news
LIGA 1
Soal Pemilihan Pemain Persib, Umuh Minta Semua Menghormati Keputusan Pelatih
03 January 2020 14:37 WIB
berita
Manajer Persib Umuh Muchtar/Foto: TopSkor/Dani Wihara
BANDUNG – Komentar miring beberapa bobotoh saat menyikapi aktivitas Persib di bursa transfer mengundang respons dari manajer Maung Bandung, Umuh Muchtar. Ia menilai pelatih Robert Rene Alberts merupakan orang yang paling tahu permasalahan dan kondisi tim, sehingga berhak menentukan pemain yang direkrut.

Seperti pelukis yang butuh kuas untuk memindahkan idenya dalam bentuk gambar di kanvas. Atau, pemancing yang butuh kail untuk mendapat ikan. Begitulah pelatih dalam merekrut pemain dalam bursa transfer.




Baca Juga :
- Mengusung Filosofi Jawa, Jersey Pramusim Persis Solo Laris Manis
- Preview PS Sleman vs Persib Bandung, Robert Lanjutkan Eksprimen dengan Memasang Skuat Inti




"Robert mendatangkan siapa pun pemain, itu memang haknya. Tidak bisa diintervensi manajemen. Kami hanya berharap pemilihan pemainnya tepat. Sehingga, membuat permainan Persib jadi lebih bagus. Ditakuti lawannya, dan pada akhir kompetisi bisa memberikan prestasi terbaik," ujar Umuh kepada wartawan, Kamis (2/1).

Yang pasti, ketika pilihan sudah dijatuhkan, tidak perlu ada perdebatan panjang yang bisa merusak harmonisasi tim. Pemain yang terpinggirkan menerima kebijakan tersebut. Pilihan terbaiknya adalah keluar dan mencari peruntungan di klub baru.


Baca Juga :
- Uji Coba Persis Solo vs Persib Bandung Malam Ini, Robert Lanjutkan Eksperimen Strategi
- Peringati Hari Jadi ke-20 Tahun, Pasoepati Gelar Event Akbar di Stadion Manahan


Suwita Patha, salah satu legenda Persib, juga sependapat dengan Umuh. "Keputusan pelatih mutlak. Enggak bisa digugurkan atau dibatalkan karena ia punya tanggung jawab moril yang besar. Sehebat apa pun prestasi pemain, jika servisnya tidak dibutuhkan, ia harus menerima. Pilihannya jadi cadangan atau pergi cari klub baru," kata Suwita.

Semangat kebersamaan harus dikedepankan. Tidak perlu membuat dikotomi pemain muda atau tua yang banyak menghuni tim. Ini lantaran lawan Persib kelewat banyak dalam kompetisi kasta tertinggi Indonesia.

Bukan cuma rival yang tidak ingin Maung Bandung jadi penguasa Liga 1. Tapi juga tekanan bobotoh yang selalu ingin timnya jadi juara. Sebaiknya berharap, kapal Persib tetap tangguh dari goncangan.

Sebelumnya beberapa bobotoh menyayangkan Persib merekrut pemain senior seperti Victor Igbonefo, sehingga menambah daftar pemain senior di tim. Padahal, Robert musim depan diharapkan bisa memperbaiki posisi tim pada klasemen akhir.

“Kenapa sih bukan pemain yang lagi hot-hot-nya di Liga 1 yang direkrut? Kan banyak pemain klub pesaing yang jejak prestasinya nyata, seperti Makan Konate. Kenapa mesti pemain tua yang muncul duluan dan direkrut Persib?" ucap Uki, bobotoh fanatik di Stadion Sidolig, Bandung, beberapa waktu lalu.

Legenda Persib Dadang Hidayat pun ikut angkat bicara."Mau bilang apa lagi. Itu pilihan pelatih dan pasti ada pertanggungjawabannya. Kita harus hormati keputusannya merekrut Igbonefo yang sudah 34 tahun. Pasti ia punya rencana khusus menempatkan pemain tua di sektor belakang," kata Dadang.*Dani Wihara

 

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news