news
LIGA INGGRIS
Chelsea Masih Butuh Perbaikan Menyeluruh
20 December 2019 13:25 WIB
berita
Pelatih Chelsea Frank Lampard/AFP
LONDON – Empat kekalahan kekalahan dalam lima laga terakhir di Liga Primer musim ini membuktikan Chelsea FC butuh perbaikan menyeluruh. Salah satu cara adalah dengan merekrut pemain anyar. The Blues bisa aktif di bursa transfer musim dingin Januari nanti setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) menerima banding mereka terkait sanksi jual-beli pemain dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Pelatih Chelsea Frank Lampard membidik sejumlah nama hampir di semua lini untuk diboyong ke Stamford Bridge. Pria 41 tahun itu cemas karena periode bulan madunya bersama The Blues berakhir. Maklum, Tammy Abraham dan kawan-kawan sempat tampil impresif dalam 12 laga awal Liga Primer. Selama periode tersebut, mereka mampu membuntuti pemuncak klasemen, Liverpool FC dengan selisih hanya delapan poin.




Baca Juga :
- Performa Anjlok, Chelsea Siap Jual Kepa
- Chelsea Bisa Uangkan Pemain Sayap Ini ke Barcelona Sebelum Gratisan Juni Nanti




Namun, setelah itu, laju The Blues tersendat. Faktanya, mereka hanya meraih tiga angka dari 15 yang maksimal bisa diraih dalam lima partai terakhir. Pada saat yang sama, Liverpool justru sukses menyapu bersih kemenangan. Akibatnya kini, Chelsea tertinggal 20 poin dari The Reds. Regresi performa ini pun diikuti dengan minimnya kemampuan menjebol gawang lawan. Sebulan terakhir, Chelsea hanya mampu mencetak empat gol.

Di sisi lain, sektor pertahanan tidak kunjung membaik. Gawang The Blues telah delapan kali kebobolan. Masalah ini membuat kapasitas Kepa Arrizabalaga menjadi salah satu figur yang paling disorot. Maklum, hingga pekan ke-17, kiper asal Spanyol itu harus 25 kali memungut bola dari gawangnya. Arrizabalga dan barisan pertahanan lainnya hanya mampu mencatat tiga clean sheets.


Baca Juga :
- Tumbangkan Hull, Chelsea Lolos ke Babak Kelima
- Tammy Abraham Menderita, Lampard Tantang Batshuayi lawan Hull


Padahal, Chelsea harus merogoh 71 juta paun (setara Rp1,2 triliun) untuk merekrutnya dari Athletic Bilbao musim panas 2018. Ini yang membuat Lampard meminta klub mulai mencari kiper baru sebagai tambahan opsi. Pasalnya, saat ini selain Arrizabalaga, The Blues hanya memiliki satu pilihan yang berpengalaman, Willy Caballero. Kendati demikian, prioritas sang pelatih tetap mencari sosok kreatif pengganti Eden Hazard.   

Memang, saat ini Chelsea memiliki penyerang seperti Christian Pulisic, Callum Hudson-Odoi, hingga gelandang serang Mason Mount yang disebut-sebut bisa mengisi peran Hazard. Namun, sejak pemain asal Belgia itu bergabung ke Real Madrid CF, The Blues kehilangan kreativitasnya. Pulisic, Hudson-Odoi, atau Mount belum mampu menanggung beban sebagai playmaker tim.

“Saya akan melihat semua area tim. Namun, saya pikir, itu cukup jelas. Kami kehilangan Hazard pada musim panas lalu. Kontribusinya luar biasa, banyak mencetak gol atau memberi assist,” kata Lampard.

Pelatih berkebangsaan Inggris itu dikabarkan mendapat dana mencapai 150 juta paun untuk belanja pemain bulan depan. Ia bakal lebih mengutamakan untuk mendatangkan sosok kreatif seperti Hazard. Beberapa pemain telah menjadi buruan, meliputi Jadon Sancho (Borussia Dortmund), Leon Bailey (Bayer Leverkusen), Wilfried Zaha (Crystal Palace FC), dan Timo Werner (RB Leipzig).

Selain itu, Chelsea juga harus memprtimbangkan untuk mencari bek kiri serta bek tengah. Saat ini, The Blues mengandalkan Emerson Palmieri dan Marcos Alonso. Sementara di posisi sentral pertahanan, Lampard perlu opsi lebih banyak dibandingkan dengan yang dimilikinya saat ini, yakni Fikayo Tomori, Antonio Ruediger, Kurt Zouma, dan Andreas Christensen.*CHOIRUL HUDA

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news