news
UMUM
Liga 1 Putri 2019, Persib dan Tira Persikabo Buka Peluang ke Final
02 December 2019 13:26 WIB
berita
Penyerang Persib Putri Nurul Inayah melepaskan tendangan tanpa bisa diadang pemain Arema Putri dalam laga Minggu (1/12) di Stadion Siliwangi/Foto:TopSkor/Arief Nugraha K
BANDUNG – Persib Bandung Putri membuka peluang ke final Liga 1 2019. Pada leg pertama semifinal di Stadion Siliwangi Bandung Minggu (1/12) tim asuhan Iwan Bastian itu  menang 2-0 atas Arema FC.

Nurul Inayah membuka kemenangan bagi tuan rumah  pada injury tim babak pertama. Satu gol lagi dicetak menit ke-80 melalui eksekusi tendangan penalti Mila Nur Karmila. Hasil imbang pada leg kedua 7 Desember mendatang di Malang sudah cukup bagi Putri Biru untuk menyabet satu tiket final.




Baca Juga :
- Kualitas Tidak Diragukan, 99 Persen Skuat Juara Persib Putri Akan Dipertahankan
- Usai Juara Liga 1 Putri, Persib Tertarik Menggaet Bintang Arema Putri




Namun tidak mudah bagi Persib meraih tiket laga puncak di kandang Arema. Sebab tim asuhan Alief Syafrizal itu dipastikan akan mengubah formasi dan strategi untuk balik unggul pada leg kedua mendatang. Artinya Iwan harus mengubah cara bermain jika ingin posisinya aman menuju partai final.

"Hasil ini sangat kita syukuri,  karena sesuai target dan akhirnya kita bisa meraih tiga  poin. Namun tetap   masih ada leg kedua dan perjuangan kita belum selesai sampai di sini, " ucap Iwan Bastian.


Baca Juga :
- PT Persib Bandung Bermartabat Jadi Puncak Pembinaan Klub-klub Amatir di Bandung
- Ribuan Bobotoh Sambut Putri Biru bak Pahlawan


Iwan mengakui, tim asuhannya masih memiliki kekurangan terutama dalam hal defending atau bertahan dan komunikasi. "Evaluasi menghadapi leg kedua wajib kami lakukan. Pada leg pertama kami terapkan bermain lebih  menekan dan tentu saja leg kedua harus bermain lebih bagus, jangan sampai tidak berkembang," Iwan mengungkapkan.

Pelatih Arema FC Putri Alief Syafrizal menimpali kekalahan anak asuhnya lebih disebabkan kurangnya penguasaan bola. Namun sebetulnya kata Alief,  tim asuhannya sudah tampil bagus.  Hanya saja,  lini belakang Persib sangat rapih dan kuat.

"Semua sudah bermain bagus tapi hasil tidak sesuai target. Tapi masih ada satu kesempatan lagi pada leg kedua dan perjuangan kami masih ada. Semua akan kami perbaiki di leg kedua," katanya.

Alief mengungkapkan, kekalahan itu juga disebabkan oleh kelengahan pada babak pertama. Yang pasti kata Alief timnya akan lebih fokus mengevaluasi ball possession.

Semifinal leg pertama lainnya di Stadion Pakansari Bogor Tira Persikabo Putri takluk 4-5 di kandang sendiri dari Persipura Jayapura Putri dengan skor 4-5, Minggu (1/12) sore. Dzulfikri Bashari El Hassan, pelatih Tira Persikabo memaklumi kekalahan tersebut.

Dengan defisit satu poin ini, Tira Persikabo siap membalas pada leg kedua 7 Desember 2019 di Stadion Cendrawasih, Biak. Mereka hanya membutuhkan kemenangan 1-0 untuk lolos ke partai puncak Liga 1 Putri 2019. Kekalahan kemarin, tak membuat Dzulfikri meradang. Bahkan ia mengapresiasi penampilan anak-asuhnya.

"Ini mengingat kami sempat tertinggal 1-4, tapi bisa menyamakan kedudukan menjadi 4-4. Namun sayang pada akhir pertandingan karena konsentrasi kurang dan ada satu pemain dirawat, kami harus kehilangan poin yangg seharusnya imbang menjadi bekal berharga kami," kata Dzulfikri.

Empat gol Tira Persikabo masing-masing diciptakan Insyafadya Salsabilla (dua gol), Riri Junian Nella, dan Bimby M Zimot. Sedangkan  goli Persipurai disumbangkan Regina Wonda dan Gerda Wankris masing-masing dua gol dan Barbalina Salampessy.

Pelatih Persipura, Samuel Weya mengatakan kemenangan ini sebagai modal bagus untuk menjamu Tira Persikabo di Biak. "Harapan kami tercapai. Sepak bola butuh kerja sama tim, bukan hanya tiga oranga. Kesuksesan kami terjadi karena kekompakan tim," ucap Samuel.*Arief NK/Sumargo Pangestu

 

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news