news
LIGA INGGRIS
Kante Nyaman Bermain dengan Taktik Lampard
13 December 2019 13:56 WIB
berita
Gelandang Chelsea, N'Golo Kante tetap diplot di posisi yang lebih ofensif oleh pelatih Frank Lampard musim ini./Istimewa
LONDON - Setelah berjuang melawan cedera jelang final Liga Europa lebih dari enam bulan lalu, N’Golo Kante akhirnya fit 100 persen. Ia bahkan telah kembali mencetak gol untuk Chelsea FC. Gelandang asal Prancis itu telah tujuh kali starter dalam tujuh laga terakhirnya di semua kompetisi, lima di antaranya di Liga Primer.

Yang menarik adalah pengakuan Kante bahwa pencapaiannya ini ada kaitannya dengan peran yang dijalaninya. Pelatih Chelsea Frank Lampard rupanya memainkannya di posisi yang lebih ke depan, alih-alih sebagai gelandang bertahan. Analis Sky Sports, Frank Sinclair, menyebut pergerakan Kante “menutupi setiap helai rumput”.




Baca Juga :
- Chelsea Segera Dekati Isco
- Ini Dia, Jadwal Pertandingan Sepak Bola Akhir Pekan yang Dapat Disaksikan




Oleh pelatih Antonio Conte, Kante diplot sebagai satu dari dua gelandang dalam formasi 3-4-3. Selanjutnya, saat Maurizio Sarri tiba di Stamford Bridge dan pelatih yang juga asal Italia itu mendorongnya sedikit lebih maju dalam skema 4-3-3 pilihannya, yang kembali dijalani Kante musim ini.

Karena Lampard menunjukkan lebih banyak fleksibilitas dalam sistem dan bentuk pola timnya. “Ini bisa serupa karena biasanya kami bermain dengan satu gelandang di belakang dan dua di depan, sehingga dalam hal ini mirip dengan apa yang saya lakukan di bawah Sarri,” ujar Kante menjelaskan posisinya.


Baca Juga :
- Resmi: Inter Pinjam Victor Moses dari Chelsea
- Coppa Italia: Terus Cetak Gol, Maurizio Sarri Berterima Kasih pada Ibunda Ronaldo


Pemain 28 tahun ini melanjutkan, “Terkadang kami dapat mengganti pemain tengah dan bermain dengan dua pemain yang lebih dalam, seperti saya saat bermain dengan timnas Prancis. Namun, setiap gelandang di tim ini dapat memainkan setiap peran.”

“Peran saya bisa berubah tetapi ini tentang bermain di mana pun sesuai keinginan pelatih dan strategi tim. Saya menikmati bermain lebih jauh ke depan tetapi yang paling membuat saya bahagia adalah mendapatkan hasil yang baik untuk tim,” kata Kante.

Sang pemain pun mengaku sangat menikmati bermain di bawah arahan Lampard. Dan Kante meyakini Chelsea masih bisa berusaha untuk mengangkat trofi musim ini dengan Lampard di pucuk pimpinan. “Coach Frank (Lampard) mungkin masih baru di dunia kepelatihan, namun dia mampu mendorong tim untuk bekerja dengan baik,” katanya.

Target utama Chelsea, finis di empat besar dan tampil di Liga Champions musim depan. “Jika kami bisa melakukannya, itu akan menjadi pencapaian yang bagus, tetapi mudah-mudahan kami mampu memenangi trofi juga karena itulah tujuan kami bermain untuk Chelsea,” ujar Kante.

Minat Boehly

Tetapi yang kini menjadi isu hangat di London adalah kabar bahwa miliarder Amerika Serikat (AS), Todd Boehly, bersiap untuk menaikkan proposal dalam upayanya untuk mengambil alih Chelsea, meski manajeman klub London Barat itu bersikeras sang pemilik, Roman Abramovich, tidak berminat menanggapi tawaran tersebut.

Boehly, yang merupakan salah satu pemilik klub baseball, LA Dodgers itu, sejak lama telah menjadikan The Blues sebagai prioritasnya. Tetapi sumber-sumber senior Chelsea bersikeras Abramovich tidak tertarik melakukan negosiasi, terlepas dari laporan bahwa penilaian terhadap aset The Blues kini meroket hingga 3 miliar paun.

Tetapi Boehly, yang juga bagian dari kelompok yang mencoba membeli Tottenham Hotspur FC pada tahun 2014, dipahami akan mempertimbangkan tawaran baru setelah proposal awalnya ditolak. Minimal, dalam kasus Chelsea ini, Boehly bisa menunggu apa yang diyakininya adalah saat yang tepat sebelum mencoba menawar lagi.

Dalam 18 bulan terakhir, Abramovich telah menolak setidaknya empat penawaran yang terakhir dari Boehly, untuk membeli klub itu. Juru bicara Boehly menolak berkomentar soal minat kliennya di Chelsea, tetapi pria bernilai hampir 5 miliar paun itu menegaskan minatnya terhadap Chelsea dalam wawancara dengan Bloomberg pada September lalu.

"Sepak bola adalah olahraga terbesar di dunia, semangat yang dimiliki para penggemar untuk olahraga dan tim-timnya, tak tertandingi," kata Boehly. “Apa yang Anda coba bangun dengan tim-tim seperti itu, Anda benar-benar mencoba untuk a) menang dan b) menjadi bagian dari komunitas. Dan, saya menginginkan atmosfer itu.”***NURUL IKA HIDAYATI

Posisi Bermain N’Golo Kante di Chelsea

Antonio Conte
Gelandang bertahan: 86 (laga)
Gelandang tengah: 2

Maurizio Sarri
Gelandang tengah: 50 (laga)
Gelandang bertahan: 2

Frank Lampard
Gelandang tengah: 8 (laga)
Gelandang bertahan: 5

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news