news
INFOGRAFIS
Gol d’Or Messi
03 December 2019 13:54 WIB
berita
MADRID – FC Barcelona kembali memuncaki klasemen LaLiga setelah sempat sehari dihuni Real Madrid. Lionel Messi lagi-lagi muncul sebagai pahlawan Barca dalam kemenangan 1-0 atas Atletico Madrid, Senin (2/12) dini hari WIB. Golnya di jornada 15 tersebut dianggap emas (Gol de Oro) karena bisa mengantarnya merebut penghargaan Ballon d’Or 2019. 

?Messi memang dijadwalkan menghadiri acara besar di Paris beberapa jam pasca pertandingan di Stadion Wanda Metropolitano, yang tak lain adalah penganugerahan pemain terbaik. Peluangnya menulis ulang sejarah sepak bola terbuka lebar. Berbagai media Spanyol bahkan dunia telah memprediksi penyerang asal Argentina ini akan jadi pemenang.




Baca Juga :
- Laga Perayaan Ballon d'Or Buat Messi
- Messi Ungguli Ronaldo di Ballon d'Or, Begini Reaksi Nyeleneh Fan




?Ia menjadi favorit untuk memenangkan Ballon d’Or keenamnya, atau menjadi peraih bola emas terbanyak. La Pulga akan berada di atas Virgil van Dijk dan Cristiano Ronaldo selaku unggulan lainnya, pun dari total 30 nominasi yang ada. Sebelumnya tahun ini juga ia telah memenangkan Golden Boot di Milan, yang kian memperkuat kansnya kali ini.

?Messi mengakui bahwa Ballon d’Or pertamanya jadi yang paling istimewa. Tapi Bola Emas pantas kembali didapatkannya sebagai apresiasi atas level tinggi yang terus bisa ditunjukkannya. Pada usia 32 tahun ia masih tampil spektakuler menjadi sosok vital bagai tim. Musim lalu jadi top scorer dan kali ini pun kembali mengancam meski sempat cedera.


Baca Juga :
- Messi dan Istri Naik Jet Barca Jemput Trofi Ballon d'Or Keenam
- Menanti Perjumpaan Messi dan Lautaro


?Si Kutu telah mencetak sembilan gol di La Liga 2019/20 dan hanya tertinggal dari 10 milik Karim Benzema. Sepanjang musim lalu ia meraih trofi Pichichi dengan 36 gol. Sementara Ronaldo yang juga telah mengoleksi lima Ballon d’Or hanya posisi empat top scorer Seri A musim lalu dan saat ini tenggelam di peringkat 12 sebab baru punya enam gol.

?Berbagai rekor pun terus ditorehkan Messi, sebab sebelum gol teranyarnya ia belum bisa mencetak angka di Wanda Metropolitano, stadion baru Atletico. Tanda-tanda keberhasilannya memang sudah tergambar dari rapornya lawan tim ibu kota tersebut. Atletico adalah salah satu tim yang sering ditaklukannya: 39 laga, 30 gol, tujuh assist, 24 menang, sembilan imbang.

?“Dalam pertandingan yang pelik dan berat, memiliki Leo (sapaan Messi) selalu menjadi keuntungan besar. Saya tak punya penjelasan untuk menjabarkan Messi. Ini bukan hanya soal bakat. Ia selalu menonjol, memiliki ambisi besar, dengan klub juga di sepak bola. Pada akhirnya kami meraih kemenangan yang penting,” kata pelatih Ernesto Valverde.

?Sementara di sisi lawannya, pelatih Diego Simeone sejatinya menyadari Messi adalah ancaman utama, yang juga diakuinya pasca laga. Rencana pun disiasati untuk mematikan pergerakannya. Dobel pivot dikerahkan; Hector Herrera dan Thomas Partey untuk membantu kuartet bek. Namun itu tetap tak berhasil sebab La Pulga selalu punya cara yang lain.

?Golnya tercipta dari belakang (seperti biasa ia berakselarasi), namun lebih ke kanan. Ia menggiring bola melewati dua pemain, kemudian melakukan satu-dua dengan Luis Suarez, dan melepas tembakan ke pojok kanan bawah gawang. Dengan demikian Atletico era Simeone (per 23 Desember 2011) masih belum juga bisa menang atas Barca di La Liga.

?Tim berjuluk Los Rojiblancos itu sejatinya punya dua kemenangan, tapi itu terjadi di Liga Champions; perempat final 2013/14 dan 2014/15, semua saat bermain kandang. Sementara di La Liga, kemarin adalah kegagalan yang ke-16. Dari situ mereka pun telah merasakan 11 kekalahan, dan enam di antaranya di rumah sendiri (Metropolitano dan Calderon).***

loading...
T
Penulis
TSM
news
news