news
LIGA 1
Kalteng Putra Terdegradasi, Gomes Oliviera Pasrah akan Nasibnya
13 December 2019 15:17 WIB
berita
Penyerang Kalteng Putra Patrich Wanggai (kiri) menyia-nyiakan peluang di depan gawang Persipura/Foto:Media Kalteng Putra
PALANGKARAYA – Cukup semusim kiprah Kalteng Putra mengarungi kompetisi kasta tertinggi Liga 1 2019.  Dua laga sisa formalitas melawan Bhayangkara FC (16/12) dan Persija Jakarta (22/12) sekadar formalitas, karena Kalteng Putra terdegradasi ke Liga 2 2020.

Ini menyusul kegagalan tim asuhan pelatih Wesley Gomes de Oliveira tersebut memaksimalkan poin penuh di kandangnya, Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya usai dimbangi Persipura Jayapura 0-0, Kamis (12/12). "Pemain sudah berjuang keras dan saya tetap terima kasih atas perjuangan pemain, sungguh respek dengan pemain,” ujar Gomes, usai laga.




Baca Juga :
- Tiga Kiper Terbaik Musim Ini Belum Mampu Lampaui Rekor Clean Sheets Kurnia Meiga
- Persebaya, Persipura, dan Persija Berpeluang Jadi Wakil Indonesia di ACC 2020




Ia menyayangkan timnya tidak bisa menghasilkan gol atau kemenangan meski juga mempunyai banyak peluang. “Meski pemain sudah berjuang maksimal, kami tidak bisa menang.  Tim degradasi, tentu saya profesional, ini kesalahan dan tanggung jawab saya, gagal pertahankan tim di Liga 1,” pelatih asal Brasil itu menambahkan.

Selanjutnya Gomes hanya bisa pasrah terhadap nasibnya musim depan. “Saya juga akui gagal penuhi taget manajmen tim agar Kalteng Putra ada di papan tengah. Tapi ya inilah hasilnya, kami gagal untuk itu," Gomes mengungkapkan.


Baca Juga :
- Hadapi Borneo FC, Persipura Memburu Kado Natal untuk Warga Papua
- Sinar Pemain Asing Debutan Liga 1 yang Bakal Masuk Radar Klub Besar


Hasil tanpa gol melawan tim berjulukan Mutiara dari Timur itu cukup untuk membuat Laskar Isen Mulang  menjadi tim pertama yang terlempar ke Liga 2 2020 mendatang. Meski memenangi semua laga sisa melawan Bhayangkara FC dan Persija Jakarta, poin tertinggi mereka hanya 37.

Poin tersebut berada satu angka di bawah garis aman degradasi atau urutan ke-15 yang kini dihuni Persija Jakarta dengan poin 38. Gomes juga meminta maaf kepada masyarakat Palangkaraya, dan pendukung Kalteng Putra atas kegagalan timnya bertahan di Liga 1 musim depan.

"Masih ada dua pertandingan sisa, kami akan selesaikan dengan baik, main fair play, dan tetap all out melawan Bhayangkara FC dan Persija Jakarta. Saya sekali lagi secara khusus minta maaf kepada masyarakat Palangkaraya khususnya dan Kalimantan Tengah umumnya, serta seluruh pendukung tim," ayah dari bek Kalteng Putra, Kevin Gomes, itu menuturkan.

Tidak Mudah

Sementara bagi Persipura, imbang  0-0 melawan Kalteng Putra sudah cukup bagi tim asuhan pelatih Jacksen Fereirra Tiago tersebut untuk bercokol pada posisi kedua dengan poin 49. Poin mereka sama dengan Borneo FC di posisi ketiga klasemen sementara, namun Persipura unggul head to head.

"Tidak mudah menghadapi Kalteng Putra, mereka bermain ofensif dan pertahanan bagus, itu cukup sulit untuk kami. Hasil seri sudah bagus bagi kami, apalagi kompetisi musim ini sangat melelahkan dan jadwal padat baig kami. Tim kami juga lima bulan ini jadi tim musafir, tentu kondisi tdak bagus untuk kami. Disyukuri saja dengan hasil ini," ujar  Jacksen, merendah.*Noval Luthfianto

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news