news
LIGA 1
Preview Persebaya vs Bhayangkara, Bidik Tiga Besar
07 December 2019 13:05 WIB
berita
SURABAYA - Persebaya Surabaya dan Bhayangkara FC memiliki cita-cita yang sama. Yaitu, bisa finis di posisi tiga besar pada akhir musim Liga 1 2019.

Persebaya ingin lebih baik dari musim sebelumnya yang finis di posisi lima besar. Sementara bagi Bhayangkara FC merupakan sebuah tradisi selalu berhasil finis di papan atas dalam dua musim terakhir.




Baca Juga :
- Berlabuh ke Bhayangkara FC, Eze Patahkan Rumor ke Arema FC
- Timnas U-19 Latihan Perdana, Begini Hasil Pantauan Pelatih Shin Tae Yong




Kedua tim ambisius ini bakal bertemu di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (8/12) nanti. Jika menang Persebaya berpeluang menggusur posisi Bhayangkara FC di peringkat keempat.

Kini Persebaya berada di peringkat kesembilan.Namun selisih poin dengan Bhayangkara FC hanya dua poin saja. Sebab itu laga ini dipastikan akan seru, meskipun digelar tanpa penonton.


Baca Juga :
- Liga 1 2020 Dua Wilayah? Ini Tanggapan Klub
- Liga TopSkor U-16: Grande Partita di Gunung Sindur


Sebelumnya, pada pertemuan pertama Bhayangkara FC sudah ditekuk dengan skor 2-0 di kandangnya sendiri. Dan Persebaya berpeluang kembali memperpanjang rekor selalu menang atas Bhayangkara FC dalam dua pertandingan terakhir, termasuk pada musim 2018 yang menang 1-0.

Pelatih Persebaya Aji Santoso menyatakan semua pemain dalam kondisi bagus dan siap main. “Saya sampaikan seluruh pemain, semua harus siap. Karena saya tidak pernah tergantung dengan satu dua pemain. Siapa yang siap, siapa yang di latihan terlihat bagus, pasti kami beri kesempatan," ujar Aji.

Mengomentari calon lawannya, Aji menilai Bhayangkara FC tim yang bagus. “Trennya juga positif, beberapa kali pertandingan terakhir hasilnya sangat positif. Dia menang, dia seri, makanya kami perlu kerja keras untuk bisa mengalahkan mereka,” kata Aji.

Menurut Aji ada beberapa pemain Bhayangkara yang masuk dalam catatannya. “Meskipun kami tidak melakukan man to man marking, tetap melakukan zonal marking. Tetapi memang ada beberapa pemain yang menurut saya harus kami waspadai dalam pertandingan lusa nanti,” kata pria asal Kepanjen ini.

Dia pun sudah menyiapkan taktik untuk menghadapi tim berjulukan The Guardians itu. “Saya menganalisis kelemahan dan kelebihan dari Bhayangkara, yang itu menjadi rahasia kami. Yang jelas kami sudah mengetahui kekuatan mereka seperti apa,” ujar Aji.

Aji menambahkan yang jelas akan berusaha maksimal untuk empat pertandingan sisa. “Memang kalau kami bisa maksimal di semua pertandingan, kami masih terbuka lebar untuk bisa di nomor dua atau tiga. Untuk itu saya tekankan pada pemain, empat pertandingan sisa ini adalah final,” kata legenda Persebaya ini.

Bhayangkara FC dalam tren yang moncer saat ini. Tim yang identik dengan kepolisian ini mampu menang dalam empat laga beruntun. Selain itu tim juga belum terkalahkan pada delapan laga terakhir.

Pelatih Bhayangkara FC Paul Munster juga menyatakan timnya sudah siap menghadapi tuan rumah Persebaya. Perkembangan Bhayangkara FC kini menurut dia sudah sesuai dengan apa yang diharapkan sejak awal melatih. Yaitu ingin menanamkan mental memenangkan pertandingan dan itu sudah terlihat. “Karena pemain Bhayangkara FC juga percaya bisa melakukan yang terbaik di setiap pertandingan,” kata Munster.

Menurut pria asal Britania Raya ini, dalam setiap pertandingan tidak terlalu terpaku pada satu formasi dan cara bermain. Strategi dan taktik yang dipakai selalu berbeda di setiap laga. Tentu juga saat menghadapi Persebaya yang akan menyesuaikan lawan dan materi pemain yang dimiliki.

“Dalam beberapa pertandingan terkhkir kami hanya memiliki 17 pemain yang siap bertanding. Bagusnya mereka menjalankan instruksi dengan baik,” kata mantan pelatih timnas Vanuatu itu.***MUHAMMAD BAHRUL MARZUKI

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news