news
LIGA INTERNASIONAL
Belanda Segera Hapus Periode Kelam
16 November 2019 13:10 WIB
berita
Frenkie De Jong (kiri) kian matang menjadi pengatur ritme permainan timnas Belanda. Sabtu (16/11) malam nanti, Belanda akan berupaya memastikan tiket ke Piala Eropa 2020.
BELFAST - Tim nasional Belanda selangkah lagi akan mengakhiri salah satu periode paling kelam dalam sejarah sepak mereka. Seperti diketahui, Belanda tidak lolos ke dua turnamen besar secara beruntun. Setelah absen di Piala Eropa 2016 di Prancis, Tim Oranye kemudian gagal menembus putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia.   

Kendati begitu, Sabtu (16/11) malam nanti Belanda hanya butuh hasil imbang saat bertandang ke markas Irlandia Utara, Windsor Park, pada laga ketujuh Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020. Dengan tambahan satu poin, Belanda akan memastikan turun di turnamen tertinggi di Benua Biru tersebut.




Baca Juga :
- Liverpool Miliki Semua Syarat Juara Liga Primer
- Liverpool Punya Opsi Pemain untuk Mengisi Peran Fabinho




Kunci kebangkitan Belanda tidak lepas dari tangan dingin pelatih Ronald Koeman yang mulai bertugas pada Februari 2018 itu. Belanda 10 kali menang dan hanya empat kali kalah dalam 18 laga di bawah asuhan mantan bek berusia 56 tahun itu. Tim Oranye juga lolos ke final Liga Negara-negara Eropa (LNE) 2018/19 sebelum kalah 0-1 dari Portugal.

Belanda juga tampil impresif di kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan memenangi lima dari enam laga di Grup C. Dalam satu laga lainnya, Tim Oranye kalah 2-3 dari Jerman di Amsterdam. Tapi, kekalahan itu telah dibalas dengan kemenangan 4-2 di Hamburg yang membuat mereka unggul head-to-head atas Die Mannschaft.


Baca Juga :
- Format Undian Piala Eropa 2020 Dinilai Penuh Skandal
- Striker Muda MU Ini Kembali Tajam


“Jika kami tak berhasil lolos kali ini, saya tak tahu lagi kapan kami bisa melakukannya,” ujar bek tengah sekaligus kapten Virgil Van Dijk. “Saya telah melewatkan dua turnamen besar. Jadi, saya sudah tidak sabar lagi untuk tampil di Piala Eropa 2020. Ini saat yang sangat tepat bagi kami dan sebagai sebuah tim kami sudah siap.”

Van Dijk adalah satu dari beberapa pemain yang jadi kunci kebangkitan Belanda di era Koeman. Pemain Liverpool FC ini membangun duet yang kokoh bersama bintang muda Matthijs De Ligt di jantung pertahanan timnas Belanda. Mereka disebut-sebut duet bek tengah terbaik yang dimiliki tim Oranye sejak Jaap Stam dan Frank De Boer.

Van Dijk bukan cuma tangguh dalam bertahan, tapi juga cukup produktif mencetak gol. Dengan torehan empat gol, dia hanya kalah subur dari Memphis Depay (11 gol) dan Georginio Wijnaldum (7), dua pemain lainnya yang jadi andalan Koeman. 

Sosok kunci lainnya adalah gelandang tengah Frenkie De Jong. Dia salah satu 12 pemain yang diberi kesempatan debut di timnas Belanda oleh Koeman dan langsung dipercaya sebagai starter. Pemain 22 tahun ini beroperasi sebagai “Nomor 8” antara lini depan dan belakang. Gaya bermainnya mirip legenda Tim Oranye, Johan Neeskens.

De Jong juga jadi salah satu pemain yang paling diwaspadai oleh Irlandia Utara. Maklum, The Green and White Army telah merasakan langsung kehebatan pemain FC Barcelona itu dalam pertemuan di Rotterdam 10 Oktober lalu. De Jong bahkan menyumbangkan stau gol dalam laga itu untuk membantu Belanda menang 3-1.

Pemain lain yang jadi bintang kemenangan Belanda pada duel pertama lawan Irlandia Utara adalah Depay yang mencetak dua gol. Tapi, dia kemungkinan besar absen dalam duel kali ini karena masih menjalani pemulihan dari cedera hamstring. Ini kerugian besar buat Tim Oranye karena dia sumber gol utama mereka di kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan enam gol.

Absennya Depay memperbesar peluang Irlandia Utara untuk meraih kemenangan atas Belanda. Hasil ini sangat dibutuhkan The Green and White Army demi menjaga peluang lolos otomatis ke putaran final. Hasil seri pada laga ini bisa membuat mereka tersingkir jika pada laga lainnya di Grup C, Jerman mengalahkan Belarus.

Kemenangan atas Belanda juga bisa jadi kado perpisahan ideal buat pelatih Michael O’Neill. Kontraknya sebagai pelatih Irlandia Utara akan habis pada Juni 2020. Tapi, dia memutuskan mundur usai dua laga terakhir di kualifikasi Piala Eropa 2020 dan telah diangkat sebagai pelatih Stoke City FC.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Pemain
IRLANDIA UTARA - BELANDA
Stadion:
Windsor Park
Wasit: Szymon Marciniak
Prediksi TopSkor: 45-55

IRLANDIA UTARA 4-5-1
Pelatih:
Martin O’Neill

1 Peacock-Farrell

3 Smith
20 Cathcart
5 Evans
11 Ferguson

13 Evans
14 Dallas
17 McNair
8 Davis
6 Saville

10 Lafferty

Cadangan: 12 McGovern, 2 McLaughlin, 4 Flanagan, 7 McGinn, 11 Ferguson, 21 Magennis, 9 Boyce

BELANDA 4-3-3
Pelatih:
Ronald Koeman

1 Cillessen

2 Veltman
4 Van Dijk
3 De Ligt
17 Blind

21 F. De Jong
8 Wijnaldum
6 Van De Beek

11 Promes
19 L. De Jong
9 Babel

Cadangan: 13 Zoet, 5 Ake, 22 Dumfries, 16 Strootman, 15 De Roon, 24 Weghorst, 18 Berghuis

Pertemuan Terakhir:
10/10/19       Pra-Piala Eropa         Belanda 3-1 Irlandia Utara
02/06/12       Uji Coba                      Belanda 6-0 Irlandia Utara

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news