news
LIGA INGGRIS
Opsi Pelatih Baru Arsenal Mulai Mengerucut
10 December 2019 10:03 WIB
berita
Mantan pelatih Bayern Muenchen, Niko Kovac dikabarkan telah berada di London untuk bertemu perwakilan Arsenal./AFP
LONDON – Teka-teki siapa pelatih Arsenal FC selanjutnya mulai menemui titik terang. Kendati saat ini The Gunners masih ditangani caretaker Freddie Ljungberg yang menggantikan peran Unai Emery sejak 29 November lalu. Namun, posisi pria asal Swedia ini diyakini tidak akan bertahan lama. Itu terkait minimnya pengalaman Ljungberg dan hasil mengecewakan tim yang membuat manajemen masih mencari pelatih anyar.

Sempat muncul cukup banyak nama terkait calon pengganti Emery di Emirates. Namun, belakangan mengerucut pada dua nama, yakni Marcellino Garcia Toral yang sebelumnya menangani Valencia CF dan Nico Kovac yang dipecat FC Bayern Muenchen pada awal November lalu. Sejak pekan lalu, Marcellino dikabarkan sudah melakukan perjalanan ke London. Rumornya, dia sedang diskusi dengan perwakilan Arsenal.




Baca Juga :
- Arsenal Akan Segel Pemain Buangan Man-City, Saingan Mustafi, David Luiz, dan Papastathopoulos
- Arsenal Blokir Jalan Keluar Ceballos




Namun, jika menilik pengalaman dan prestasi, sepertinya, Marcellino masih kalah kelas dengan Kovac. Wajar saja mengingat pelatih asal Kroasia tersebut tergolong sukses karena berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga 2018/19 untuk Muenchen. Sebelumnya, dia juga sempat menangani tim nasional (timnas) Kroasia pada 2013-2015. Yang menarik, Arsenal bukan satu-satunya klub yang dikaitkan dengan Kovac.

Selain The Gunners, klub Merseyside, Everton FC juga membuka peluang merekrutnya. Seperti rivalnya itu, The Toffees juga tengah sibuk mencari juru taktik baru setelah memecat Marco Silva pada 5 Desember lalu. Untuk sementara klub memercayakan Duncan Ferguson sebagai caretaker. Bahkan, Kovac diketahui turut menyaksikan pertandingan Everton saat mengalahkan Chelsea FC 3-1 di Stadion Goodison Park, Sabtu (7/12).


Baca Juga :
- Jamu Sheffield, Arsenal Malah Dapat Hasil Imbang
- Arsenal Sepakat dengan Bek Kiri PSG Ini


Sontak, keberadaan Kovac di Merseyside membuatnya dikaitkan dengan posisi pelatih Everton. Meski demikian, peluang terbesarnya justru untuk menangani Arsenal. Itu diperkuat keinginan dari agennya yang ditenggarai juga sudah melakukan kontak dengan manajemen The Gunners. Jika ini terwujud, jelas akan sangat menarik. Khususnya, terkait rivalitas dengan tim sekota kini, yaitu Tottenham Hotspur FC.

Pasalnya, saat masih menangani Robert Lewandowski dan kawan-kawan, Kovac sukses membawa timnya mempermalukan Spurs di kandangnya sendiri dengan skor fantastis, 7-2 dalam laga fase grup Liga Champions. Kini, Tottenham sudah ditangani Jose Mourinho. Menarik, andai Kovac nanti benar menangani Arsenal dan mengulangi kemenangan telak atas rival sekotanya tersebut.

Meski, hal itu tergolong sulit. Sebab, saat ini materi pemain Arsenal tidak selevel dengan Muenchen. Pun demikian dengan Tottenham kini yang sudah jauh berbeda. Bersama Mourinho, The Lilywhites berhasil membukukan tiga kemenangan dari empat pertandingan terakhir.

Yang pasti, siapa pun itu, kemungkinan besar Arsenal bakal memilih pelatih yang kini menganggur. Kovac dan Marcellino tepat dalam posisi lowong. Pun demikian dengan Massimiliano Allegri yang sempat dikaitkan sebagia pelatih Arsenal. Atau, justru mengarah ke Mauricio Pochettino yang digantikan Mourinho di Tottenham pada 20 November.*CHOIRUL HUDA

SOROT
Musim ini sudah ada lima pelatih di Liga Primer yang dipecat pada pertengahan kompetisi. Watford jadi klub terbanyak yang melakukan pergantian hingga dua pelatih, diikuti Arsenal, Tottenham Hotspur, dan Everton, masing-masing satu.

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news