news
LIGA INGGRIS
Pemahaman Taktik Maresca Dibutuhkan West Ham
13 December 2019 14:27 WIB
berita
Pelatih West Ham, Manuel Pellegrini (kanan) berbincang dengan asistennya, Enzo Maresca./Istimewa
LONDON - Kemenangan mengejutkan West Ham United FC atas Chelsea FC pada November lalu ternyata didalangi oleh Enzo Maresca. Pelatih utama Manuel Pellegrini memberi izin asistennya tersebut untuk secara taktik mempersiapkan skuat The Hammers, yang berakhir dengan kemenangan krusial, 1-0.

Kelebihan Maresca adalah pemahaman tentang lini tengah Chelsea yang tangguh, yang berhasil dia redam dengan menyumbat bagian tengah lapangan, lalu mendorong lawan bermain melebar. Hasilnya banyak serangan Chelsea yang mati lantaran umpan-umpan silang mereka gagal menemukan target karena pemainnya dipaksa keluar dari posisi.




Baca Juga :
- Manchester City Kalahkan West Ham di kandang
- Cuaca Ekstrem, Man-City vs West Ham Ditunda




Padahal Pellegrini biasanya yang menyusun taktik West Ham. Tetapi dia kemungkinan akan dipecat jika timnya kalah untuk kedelapan kalinya dalam 10 laga terakhir saat mengunjungi Southampton FC, Sabtu (14/12) besok. The Hammers hanya satu poin di atas tiga terbawah usai kalah dari Arsenal FC, dan direksi mulai hilang kesabaran.

Kemenangan atas Chelsea itu menyelamatkan nasib Pellegrini. Maresca tahu The Blues pasti fokus lewat tengah, maka dia memaksa lawan bermain melebar dan itu memberi peluang bagi West Ham. Tetapi saat Pellegrini, menerapkan starteginya sendiri, The Hammers kalah lagi dari Wolverhampton Wanderers FC dan Arsenal.


Baca Juga :
- Pernah Selamatkan West Ham, Moyes: Ya Itulah yang Saya Lakukan, Menang
- West Ham Siapkan Moyes sebagai Pengganti Pellegrini


West Ham pun terseret ke pertempuran degradasi menyusul rangkaian kekalahan yang dramatis. Dapat dipahami jika kemudian beberapa pemain senior The Hammers kehilangan kepercayaan kepada Pellegrini, yang memiliki 18 bulan tersisa dengan kontrak senilai  7 juta paun setahun.

Direksi West Ham memiliki sejarah mendukung pelatih mereka, tapi tangan mereka bisa dipaksa bertindak jika tidak ada tanda-tanda perbaikan terhadap Southampton. Dan, Maresca disebut-sebut bakal menggantikan Pellegrini jika pelatih asal Cile itu tidak bisa memastikan kemenangan atas The Saints. Reputasi Maresca pun terbilang positif.

Maresca bergabung sebagai asisten pelatih Pellegrini di West Ham sejak musim panas 2018. Mantan pemain Juventus dan Malaga itu telah mengantongi tiga posisi pelatih senior sebelumnya - asisten manajer Ascoli di Serie B pada 2016/2017, serta asisten pelatih Sevilla dan pelatih teknis Sevilla sepanjang musim 2017/2018.

Maresca juga memiliki karier bermain yang lumayan. Dia mulai dengan tim Caliguri U19 pada tahun 1998 dan pindah ke West Bromwich Albion FC di mana dia kemudian pindah ke Juventus FC setelah bermain singkat untuk The Baggies pada tahun 2000.

Dia juga memiliki catatan status pinjaman dari Juve, sebelum pindah ke Sevilla dan Olympiacos sebelum bermain untuk Pellegrini di Malaga dari 2010-2012. Gelandang berkebangsaan Italia itu pensiun pada tahun 2017 dengan Hellas Verona di Italia.

Gaya bermainnya digambarkan sebagai gelandang energik yang bisa bermain di semua posisi lini tengah. Dia suka bermain sebagai jangkar, tetapi juga unggul dalam peran box-to-box yang memungkinkannya bisa tetap lebih maju. Itu yang membentuk strategi kemenangannya atas Chelsea karena ia tahu cara menetralkan tiga gelandang mereka.

Pada usia 39 tahun, Maresca sangat favorit menggantikan Pellegrini. Dia dihormati para pemain, yang telah mengungkapkan pada para tokoh senior klub bahwa mereka telah menikmati sesi latihannya. Selain dia ada nama David Moyes, Chris Hughton, dan Eddie Howe. Atau Simone Inzaghi, walau mustahil dia akan tergoda jauh dari Lazio, yang berada di urutan ketiga di Serie A.*NURUL IKA HIDAYATI

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news