news
LIGA SPANYOL
Sevilla Kini Jago Tandang
16 November 2019 09:17 WIB
berita
Para pemain Sevilla merayakan kemenangan atas Betis dalam laga tandangnya ketujuhnya musim di LaLiga.-Topskor/Ist
SEVILLA – Sevilla FC memasuki jeda internasional November 2019 dengan cara yang sangat baik. Melanjutkan rangkaian tak terkalahkan menjadi enam pertandingan, dan yang terpenting di LaLiga 2019/20 bisa balik ke zona Liga Champions usai terlempar dua bulan lalu. Raihan apiknya sejauh ini tak lepas karena kemampuan mereka membawa pulang poin dari tandang.

Setelah start luar biasa, Sevilla keluar dari empat besar setelah takluk 0-1 saat menjamu Real Madrid di jornada kelima. Namun perlahan mereka bisa kembali kuat seperti meraih 11 dari 15 poin terakhir yang diperebutkan. Dan yang menjadi kekuatan mereka adalah dengan memanfaatkan pertandingan di luar rumah sebaik mungkin. Menjadikan mereka salah satu tim jago tandang musim ini.




Baca Juga :
- Courtois Sensasional
- Sepak Bola Jalanan Antar Fekir Bersaing di Panggung Elite




Los Nervionenses –julukan Sevilla– menjelma jadi tamu yang menakutkan bagi lawannya di musim ini. Pada LaLiga dibuktikan dengan menjadi tim yang paling banyak menang atau meraih poin kala tandang; empat menang atau menghasilkan 13 poin berkat tambahan satu seri, serupa Real Sociedad, salah satu pemberi kejutan musim ini.

Tanda-tanda Sevilla menjadi tim yang jago tandang sudah terlihat sejak awal bergulirnya kompetisi. Start mereka diawali dua pertandingan di luar kandang dan semua berhasil dimenangkan; 2-0 atas RCD Espanyol dan 1-0 lawan Granada CF. Laga tandang ketiganya menang 1-0 atas Derpotivo Alaves sebelum sempat terhenti.


Baca Juga :
- Sevilla Cerminan Atletico
- Maxi Incar Gol Perdana


Ya, di periode mereka terlempar dari zona Liga Champions, ada kekalahan yang dirasakan di markas SD Eibar (2-3) dan FC Barcelona (0-4). Kendati begitu hasil buruk itulah yang kemudian melecut mereka untuk bangkit hingga kini. Mereka tak kalah pada lima duel La Liga terakhirnya (tiga menang) dan ada hasil vital saat bermain tandang.

Pada rangkaian positif itu Los Nervionenses berhasil mencuri satu poin dari tim besar lainnya, Valencia CF. Dan sebelum libur atau di laga teranyar, akhir pekan lalu, berhasil membawa pulang poin penuh yang berarti besar untuk kepercayan diri. Yakni 2-1 atas seteru abadi, Real Betis, dalam pertandingan bertajuk Derbi Andalusia.

 Kemampuan Sevilla yang jago tandang pun terjadi di kompetisi lainnya, yakni Liga Europa. Semua (dua) laga di luar rumah sejauh ini selalu dimenangkan; 3-0 atas FK Qarabag dan 5-2 lawan F91 Dudelange. Karena itu pula mereka sudah memastikan lolos ke fase gugur, sebab berjaya di puncak klasemen Grup A lewat 12 poin dari empat duel.

Catatan Los Nervionenses ini adalah bukti sukses dari ditunjuknya Julen Lopetegi sebagai pelatih. Pasalnya rapor di 2019/20 meningkat drastis setelah anjlok pada laga di luar rumah musim lalu. Di sepanjang musim La Liga 2018/19 mereka hanya mampu memenangkan lima laga tandang, atau ada 20 poin berkat tambahan lima seri lainnya.

Hasil buruk itu sedikit banyak memengaruhi posisi mereka di akhir musim yang hanya ada di peringkat enam. Di Liga Europa ada tiga kekalahan dari lima laga tandang yang salah satunya membuat mereka gugur; 16 besar dari Slavia Praha. Pun kala gugur di Piala Raja, kok 6-1 di markas Barca usai menang 2-0 di kandang (perempat final).* TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

9

Meski punya hasil akhir bagus, rapor gol Sevilla saat tandang di La Liga adalah sama rata sembilan, baik mencetak ataupun kemasukan.

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news