news
LIGA SPANYOL
Rahasia Tendangan Bebas Messi
16 November 2019 13:44 WIB
berita
Bintang Barcelona, Lionel Messi makin mumpuni dalam melakukan tendangan bebas di depan gawang lawan. – Topskor/ist

BARCELONA – Memulai musim lebih lambat (karena cedera) tidak menjadi masalah bagi Lionel Messi untuk terus mencuat di 2019/20, menunjukkan peran besarnya untuk FC Barcelona. Sembilan gol (lima assist) sudah diciptakannya dari 804 menit main di 11 laga. Dan di situ, kemampuan mengeksekusi free kick (tendangan bebas) lah yang paling menonjol.

Musim ini Messi telah punya empat gol dari tendangan bebas dari 15 peluang yang dimilikinya. Di usia 32 tahun, ia ada pada fase keberhasilan terbaiknya sebagai eksekutor yakni 26,7 persen. Rapornya terus meningkat sejak gol free kick pertamanya pada 2008/09. Atau dibandingkan musim lalu saja, rasio kesuksesan sepakannya hanya 13,56 persen.




Baca Juga :
- Harmonisasi Griezmann dan Messi Kian Menjanjikan
- Ironi Borja Iglesias




“Ketika dia tenang, maka dia akan mengarahkan bola di tempat yang diinginkan,” kata mereka yang mengenal Messi, seperti yang dimuat El Pais. Keakuratannya ini pun tak hanya terjadi di atas lapangan, tapi juga saat berada di momen non pertandingan. Seperti yang juga dijabarkan oleh media Spanyol mengenai anekdot saat memproduksi sebuah iklan.

Kala itu La Pulga (si Kutu) hendak menyiapkan promosi untuk sepatu baru sebuah merk ternama yang mensponsorinya. Direktur Periklanan sudah meninjau bahwa akan ada 10 menit yang dihabiskan sang megabintang untuk sesi foto, dan 20 menit lainnya untuk mengambil video dirinya melepaskan tembakan yang mengenai mistar gawang.


Baca Juga :
- Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo Bersaing Lagi
- Messi Berharap Bertemu Madrid yang Kuat


Hasilnya? produksi tak berjalan sampai setengah jam seperti yang ditentukan. Usai mengambil gambar (saat produksi video), Messi mundur tiga langkah, menunjuk sasaran, dan bang! bola langsung mengenai target yang diminta. Bahkan dia mengulangi itu dua kali lagi. “Seperti itu?” ucapnya ke para pekerja yang sedang terkejut dan lalu bertepuk tangan.

El Pais pun coba mendalami perkara tendangan bebas kapten Barca itu. “Banyak latihan dan harus sangat konsentrasi. Dia memfokuskan target dan menguncinya,” ucap sumber anonim di area latihan klub berjuluk Los Azulgrana itu saat ditanya soal rahasia Messi. Sepanjang kariernya, penyerang asal Argentina ini total punya 52 gol untuk klub dan tim nasional.

La Pulga punya kebiasaan saat mengeksekusi free kick. Setelah menaruh bola di posisi yang tepat, kakinya akan menyentuh bola dan mundur tiga langkah diagonal dari bola, menghela nafas sembari melihat sasarannya, dan kemudian menaklukan kiper. El Pais pun memuat berbagai komentar praktisi soal eksekusinya, termasuk perihal cara mengantisipasi.

“Yang harus dilakukan adalah memberi semua informasi tentangnya ke kiper Anda,” ucap staf kepelatihan tim besar Inggris yang dirahasiakan. Sedang RCD Espanyol selaku korban favorit (enam gol), pelatih kipernya berkomentar; “Anda harus menonton banyak videonya, dan menganalisis setiap detail dari jarak, tempat eksekusi, dan target favoritnya”.

Raihan 46 gol tendangan bebas Messi di klub unggul dua dari Cristiano Ronaldo, tapi masih jauh dari yang terbaik; Zico Coimbra (101 gol). Maestro seraya Andrea Pirlo dan David Beckham 43 dan 65 gol. Menariknya saat masih di tim muda Barca, Si Kutu bukan eksekutor utama yang kemudian sengaja menambah porsi latihan untuk dapat mengasah kemampuannya itu, seperti yang diungkap pelatih Rodo Borrell.

Hebatnya, dari rapor tendangan bebas per 2009, gol La Pulga tak bisa dilamapui oleh klub manapun (kecuali Barca tim yang dibela). “Saat dia berdiri di depanmu untuk menendang, maka itu akan membuatmu menderita. Dia adalah yang terbaik,” ucap kiper Real Valladolid, Jordi Masip. Sedang di Chelsea FC Willy Cabalero berkata; “Tak ada formula untuk menghentikan sepakannya”.*** TAUFANI RAHMANDA DARI BERBAGAI SUMBER

 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news