news
LIGA SPANYOL
Positif-Negatif Barca Jelang El Clasico
16 December 2019 13:25 WIB
berita
Gelandang Barca, Sergio Busquets menutup wajahnya setelah jadi penyebab hadiah penalti untuk Sociedad, Sabtu (14/12). –Topskor/ist
BARCELONA – Empat hari jelang El Clasico, FC Barcelona tergelincir di kandang Real Sociedad. Jika pada duel Senin dini hari tadi, Real Madrid menang, maka sang lawan secara moril lebih diuntungkan. Sejauh ini, memang ada kondisi positif dan negatif yang dialami Barca sebelum duel 18 Desember mendatang. Pada satu sisi ada keraguan yang dimiliki, tapi untuk sisi lainnya memberikan kepercayaan diri. Berikut uraian dari tiap poinnya;

 




Baca Juga :
- Hazard Senang Bisa Comeback
- Berisiko! Barcelona Bisa Kehilangan 2 Bek Tangguh Ini Lawan Madrid




NEGATIF

Pertahanan Rapuh


Baca Juga :
- Imbas Brexit, Bale Segera Lepas Status Sebagai Pemain Uni Eropa
- Kalahkan Getafe, Barcelona Tempel Madrid


Barca telah kemasukan 20 gol di LaLiga sejauh ini dan menjadi yang terbanyak dibanding tim empat besar lainnya. Tambahan empat kebobolan lagi terjadi pada Liga Champions, atau keseluruhan kemasukan 24 gol di 22 pertandingan. Pertahanan sedang rapuh sebab rasio lebih dari satu gol kemasukan per laga, dan telah 16 laga gagal clean sheet (tak kemasukan).

Sisi Kiri

Jordi Alba telah comeback pasca cedera pada laga teranyar lawan Real Sociedad. Tapi alih-alih menjadi berita baik, malah kekhawatiran yang ada untuk sisi kiri tim. Bek sayap 30 tahun ini nampak sangat mudah kehilangan bola dan belum dalam bentuk terbaiknya soal kecepatan dalam membantu pertahanan dan serangan.

Gelandang Bertahan

Tidak ada keraguan soal posisi Sergio Busquets untuk duel versus Madrid, usai diistirahatkan pada duel Liga Champions lawan FC Intermilan sebelumnya. Tapi versus Sociedad, peran gelandang bertahan yang dijalani malah buruk. Levelnya tak setinggi biasanya. Ivan Rakitic pun tak maksimal saat membantu, begitupun peran Carles Alena.

 

POSITIF

Kombinasi MSG

Penampilan Antoine Griezmann yang melejit menunjukkan bahwa kombinasi trio MSG (Lionel Messi, Luis Suarez, Griezmann) semakin baik. Sebab sebelumnya ia tak bisa dalam kemampuan terbaiknya sebab belum bisa saling mengerti dengan penyerang lainnya itu. Kini mereka dalam versi terbaik, menghasilkan 33 gol; Messi 14, Suarez 12, Griezmann 7.

Energi De Jong

Di balik cerita buruk sederet gelandang Barca saat ini, ada Frenkie De Jong yang tak ternodai dan menjadi berita baik. Gelandang anyar asal Belanda ini adalah pemain yang memberi energi di permainan tim dengan keterlibatannya. Kinerjanya luar biasa sebab mampu konsisten menjaga ritme, baik membantu serangan ataupun pertahanan.

Faktor Istirahat

Jadwal pertandingan menjadi hal yang tak bisa dipinggirkan untuk memberi poin positif bagi Los Azulgrana, julukan Barca. Waktu istirahat yang dimiliki bisa jadi faktor yang menentukan sebab berdampak pada kebugaran fisik kala berlaga nanti. Tim asal Katalan sudah main sejak Sabtu atau laga ketiga sedang Madrid baru dini hari nanti atau penutup jornada 17.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news