news
LIGA SPANYOL
GOAT! Messi Sukses Kombinasikan Empat Trofi dan Belum Pernah Terjadi Sebelumnya
04 December 2019 07:42 WIB
berita
Lionel Messi, pemilik enam trofi Ballon d'Or. -TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA – Meraih trofi Ballon d’Or 2019 jadi titik kulminasi prestasi Lionel Messi di 2019. Sebelumnya, Messi juga meraih tiga trofi penghargaan bergengsi yaitu Sepatu Emas Eropa, Pemain Terbaik FIFA, dan Playmaker Terbaik Dunia. Dalam catatan sejarah, ini baru kali pertama seorang pemain meraih empat trofi ini sekaligus.

Utamanya Ballon d’Or yang dikombinasikan dengan Sepatu Emas dan Playmaker Terbaik. Luka Modric nyaris di tahun lalu. Dia dapat Pemain Terbaik FIFA, Ballon d’Or, dan Playmaker Terbaik. Sayang Modric hanya mencetak tiga gol di musim lalu sehingga jauh dari kriteria Sepatu Emas. Tahun lalu, pemenangnya Messi dengan 34 gol. Jauh bukan?




Baca Juga :
- Repot! Vidal Mau Balik ke Seri A, Barca Bisa Jual, Inter Minat tapi Tidak Mau Beli
- Hasil Undian Copa America 2020, Messi Langsung Bentrok lawan Suarez




Pada 2007, saat Ricardo Kaka masih di AC Milan, dia juga nyaris mendapatkannya. Sama dengan Modric, pemain asal Brasil ini dapat Pemain Terbaik FIFA, Ballon d’Or, dan Playmaker Terbaik. Masalahnya, Kaka hanya punya koleksi delapan gol. Sedangkan Francesco Totti bikin 26 gol untuk AS Roma dan menanglah dia trofi Sepatu Emas.

Cristiano Ronaldo punya cerita yang mirip di 2008. Dia memenangi Pemain Terbaik FIFA, Ballon d’Or, dan Sepatu Emas. Tapi, jadi runner-up saat pengumuman Playmaker Terbaik. Pemenangnya Xavi Hernandez, gelandang FC Barcelona. Pada 2014, Ronaldo kembali nyaris dapat.


Baca Juga :
- Joshua Jangan Lagi Remehkan Andy Ruiz, Lihat Kecepatan Tangannya yang Luar Biasa
- Sudah Punya Duet Maut, Inter Tak Butuh Lagi Icardi, Silakan Dibeli


Dia juara bersama Luis Suarez untuk trofi Sepatu Emas. Lalu, Ronaldo juga dapat Ballon d’Or tapi gagal di Playmaker Terbaik. Adalah rekan setimnya di Real Madrid waktu itu, Toni Kroos yang menang. Messi sendiri malah pernah tiga kali nyaris sebelumnya. Dimulai pada 2010 saat memenangkan Sepatu Emas dan Ballon d’Or.

Tapi, Playmaker Terbaik jatuh kepada rekannya di Barca, Xavi. Begitu pula di 2012 saat dapat Sepatu Emas dan Ballon d’Or tapi Playmaker Terbaik diraih Andres Iniesta. Nyaris yang terakhir pada 2015. Waktu itu dia dapat Ballon d’Or dan Playmaker Terbaik tapi gagal di Sepatu Emas.

Soalnya, Messi defisit lima gol dibanding Ronaldo sehingga rivalnya itu yang dapat Sepatu Emas. Messi telah memenangkan tiga dari empat penghargaan Playmaker Terbaik. Angka yang sama persis juga untuk Sepatu Emas. Kini, empat trofi diraihnya dan bisa dikatakan inilah puncak prestasi untuk level individual.*

loading...
D
Penulis
Dedhi Purnomo
BarC4!
news
news