news
LIGA 1
Tiga Kiper Terbaik Musim Ini Belum Mampu Lampaui Rekor Clean Sheets Kurnia Meiga
29 December 2019 18:20 WIB
berita
MALANG - Rekor clean sheets terbanyak kompetisi Liga 1 2019 dibukukan tiga kiper yakni Dede Sulaiman (Persipura), Wawan Hendrawan (Bali United), dan I Made Wirawan (Persib). Ketiganya, sama-sama mencatat angka 12 kali tanpa kebobolan.

Namun, Dede unggul karena bermain satu laga lebih sedikit dari Wawan dan Made.




Baca Juga :
- Video Cewek Seksi Perkenalkan Jersey Baru Bali United, Netizen Gagal Fokus
- Presiden Lyon Ingin Pemain Andalannya Bermain di Juventus




Dalam 30 laga yang dimainkan dalam Liga 1 2019, Dede memiliki persentase tidak kebobolan sebesar 40 persen.

“Ini menurut saya tahun yang terbaik untuk saya secara pribadi. Saya bersyukur dengan perjalanan saya dan teman-teman,” ucap Dede. Mantan penjaga gawang timnas U-23 musim 2007-2009 itu juga senang karena musim ini berhasil membawa Persipura finis di peringkat ketiga.


Baca Juga :
- PSSI Siapkan Teknologi VAR untuk Liga 1
- Fisikalisasi di Timnas Era Shin Tae Yong, Pemain Tetap Berlari di Setiap Pergantian Bentuk Latihan


“Mungkin Dede sudah dikontrak langsung dua atau tiga tahun lagi,” ujar pelatih Persipura Jacksen Ferreira Tiago seolah memberi kode agar manajemen mempertahankan Dede.

Sedangkan, di posisi keempat rekor clean sheets ditempati Aditya Harlan yang mampu menjaga gawangnya tanpa kebobolan sebanyak 10 laga dari 24 kali mengawal gawang Barito Putera musim ini. Di bawah Aditya Harlan, ada kiper Persela Dwi Kuswanto. Dari 25 pertandingan, Dwi juga tidak kebobolan sebanyak 10 pertandingan.

Namun secara keseluruhan catatan 12 kali clean sheets yang dimiliki Dede, Wawan, dan Made masih belum mampu mendekati apalagi memecahkan rekor clean sheets sejak 1994/1995.

Adalah, Kurnia Meiga Hermansyah. Mantan kiper Arema FC yang tidak merumput sejak 2017 karena sakit itu, masih memegang  rekor clean sheets terbaik di Indonesia. Si Entong, sapaannya, menorehkan 18 kali clean sheets pada kompetisi Indonesia Soccer Championship A 2016.

Lantas bagaimana dengan catatan clean sheets kiper timnas Indonesia? Kiper utama timnas Andritany Ardhiyasa ternyata berada di urutan kesembilan. Kiper Persija ini mencatatkan delapan clean sheets dari 23 pertandingan yang dimainkan. Penampilan Bagol, sapaan Andritany, memang menurun pascaabsen selama dua bulan untuk pemulihan cedera patah tangan kiri yang diderita pada Piala Indonesia 2018/19.

Sementara, kiper timnas Indonesia lainnya, yakni  Muhammad Ridho Djazulie ada di posisi ke-14 dengan total enam kali clean sheets. Jumlah clean sheets tersebut sama dengan torehan kiper timnas U-22 Nadeo Argawinata bersama Borneo FC.*NOVAL LUTHFIANTO

 

 

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news