news
LIGA INTERNASIONAL
Messi Masih Jauh di Bawah Pele
20 November 2019 14:26 WIB
berita
Torehan gol penyerang timnas Argentina Lionel Messi diyakini akan mampu melewati legenda Brasil, Pele.
TEL AVIV - Lionel Messi belum habis di tim nasional Argentina. La Pulga mencetak gol dari titik putih pada menit terakhir melawan Uruguay di Stadion Bloomfield, Tel Aviv, Israel, Senin (18/11). Argentina ditahan Uruguay, 2-2, pada pertandingan uji coba tersebut. Tetapi gol yang dibuat Messi tersebut sangat berarti baginya.

Itulah gol ke-70 Messi dalam 138 pertandingan semua ajang bersama timnas Argentina. Sebelumnya, bintang FC Barcelona itu juga jadi pahlawan bagi Albiceleste dengan mencetak satu-satunya gol kemenangan atas Brasil dalam Superclasico De Las Americas di Riyadh, Arab Saudi, Jumat (15/11) pekan lalu.




Baca Juga :
- Sergi Roberto Absen di Laga-Laga Penting Selama Satu Bulan
- Kalidou Koulibaly Bengkak, Gattuso Ragukan Lawan Barcelona




Gol ini kian memantapkan posisi Messi di puncak daftar top scorer Argentina sepanjang masa. Dia unggul 16 gol atas Gabriel Batistuta yang berada di peringkat kedua. Legenda terbesar Albiceleste, Diego Maradona, bahkan hanya menduduki peringkat kelima dengan 34 gol.

Messi juga menyumbangkan satu assist dalam pertandingan melawan Uruguay yang dikonversi jadi gol pertama Argentina oleh Sergio Aguero. Itu adalah assist ke-45 penyerang 32 tahun tersebut. Sebelumnya, Albiceleste sempat dua kali tertinggal oleh Uruguay lewat gol-gol Edinson Cavani dan Luis Suarez.


Baca Juga :
- Bartomeu Bertemu Empat Kapten Barcelona untuk Dinginkan Suasana, Tetapi Posisinya Belum Aman
- Berada di Dubai, Ini yang Dilakukan Lionel Messi


Catatan 70 gol yang dibuat Messi buat timnas Argentina merupakan rekor gol terbanyak kedua yang pernah dibukukan seorang pemain di Amerika Selatan. Catatan La Pulga hanya kalah dari legenda Brasil, Pele, yang menorehkan 77 gol dalam 92 pertandingan bersama Selecao antara 1957 dan 1971.

Wajar jika kemudian muncul perdebatan soal siapa yang lebih layak menyandang status pemain terbaik sepanjang masa antara Messi dan Pele. Tapi, pelatih timnas Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite menepis komparasi itu. Menurutnya, komparasi seperti itu sangat tidak berdasar.

“Pele tak bisa dibandingkan dengan siapa pun. Saat ada yang ingin membandingkan Pele dengan atlet lain saya tidak mau mendengarnya,” kata Tite. “Orang seperti itu tidak tahu sejarah. Saya pernah bilang Messi luar biasa. Maksudnya, dia luar biasa pada saat ini di antara manusia lainnya. Pele berada di luar pola yang normal. Saya mengatakan ini bukan karena saya orang Brasil. Kita tidak bisa menemukan kelemahan Pele.”

Pernyataan Tite sangat beralasan. Terlepas dari segala kehebatannya sebagai pemain sepak bola, pencapaian Messi masih jauh di bawah Pele. Pemain berjulukan O Rei alias “Sang Raja” ini pernah tiga kali mengantarkan Brasil memenangi Piala Dunia. Sebaliknya, La Pulga belum pernah meraih gelar bersama Argentina.

Yang paling masuk akal adalah membandingkan Messi dengan rival abadinya, Cristiano Ronaldo. CR7 memang telah mencetak lebih banyak gol bersama timnas Portugal, 99 gol dalam 164 laga. Tapi, gol-gol Messi dinilai jauh lebih berbobot daripada gol-gol Ronaldo.

Pasalnya, sebanyak 57 dari 70 gol Messi (82 persen) dilesakkan ke gawang tim-tim yang menempati posisi 50 besar dalam Peringkat FIFA. Di pihak lain, hanya 28 dari 99 gol Ronaldo (29 persen) yang dibukukan lawan tim-tim di posisi 50 besar.

Hebatnya, tim-tim kelas berat seperti Brasil dan Uruguay merupakan korban favorit Messi. Gawang kedua timnas itu masing-masing telah lima kali dirobek oleh La Pulga. Jumlah gol yang sama juga dilesakkan Messi ke gawang Paraguay. Korban favorit Messi berikutnya adalah Venezuela dan Ekuador yang masing-masing empat kali kebobolan.

Di wilayah Eropa, Spanyol yang merupakan juara Piala Dunia 2010 dan Kroasia yang berstatus runner-up Piala Dunia 2018 menjadi korban favorit Messi. La Pulga telah mencetak masing-masing dua gol ke gawang kedua tim tersebut. Sementara Prancis, Jerman, dan Portugal sama-sama pernah sekali dirobek gawangnya oleh Messi.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news