news
LIGA SPANYOL
Atletico Bermasalah di Udara
26 November 2019 12:02 WIB
berita
Kiper Atletico, Jan Oblak dalam kondisi kurang menyakinkan setelah gagal melakukan clean sheet dalam lima laga terakhir timnya. -Topskor/ist
MADRID – Atletico Madrid mengalami penderitaan di musim ini, sebab baru merasakan delapan kemenangan dari 18 laga di lintas kompetisi. Kekuatan pertahanan pun mulai mengendur sebab gawang yang dikawal Jan Oblak sudah kebobolan 13 gol sejauh 2019/20 bergulir. Salah satu penyebab hasil tidak memuaskan itu adalah karena mereka bermasalah di udara.

Duel bola atas sejatinya merupakan salah satu kekuatan dari tim era kepelatihan Diego Simeone. Namun dalam beberapa musim terakhir kemahiran itu meluntur yang kian terasa di musim ini tanpa keberadaan sosok Diego Godin. Rodri Hernandez selaku gelandang bertahan yang musim lalu sukses membantu tim soal hal itu juga telah pergi.




Baca Juga :
- Maurizio Sarri Sebal Ballon d'Or Messi Lebih Banyak daripada Ronaldo
- Messi Main Bagus Barcelona Tetap Kalah, Begini Penyebabnya




Permasalahan makin menjadi sebab mengendurnya daya saing di udara disertai dengan adanya banyak kasus kecerobohan. Faktanya lima dari 13 gol kemasukan yang dirasakan Los Rojiblancos –julukan Atletico– musim ini berasal dari kekalahan usai duel bola atas; Rasionya mencapai 38,5 persen atau tidak pernah setinggi itu sebelumnya.

Masalah yang dialami di musim ini sudah terasa sejak jornada ketiga La Liga 2019/20. Tim ibu kota ini memang menang 3-2 saat menjamu SD Eibar, 1 September. Tapi di Stadion Wanda Metropolitano mereka kemasukan gol cepat (menit ketujuh) dari hasil tandukan Charles de Oliveira yang memanfaatkan umpan silang Fabian Orellana.


Baca Juga :
- Disingkirkan Atletico Madrid, Petinggi Barcelona Tepis Valverde di Ambang Pemecatan
- Pacar Ronaldo Mulai Nakal, Pamerkan Kulit Putih Pahanya


Dan pada pekan setelahnya (jornada empat) lawan Real Sociedad, ada gol Nacho Monreal yang memanfaatkan bola liar hasil antisipasi sepak pojok tidak sempurna, 14 September. Duel tandang di Stadion Anoeta itu jadi kekalahan pertama Atletico musim ini (0-2). Tim pun kemudian kian nelangsa usai Jose Gimenez sang bek tengah cedera.

Bek 24 tahun itu adalah benteng utama di jantung pertahanan termasuk dalam hal duel udara pasca kepergian Godin (dulu saling berduet). Namun sejak 23 Oktober ia mengalami masalah otot dan telah absen enam laga. Permasalahan Los Rojiblancos pun kian berlipat tanpanya, sebab tiga dari empat duel terakhir selalu ada gol dari bola atas.

Semua terjadi saat tandang. Pertama ada sundulan Franco Vazquez kala seri 1-1 lawan Sevilla FC (2/11). Kemudian kesalahan antisipasi Thomas Lemar ketika takluk 1-2 dari Bayer Leverkusen di Liga Champions (6/11). Dan teranyar ada tandukan German Sanchez saat seri 1-1 lawan Granada FC pada jornada 14 La Liga di akhir pekan lalu.

Ketiadaan Gimenez menjadi kekhawatiran besar sebab Atletico harus bertamu lawan Juventus FC di pekan kelima fase grup (Grup D) Liga Champions, Selasa (26/11) atau Rabu dini hari WIB. Musuhnya punya pemain mematikan di udara seraya Cristiano Ronaldo-Gonzalo Higuain, dan di pertemuan pertama ada gol sundulan Blaise Matuidi.* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news