news
UMUM
Danurwindo Beberkan Hasil Pertemuannya dengan Iwan Bule Terkait Pelatih Timnas Indonesia
20 December 2019 10:13 WIB
berita
Direktur Teknik PSSI Danurwindo saat memberi pelatihan - TopSkor/Jessica Margaretha
JAKARTA – Beberapa hari ke depan, sosok pelatih timnas Indonesia akan segera diumumkan. Itu setelah Ketua Umum PSSI Mochamad Irian bersama anggota Komite Eksekutif (Exco) bertemu dengan Direktur Teknik (Dirtek) PSSI Danurwindo dan jajaran pengurus PSSI lainnya, Senin (16/12) lalu.

Dalam pertemuan selepas bertemu Presiden RI Joko Widodo itu, sejumlah persoalan dibahas, termasuk kepastian pelatih timnas Indonesia. Program-program prioritas PSSI pada masa mendatang juga diperbicangkan. Pada intinya, Danur memaparkan kegiatan apa saja yang selayaknya dilakukan oleh PSSI.




Baca Juga :
- Batu Bara, Tembaga, dan Emas Jadi “Bahan Bakar” Baru Persija
- Persija Perpaduan Sepak bola Indah Brasil dan Ketangguhan Eropa




Namun, Danur mengakui, hal utama yang diperbincangkan dalam pertemuan tersebut mengenai pelatih baru timnas Indonesia pada 2020 mendatang. Bukan hanya pelatih timnas senior, melainkan juga timnas usia muda. Danur mengatakan, semua aspirasi dari dirinya telah diutarakan dan diterima dengan baik.

“Dua pelatih yang menjadi kandidat kuat itu sudah kami kupas bersama-sama, dari kelebihan dan juga kelemahannya, serta rencana apa yang kemungkinan dijalankan nantinya. Tetapi, balik lagi baru perencanaan saja. Yang pasti, saya tidak sebut nama, yang pasti dia punya track record yang bagus,” kata Danur.


Baca Juga :
- Semen Padang Klaim Sudah Tak Punya Utang, Persekat Tegal Sikat Tim-tim Tangguh
- Shin Tae Yong Kantongi Sejumlah Catatan, Timnas Berpeluang Panggil Pemain Baru


Danur menambahkan, Ketua Umum PSSI memberi syarat bahwa pelatih timnas Indonesia harus punya pengalaman tampil dalam pertandingan Piala Dunia. Pria berusia 68 tahun ini menjelaskan, pengalaman bertanding pada level tertinggi bisa menjadi modal untuk mengangkat prestasi Indonesia.

“Shin Tae Yong maupun Luis Milla sudah masuk kategori kelas atas. Tae Yong pernah mengantarkan Korea Selatan berlaga di Piala Dunia 2018. Luis Milla mengantarkan Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa. Jadi, siapa yang terpilih, nanti yang diinfokan oleh Ketua Umum memang sudah pelatih yang terbaik,” ujar Danur.

Mantan pelatih timnas Indonesia pada 1997 itu juga memastikan PSSI tetap berkomiten terhadap kompetisi pembinaan. Menurutnya, untuk membangun skuat yang solid, dibutuhkan waktu yang cukup panjang, sehingga program PSSI era sebelumnya terkait pembinaan usia muda harus dilanjutkan, bahkan ditingkatkan.

“Untuk membangun kompetisi yang berkualitas, harus memiliki rentetan yang panjang dan tidak instan. Banyak yang harus diperhatikan di dalam kompetisi kita saat ini, karena kompetisi yang baik merupakan syarat utama timnas Indonesia bisa bersaing di tingkat Asia Tenggara maupun Asia,” ucap Danur.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Soemantri, menilai masukan dan saran dari Dirtek dan jajaran pengurus PSSI lainnya menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan. Mengenai nama pelatih yang dipilih Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan, Cucu tak ingin bersuara.

Satu yang pasti, pilihan Iwan Bule telah bulat. Komunikasi dengan pelatih bersangkutan pun terus dilakukan. Persoalan isi kontrak yang menjadi pembicaraan, akan segera dituntaskan. “Semoga kami bisa merangkum dan menjalankan rencana itu dengan baik nantinya,” Cucu mengungkapkan.* Nizar Galang Gandhimar

loading...
news
Penulis
Abdul Susila
Pejalan kaki untuk gunung-gunung tropis Indonesia. Mencintai sastra, fanatis timnas Garuda, dan sedang aktif di sepak bola usia dini. Anak pertama dari tiga bersaudara.
news
news