news
LIGA 1
Nasib Leg Kedua Semifinal Liga 1 Putri Persipura vs Tira Persikabo Diputuskan Satu-Dua Hari Ini
10 December 2019 14:10 WIB
berita
Persipura Tolikara Putri (kostum putih) saat menghadapi Tira Persikabo Kartini pada Semifinal Leg Kedua Liga 1 Putri/Foto:Media Persipura
JAKARTA – Belum ada keputusan dari PSSI terkait polemik laga semifinal leg kedua Liga 1 Putri 2019 antara Persipura Jayapura Tolikara kontra Tira Persikabo Kartini. Pelatih Tira Persikabo, Dzulfikri Bashari berharap PSSI bertindak adil sesuai regulasi.

Pertandingan terpaksa dihentikan seusai peluit babak kedua dibunyikan di Stadion Cendrawasih, Biak , Sabtu (7/12) lalu. Dalam laga leg kedua semifinal itu Tira Persikabo unggul 2-1. Pada leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Persipura unggul 5-4, sehingga agregat jadi 6-6.




Baca Juga :
- Hasil Semifinal Liga 1 Putri Belum Jelas, Tira Persikabo Kartini Hentikan Program Latihan
- Leg Kedua Semifinal Liga 1 Putri Persipura vs Tira Persikabo Masih Menemui Jalan Buntu




Penghentian laga ini karena adanya selisih paham. Berdasarkan surat PSSI nomor 5308/AGB/1641/XII-2019, tertulis semifinal Liga 1 Putri 2019 digelar tanpa memperhitungkan gol tandang. Dalam poin selanjutnya, dijelaskan pula bahwa jika hasil imbang, akan dilanjutkan adu penalti tanpa adanya perpanjangan waktu.

Selisih paham tersebut membuat pihak Persipura tidak ingin melanjutkan pertandingan, mereka tidak ingin mengakhiri dengan adu penalti. Dzul ditemani Esti Puji Lestari selaku manajer PS Tira Persikabo Kartini mendatangi kantor PSSI, FX Sudirman, Senin (9/12) kemarin.


Baca Juga :
- Liga 1 Putri 2019, Persib dan Tira Persikabo Buka Peluang ke Final
- Empat Semifinalis Liga 1 Putri 2019 Sama-sama Tergerus karena Beberapa Pemain Membela Timnas SEA Games


Di kantor PSSI, mereka berjumpa dengan Direktur Kompetisi PSSI, Rony Suhatril. Setelah menggelar pertemuan, PSSI memberi kabar keputusan pertandingan akan disampaikan satu hingga dua hari ke depan oleh Komisi Disiplin PSSI.

Lebih lanjut, Dzul menyebut terkait format pertandingan, yakni hasil imbang melalui agregat langsung dilakukan adu penalti itu sudah disampaikan dalam regulasi. Selain itu sudah dijelaskan pula pada Manager Coordination Meeting (MCM) sehari sebelum pertandingan.

"Ya jadi sesuai yang saya bilang, memang kami benar-benar mengikuti regulasi dan kesepakatan bersama saat MCM. Tapi tiba-tiba di lapangan mereka (Persipura) menghentikan pertandingan dan punya asumsi sendiri ya itu konsekuensi mereka. Padahal jelas, sudah ada di regulasi, kalau berhenti bertanding sebelum selesai, ya didiskualifikasi," kata Dzul kepada TopSkor.

"Kata mereka (PSSI) kalau dari segi regulasi posisi kami yang benar, karena kami mengikuti regulasi itu. Dan itu harus ada keputusan tertulis dari PSSI, tapi saya tidak bisa katakan itu karena nanti yang mengeluarkan keputusan adalah PSSI. Mereka bilang keputusan akan dikeluarkan melalui Komdis PSSI, tunggu saja satu atau dua hari ini," Dzul menambahkan.*Sumargo Pangestu

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news