dari separuh dari total yang telah dijalani Les Parisiens. Musim ini saja Neymar tampil dalam 12 dari total 26 laga PSG atau 46 persen.

Cara yang paling realistis bagi Neymar adalah menebus klausul pelepasan dalam kontraknya dengan PSG. Penebusan ini hanya boleh dilakukan oleh pemain yang bersangkutan dan klub yang jadi tujuan berikutnya, dalam hal ini Barcelona. Tidak boleh ada pihak ketiga yang ikut membantu membayar tebusan ini. Cara seperti ini sama dengan yang dilakukan Antoine Griezmann saat hijrah dari Atletico Madrid ke Los Azulgrana musim panas tahun lalu.

Terlepas dari polemik seputar masa depannya, Neymar terlihat tetap fokus pada tugasnya. Dia telah kembali bergabung dengan para pemain PSG lainnya dalam sesi latihan pertama usai liburan paruh musim, Kamis (2/1). 

Sebelumnya, Neymar menghabiskan liburannya di kampung halamannya di Brasil. Dia juga sempat terbang ke Uruguay untuk menghadiri perayaan ulang tahun pernikahan mantan rekannya di Barcelona, Luis Suarez. Dalam acara itu juga berlangsung reuni trio MSN antara Neymar, Suarez, dan Lionel Messi.*Rijal Al Furqon dari berbagai sumber
 


 

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news