news
UMUM
Indra Sjafri Tak Pernah Gagal di Final
10 December 2019 14:33 WIB
berita
MANILA - Satu langkah meraih emas. Timnas Indonesia U-22 bakal menghadapi Vietnam dalam partai final cabang olahraga sepak bola Sea Games 2019, di Stadion Rizal Memoriam, Manila, Filipina, pada Selasa (10/12). Indra Sjafri punya rapor meyakinkan, saat membawa timnya bertanding di partai puncak, yakni kerap berakhir dengan angkat piala.

Semasa kariernya sebagai pelatih kepala timnas Indonesia dalam jenjang kelompok usia, Indra Sjafri sudah memberikan tiga prestasi, masing-masing pada timnas U-16, U-19, dan U-22. Artinya pelatih berdarah Minang itu belum pernah gagal saat melakukan pertarungan final.




Baca Juga :
- Timnas U-19 TC di Thailand 12 Hari
- Reward untuk Aguero, Boleh Kapan Saja Cabut dari Man City, Ini Alasannya




Awalnya pada 2012 lalu, kala itu Indra menjadi pelatih timnas U-16, dia berhasil memberikan prestasi dengan menjuarai HKFA Internasional Youth Football Invitation di Hong Kong. Dalam pertandingan final, timnas U-16 berhasil mengalahkan Singapura dengan skor 2-1.

Final kedua Indra Sjafri dengan berujung prestasi saat mengatarkan timnas U-19 menjadi jawara Piala AFF U-19 2013. Ketika itu, eks pelatih Bali United tersebut, membawa timnas Indonesia U-19 menjadi kampiun setelah menumbangkan Vietnam melalui sepakan adu penalti dengan skor berakhir 7-6.


Baca Juga :
- Valverde Tamat Beneran, Penggantinya Eks Pelatih Real Betis, Kandidat Lama
- Ibrahimovic Pergi, LA Galaxy Datangkan Chicharito, Pembeliannya Jadi Rekor Klub


Terakhir, timnas Indonesia U-22 lolos ke final Piala AFF U-22 2019. Thailand merupakan lawan yang  dihadapi timnas Indonesia U-22 dalam laga yang digelar di Stadion Olympik Phnom Penh. Sani Rizki Fauzi dan kawan-kawan berhasil menekuk tim berjulukan Gajah Perang itu dengan skor tipis 2-1.

Ajang SEA Games 2019 ini merupakan final keempat bagi Indra Sjafri. Sudah sampai pengujung turnamen, dia tidak ingin melewatkan kesempatan untuk memberikan prestasi dengan membawa pulang medali emas untuk ditaruh dalam lemari kaca PSSI.

Pengamat sepak bola Indonesia, Supriyono Prima yakin skuat Indra Sjafri bisa menuntaskan perlawanan Vietnam. Meski pada pertemuan pertama pada fase grup tim Garuda Muda tumbang dengan skor 1-2.

“Apa yang sudah diberikan Indra Sjafri patut diapresiasi. Memang beliau satu-satunya yang saat ini kami lihat, pelatih lokal yang jenjangnya luar biasa. Dari timnas U-16, U-19, dan U-23 dia bisa memberikan prestasi itu luar biasa,” kata mantan pemain timnas Primavera itu.

Awalnya, ada sedikit kekhawatiran karena pada uji coba timnas U-22 di Cina dan Iran, sulit cetak gol. “Tapi dia berhasil menjawab bisa membawa timnya sampai ke final SEA Games dengan menciptakan 21 gol dan hanya kebobolan empat gol. Ya saya yakin sekali Indra Sjafri bisa memberikan emas dengan mengalahkan Vietnam di final ini,” Supri menambahkan.***

 

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news