news
UMUM
Psikolog Akan Menjadi Sosok Penting Timnas Putri di Filipina
25 November 2019 15:21 WIB
berita
DEPOK - Timnas sepak bola putri Indonesia sudah memasuki masa persiapan terakhir menjelang berangkat ke Manila, Filipina untuk bertarung dalam SEA Games 2019, pada 29 November mendatang. Dalam sisa waktu ini, tim pelatih menguatkan mentalitas pemain.

Untuk menambah kesiapan mental, tim pelatih dibantu dengan psikolog dari Yogyakarta, Kumala Widya. Pelatih kepala timnas putri, Rully Nere mengatakan datangnya Kumala menjadi nilai positif, sebab dirinya bisa membantu menyiapkan kondisi psikologis pemain menjelang hingga turnamen berjalan.




Baca Juga :
- Pembukaan Liga 1 2020 Bakal Viral
- Bagus Kahfi Hattrick, Garuda Select Tumpaskan Preston North End U-18




“Anak-anak juga ada tambahan dari Federasi (PSSI), mereka tanya sebelumnya kekurangan tim ini apa. Saya bilang kami perlu psikolog, karena anak-anak sebagian ada yang belum merasakan kompetisi internasional. Dengan adanya psikolog tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka untuk menghadapi pertandingan nanti," kata Rully.

Untuk sisa masa persiapan ini, Rully mengatakan hanya dipakai untuk mematangkan strategi yang akan digunakan untuk menghadapi dua laga berat, melawan Vietnam dan Thailand dalam fase penyisihan yang akan dimulai 29 November mendatang. Menurut Rully transisi negatif menjadi fokus utama.


Baca Juga :
- Gabung Agensi Besar, Brylian Aldama Selangkah Lagi Meniti Karir di Eropa
- Faktor Ini Bikin LIB Pede Penyelenggaraan Liga 1 Akan Berjalan Lancar


“Persiapan kami itu sebelumnya ada uji coba, terus anak-anak saya kasih istirahat agar mereka berjumpa dengan kedua orangtuanya meminta doa restu. Mereka kemarin sudah kembali, hari ini (kemarin) mulai latihan, tanggal 27 berangkat ke Manila. Jadi kami tinggal matangkan strategi saja sama menjaga kondisi kebugaran pemain,” ucap Rully.

Sementara itu, gelandang timnas Putri Ade Mustikiana pun menegaskan para pemain Garuda Pertiwi sudah sangat siap, baik fisik, taktik, dan mental. Meskipun masuk dalam grup yang berat, Ade mengaku pemain harus percaya diri dan bekerja keras agar bisa mendapatkan hasil positif.

“Kami selalu berusaha bahwa kami bisa untuk mengalahkan Thailand dan Vietnam. Pada intinya kami sudah sangat siap sekali untuk bermain di SEA Games, persiapan hanya tinggal conditioning saja dari pelatih, kami berharap pemain tetap fit sampai pertandingan nanti,” ucap Ade.*SUMARGO PANGESTU

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news