news
LIGA SPANYOL
Perubahan Radikal Nasib Rakitic
11 December 2019 13:20 WIB
berita
Gelandang Kroasia, Ivan Rakitic mulai bisa merebut hati pelatih dan publik Camp Nou dengan tampil menyakinkan saat dimainkan. – Topskor/ist
BARCELONA – Sejak awal musim Ivan Rakitic menjalani kampanye dengan desas-desus kepindahan dari FC Barcelona. Ini tak lepas dari keputusan sang pelatih Ernesto Valverde yang tak lagi menjadikannya sebagai pemain utama. Hal tersebut juga sekaligus mempengaruhi keberadaanya di Barcelona. Ia sempat mengutarakan akan hengkang Januari nanti. Namun, dalam dua pekan terakhir nasibnya mengalami perubahan radikal.

Setelah kepahitan dan kekecewaan yang ia rasakan, ia kini justru mendapatkan kembali kenyamanan di Barca. Semua berawal dari tiga laga yang ia jalani. Rakitic menjadi pemain penting ketika Barcelona mengalahkan Borussia Dortmund (3-1), Atletico Madrid (1-0), dan RCD Mallorca (5-2).




Baca Juga :
- Ringkasan LaLiga Pekan Ini
- Berada di Dubai, Ini yang Dilakukan Lionel Messi




Sejak itu, manajemen Los Blaugrana, julukan Barcelona, langsung mengubah kebijakan mercato mereka terhadap sang gelandang asal Kroasia. Bahkan, berdasarkan laporan Mundo Deportivo media Spanyol berbasis di Barcelona menyebut Rakitic tak lagi masuk daftar jual Barca. Memang benar bahwa Los Azulgranas, julukan lain Barcelona, sedang membutuhkan uang, tetapi prioritasnya adalah kepentingan tim.

“Dia adalah pemain yang sangat bisa diandalkan. Ketika dia tidak diikutsertakan, dia tetap berlatih keras untuk mendapatkan kesempatan bermain. Kami menjalani beberapa pertandingan besar pekan lalu, dan dia bermain baik dan kami senang dengan itu. Kita lihat apa yang akan terjadi di laga-laga selanjutnya,” ujar Valverde.


Baca Juga :
- Puyol: Messi Bisa Bermain Hingga Berusia 38 Tahun
- Quique Setien Tanggapi Siulan dari Suporter Barca


Perkataan sang pelatih mengisyaratkan bahwa klub akan mengapresiasi kerja keras yang ditunjukkan pemain 31 tahun itu. Fokusnya sekarang adalah melanjutkan ketetapannya bersama dua gelandang lain: Frenkie de Jong dan Sergio Busquets, yang sejauh ini cukup padu.

Arthur Melo yang menggeser posisinya sejak awal musim sebenarnya tampil baik. Namun, belakangan grafiknya mulai menurun lantaran sering terganggu dengan masalah fisik, juga desas-desus tentang kehidupan sosial di luar lapangan. Situasi ini yang berhasil dimanfaatkan Rakitic dengan tampil menyakinkan di lapangan.

Fakta menunjukan sektor gelandang Barcelona menunjukan permainan berbeda sejak Rakitic dan De Jong berbagi posisi di area box-to-box. Didukung Sergio Busquets sebagai gelandang bertahan, kedua pemain tersebut mencatatkan statistik impresif. Itu ditunjukan ketika keduanya bermain bersama dalam laga melawan Dortmund, Atletico, dan Mallorca.

Pada tiga kesempatan tersebut, rata-rata operan sukses yang dihasilkan dari keduanya mencapai 94 persen. Dari total 381 operan yang dilepaskan oleh Rakitic dan De Jong, hanya 23 yang dinyatakan gagal.

Belum sampai di situ saja. Dalam sisi kreativitas jumlah yang dihasilkan juga sangat banyak, bahkan dalam area defensif mereka tak menemui kegagalan. Jika menambahkan total recovery dari laga melawan Dortmund, Atletico, maupun Mallorca jumlahnya mencapai 43 (20 dari Rakitic, 23 oleh De Jong).

Apapun itu, sekarang, masih perlu dilihat apakah statistik semacam ini akan terus meningkat dan dapat meyakinkan Valverde untuk bertumpu pada Rakitic, Busquets, De Jong atau tidak. Namun yang jelas, ini merupakan sinyal positif dari Rakitic dan membuktikan dirinya punya kualitas  yang membuat Juventus FC dan Manchester United terus mengawasi situasinya di Barca.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 


 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news