news
LIGA 1
Achmad Jufriyanto Absen, Supardi Tanda Tanya, Persib Terancam Krisis Bek hadapi Borneo FC
10 December 2019 13:40 WIB
berita
Bek Persib Supardi Nasir/Foto:TopSkor/Ady Sesotya
SAMARINDA – Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts tetap berharap kapten tim Supardi Nasir bisa tampil saat Persib dijamu Borneo FC, Rabu (11/12) di Stadion Segiri. Supardi yang absen saat menghadapi PSS Sleman pekan lalu, belum kembali bergabung bersama rombongan. Ia masih dalam suasana duka setelah wafatnya sang kakak.

Kehadiran bek sayap kanan itu sangat dinanti mengingat Maung Bandung dalam kondisi krisis pemain. Menghadapi Pesut Etam, Persib dipastikan kehilangan dua pemain yakni sayap Febri Hariyadi dan bek tengah Achmad Jupriyanto karena akumulasi kartu kuning di kandang PSS, Sabtu lalu.




Baca Juga :
- Minus Igbonefo, Persib Dongkrak Standar Performa Pemain pada Asia Challenge 2020
- Stok Lini Belakang Persib Menumpuk, Ada Wacana Fabiano Ditempatkan sebagai Gelandang Bertahan




Jika Supardi belum memungkinkan bergabung lalu tanpa Jufriyanto, lini belakang hanya menyisakan tiga pemain muda Ardi Idrus, Indra Mustafa, dan Zalnando. Kalau memang Supardi absen kembali, masih bisa diantisipasi karena rotasi Ardi dan Zalnando yang sebelumnya dimainkan saat meladeni PSS, ternyata cukup menjanjikan.

Robert tinggal memikirkan satu figur lagi untuk menggantikan Jupriyanto. Bisa memercayakannya kepada Indra atau rotasi kembali seperti di Sleman. Sebab, untuk pemain-pemain berkarakter bertahan, Persib belum kehabisan karena masih ada Hariono, Dedi Kusnandar, dan Henhen Herdiana yang masuk daftar 18 pemain ke Samarinda.


Baca Juga :
- Fixed, Ini Daftar 18 Pemain Persib yang Diboyong ke Malaysia
- Hanya Bawa 18 Pemain, Persib Tanpa I Made Wirawan saat Berlaga di Malaysia


“Menghadapi kondisi ini, tim harus bisa bermain maksimal. Paling tidak, permainan di Samarinda harus lebih bagus dibanding di Sleman. Sebab, kami tahu lawan kami adalah tim yang sedang di atas, jadi kami harus siap bukan secara teknis, tapi juga mental,” ucap Robert di Sleman.

Soal skuatnya yang akan keropos bagi Robert tidak menjadi masalah. Yang menjadi permasalahannya saat ini, jadwal pertandingan pada pengujung kompetisi sangat padat.

“Dua hari lalu, kami baru bermain di Sleman, lalu hari ini kami harus berada di Samarinda. Praktis, kondisinya sama dengan di Sleman, efektif kami memiliki dua hari recovery. Tapi, kami tahu yang harus kami lakukan. Kami tetap ingin memainkan sepak bola yang menarik,” Robert mengungkapkan.

Menghadapi Borneo, Persib mutlak harus memiliki kesiapan matang. Maklum, Borneo bukan tim yang mudah untuk dikalahkan. Apalagi tampil di kandangnya. Terakhir, tim asuhan Mario Gomez itu menahan Persib 2-2 pada putaran pertama Liga 1 2019 di Bandung. Dalam dua pertemuan terakhir, Persib belum mampu mengalahkan Borneo.

Namun, kondisi keduanya, baik Persib maupun Borneo nyaris sama. Yaitu, baru meraih hasil imbang di luar kandang. Persib menahan PSS 0-0 dan Borneo FC menahan tuan rumah PSM, 2-2..

Alhasil, tidak yang perlu ditakutkan oleh Persib dari Borneo FC, tim peringkat kedua klasemen sementara Liga 1 2019. Bahkan, Borneo FC bukanlah tim jago kandang. Buktinya, mereka pernah kalah oleh tim sekelas Persela.

“Jawaban untuk itu semua, kami akan bermain sebaik yang kami bisa. Kami tidak ingin bicara soal kegagalan, justru di sini kami ingin benar-benar tidak ingin mengulangi kesalahan sebelumnya. Sekarang pemain dalam kondisi mental yang bagus. Saya yakin pertandingan besok akan sesuai harapan,” kata Robert.

Jika Persib menang atas tim asuhan mantan pelatihnya itu, bisa melesat ke peringkat keenam menggeser Bhayangkara FC, PSS, PSM, dan Arema. Asalkan hari dan pekan yang sama, Rabu besok, PSM kalah dari Barito Putra dan PSS takluk oleh Persela.  Tiga poin tambahan Persib cukup untuk menggeser empat pesaingnya itu.*Arief Nugraha K

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news