news
LIGA 1
Preview PSS vs Badak Lampung, Saatnya Bangkit bagi PSS
03 December 2019 13:12 WIB
berita
Striker PSS Sleman Yevhen Bokhasvili/Foto: TopSkor/Ady Sesotya
SLEMAN – PSS Sleman bertekad bangkit dalam lima laga tersisa Liga 1 2019. Termasuk pekan ke-30 dengan menjamu Perseru Badak Lampung FC di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Selasa (3/12) sore. Pertandingan nanti jadi momen bagus untuk skuat Elang Jawa yang tengah “terluka” dalam empat laga terakhirnya.

Memang saat ini posisi PSS di klasemen sementara terbilang cukup aman. Yevhen Bokhasvili dan kawan-kawan masih berada di peringkat kesembilan dengan nilai 40. Namun yang jadi masalah adalah PSS tampaknya lupa cara menang dalam empat laga terakhir.




Baca Juga :
- Kontras, Kondisi PSS Sleman dan Persib Bandung jelang Bentrok
- Persaingan Papan Bawah Memanas, SOS Meminta Satgas Antimafia Bola Ikut Memantau




Tiga kekalahan dan sekali imbang adalah hasil yang didapat oleh anak asuh Seto Nurdiyantoro itu. Tidak heran jika kemudian PSS mengibarkan tekad kuatnya untuk kembali masuk dalam jalur kemenangan jelang musim 2019 berakhir.

“Kami coba bangun motivasi, kekompakan, dan finishing untuk pertandingan tersisa. Termasuk lawan Badak Lampung nanti, bermain enjoy menciptakan banyak peluang dan cetak gol adalah yang kami harapkan,” kata pelatih PSS, Seto Nurdiyantoro, Senin (2/12).


Baca Juga :
- Manajer PSS Sleman Sebut Target Tiga Besar Realistis
- Jadi Embrio Masa Depan, PSS Sleman Ekstra Serius Kelola Akademi


Catatan yang sudah dipegang Seto lainnya adalah masalah fokus dan konsentrasi. Dua gol kemenangan lawan dalam dua laga terakhir yang berujung kekalahan untuk PSS tercipta pada menit-menit awal laga.

 “Masalah fokus dan konsentrasi ini, adalah yang juga kami harapkan akan terjaga sepanjang laga jika pemain enjoy dan memiliki rasa keberasamaan dan kekompakan yang bagus,” ucap Seto lagi. Melawan tim dari zona merah, Seto mengakui timnya wajib mewaspadai sepak terjang sang lawan.

Hanya sayangnya, semangat bangkit PSS ini tidak akan mendapat dukungan langsung dari suporter fanatiknya. Kelompok Brigata Curva Sud (BCS) yang biasa menghuni tribune selatan stadion masih mengancam akan boikot terkait penangkapan suporter PSS usai protes di sebuah pusat perbelanjaan milik bos PSS, Soekeno belum lama ini.  

Ini berarti tribune yang biasa dipadati 10 ribu suporter saat laga kandang PSS ini terancam kembali kosong melompong seperti halnya saat menjamu Borneo FC lalu. Jika ini terjadi, tentunya sebuah kerugian bagi PSS yang sangat membutuhkan suntikan semangat dari suporter.

Sayangnya di laga nanti, dua pemain yakni Guilherme Batata dan kapten tim, Bagus Nirwanto harus absen karena akumulasi kartu kuning. Sedangkan Ricky Kambuaya dan Alfonso De La Cruz masih dalam pantauan kondisinya akibat cedera.

Beruntung PSS sudah cukup akrab dengan kondisi tim tak lengkap. Masih ada Dave Mustaine, Wahyu Sukarta, hingga Sidik Saimima yang bisa diandalkan. Sedang slot yang ditinggalkan Bagus Nirwanto ada Jajang Sukmara atau Aysraq Gufron yang siap mengisi.

Sementara itu Perseru BL hadir di Sleman dengan 18 pemain terbaiknya. Kabar gembira bagi tim asuhan Milan Petrovic itu adalah semua pemain yang dimainkan saat menaklukkan Madura United dapat diturunkan. Termasuk dua andalan di lini depan yakni Fernandinho dan Marquinhos.

“Tentu kami ingin melanjutkan tren positif usai menang dari tim kuat Madura United 3-0 di Lampung. Semoga saja anak-anak dapat menjaga performa mereka yang bagus lawan Madura untuk pertandingan di Sleman,” kata pelatih Perseru, Milan Petrovic.

Yang pasti, tim tamu tentu bertekad pula memanfaatkan kondisi PSS yang kurang bagus usai menjalani empat laga tanpa kemenangan. Bahkan dua laga terakhir, PSS harus menelan kekalahan yakni atas Borneo FC dan Barito Putera.

Bahkan kekalahan atas Borneo FC juga terjadi di Sleman sendiri. “Kami akan coba maksimalkan kesempatan. Lima pertandingan terakhir ini kami memang sangat membutuhkan poin untuk keluar dari zona degradasi,” kata pelatih asal Slovenia ini.*Sri Nugroho

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news