news
LIGA INTERNASIONAL
Timnas Inggris Bakal Banjir Penyerang Berkualitas untuk Piala Eropa 2020
18 November 2019 15:06 WIB
berita
Striker muda, Tammy Abraham akan menjadi salah satu opsi di lini depan timnas Inggris untuk menghadapi Piala Eropa 2020./AFP
LONDON – Pelatih timnas Inggris, Gareth Southgate tampaknya patut bersyukur jelang putaran final Piala Eropa 2020. Maklum, skuatnya sekarang memiliki opsi melimpah di lini depan. Ya, sepanjang musim ini, sejumlah penyerang The Three Lions mampu membuktikan produktivitasnya sebagai pencetak gol ulung.

Teranyar tentu saja striker muda Chelsea FC, Tammy Abraham. Bersama The Blues, pemain 22 tahun itu telah membukukan 10 gol dalam 12 laga di Liga Primer 2019/20. Ketajamannya tersebut ditularkan Abraham di level timnas. Ia turut menyumbang satu gol saat Inggris membungkam Montenegro, 7-0, Kamis (14/11) lalu.




Baca Juga :
- Chelsea Lolos dari Lubang Jarum
- Lingard di Jalur yang Benar




Abraham berandil membantu The Three Lions memastikan tiket ke putaran final. Tentu saja ketajamannya diyakini bakal terus terlihat hingga turnamen terbesar sepak bola Eropa itu dimulai pada Juni 2020 mendatang. Namun bukan hanya Abraham yang mampu unjuk gigi musim ini.

Pemain reguler Southgate seperti Harry Kane, Raheem Sterling, dan Marcus Rashford pun tetap produktif. Kane telah menyumbang sembilan gol dalam lima penampilan terakhirnya untuk Inggris. Sementara Sterling mencetak 10 gol dalam 10 laga bersama The Three Lions. Rashford membuat tiga gol dalam enam caps membela negaranya.


Baca Juga :
- Guardiola Realistis
- Melawan Die Bayern, Mourinho Rombak Komposisi Starter


Selain empat nama tersebut, Southgate juga masih memiliki alternatif macam Jadon Sancho atau Callum Hudson-Odoi. Keduanya telah dianggap sebagai dua penyerang muda potensial di Eropa. Sancho serta Hudson-Odoi pun sama-sama sudah menerima panggilan membela timnas senior Inggris, masing-masing 11 kali dan dua kali.

Perlu diingat pula bahwa Southgate juga masih membuka peluang untuk kembali memanggil striker veteran, Jamie Vardy. Pemain 32 tahun tersebut membuktikan bahwa usia hanya sekadar angka baginya. Vardy tampil luar biasa bersama Leicester City FC di Liga Primer musim ini.

Ia telah membukukan 11 gol. Jumlah tersebut membuatnya menjadi pemain paling produktif hingga pekan ke-12 kompetisi kasta tertinggi sepak bola Inggris itu. Vardy mengungguli nama-nama penyerang top Liga Primer seperti Sergio Aguero (9 gol), Pierre-Emerick Aubameyang (8 gol), Sadio Mane (7 gol), hingga Kane (6 gol).

Situasi ini membuat Southgate akan berpotensi memiliki komposisi lini serangan paling menakutkan di Piala Eropa nanti. Inggris mengalami siklus di mana mereka dibanjiri pemain berkualitas di sektor depan seperti era kemunculan Alan Shearer dan Teddy Sheringham dalam skuat The Three Lions pada 1990-an silam.

Kedua striker legendaris tersebut melengkapi komposisi Inggris yang telah dihuni nama-nama top macam Les Ferdinand, Ian Wright, Robbie Fowler, serta Andy Cole. Southgate sendiri tidak menampik bahwa dirinya memiliki banyak pilihan untuk diplot di lini serangan The Three Lions.

“Ya, saya sangat beruntung. Sama seperti pelatih-pelatih (Inggris) lain. Sven Goran Eriksen misalnya, memiliki David Beckham, Paul Scholes, Steven Gerrard, hingga Frank Lampard,” ujar Southgate. “Jika Anda pelatih Inggris, Anda normalnya akan memiliki banyak pemain hebat. Ini membuat kedalaman skuat lebih baik dan tentu ada persaingan di antara pemain. Itu sangat positif.”*

     

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news