news
LIGA INTERNASIONAL
Winger MU Ini Sudah Lewati Bale
16 November 2019 08:43 WIB
berita
Kematangan teknik bermain dan mental Daniel James (kanan) di MU diharapkan bisa berlanjut untuk timnas Wales pada laga krusial di kualifikasi Piala Eropa 2020 melawan Azerbaijan, Sabtu (16/11).
BAKU - Gareth Bale adalah salah satu pemain terbaik yang pernah ada sepanjang sejarah tim nasional Wales. Namun begitu, Bale kini mengalami situasi yang mirip sekitar enam atau tujuh tahun lalu, saat ia mewarisi status pemain Wales terbaik di dunia dari Ryan Giggs. Menariknya, Giggs saat itu juga berposisi sebagai penyerang sayap (winger)    

Reputasi winger 30 tahun itu sebagai pemain Wales terbaik di dunia saat ini mulai tergerus dengan kemunculan Daniel James. Berdasarkan statistik di liga domestik bersama klubnya masing-masing musim ini versi Whoscored, James mengungguli Bale dalam banyak aspek.




Baca Juga :
- Inilah Rahasia Teknis di Balik Sukses Man. United
- Ini Daftar Duet Dinamis dan Produktif Liga Primer




Meskipun begitu, statistik ini tak sepenuhnya  menggambarkan performa kedua pemain di lapangan. Bale tidak pernah lagi beraksi bersama Real Madrid sejak cedera yang dialaminya saat membela Wales di kualifiksi Piala Eropa 2020 lawan Kroasia, 13 Oktober lalu.

Tapi, ada sejumlah faktor yang membuat statistik James bersama Manchester United (MU) jadi lebih istimewa. Pertama, ini adalah musim pertamanya berlaga di Liga Primer dan dia baru lima bulan bergabung dengan Setan Merah. Mantan pemain Swansea City ini juga delapan tahun lebih muda daripada Bale.


Baca Juga :
- Tim Setan Merah Mulai Kembali ke Filosofi Fergie
- Play-Off Piala Eropa 2020 Panjang dan Rumit


Kini, Wales membutuhkan performa terbaik dari James dan Bale saat dijamu Azerbaijan pada laga ketujuh kualifikasi Piala Eropa 2020 Grup E di Eighth Kilometer District Stadium, Sabtu (16/11). Pasalnya, The Dragons harus memenangi pertandingan ini demi menjaga peluang lolos otomatis ke putaran final.

Wales masih tertahan di peringkat keempat Grup E dengan delapan poin dari enam laga. Untuk bisa lolos otomasti ke putaran final, The Dragons harus memenangi dua laga terakhir lawan Azerbaijan dan Hungaria dan berharap Slowakia, yang menempati peringkat ketiga dengan 10 poin, kehilangan poin dalam satu dari dua laga terakhir mereka lawan Kroasia dan Azerbaijan.

Jika kalah dari Azerbaijan, Wales dipastikan tersingkir. "Kedua laga ini sangat penting," kata Giggs, pelatih Wales. “Kami jelas tidak punya banyak waktu. Kami hanya harus fokus pada laga besok (Sabtu) dan memenanginya. Itu saja. Para pemain sudah siap dan antusias menyambut laga ini.”

Bale jadi menyelamatkan Wales dari kekalahan lawan Kroasia dengan mencetak gol penyeimbang dalam laga terakhir sebulan yang lalu. Tapi, dia mengalami cedera betis dalam laga itu sehingga tak bisa membela Madrid dalam enam pertandingan. Ironis bagi Los Blancos, dia kini telah pulih dan siap beraksi kembali bersama The Dragons.

“Saya telah berusaha pulih secepatnya,” kata Bale. “Jika ada laga bersama Madrid pekan ini, saya pasti bisa tampil. Barangkali, kondisi saya di mata mereka (Madrid) kurang bagus. Tapi, itu hanya kebetulan. Jika saya bugar, di mana pun berada, saya akan berusaha untuk tampil.”*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Komparasi Statistik James dan Bale di Liga Domestik 2019/20
Daniel James               vs                Gareth Bale
Winger                        Posisi              Winger
22                                Usia                 30
Manchester United      Klub               Real Madrid
12                                Main                   6
11                                Starter                6
985                             Menit                 518
3                                  Gol                     2
2                                  Assist                 2

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news