news
LIGA SPANYOL
Cobaan Diego Costa, 2019 Menjadi Tahun Terberat Striker Atletico Itu
16 November 2019 13:10 WIB
berita
Penyerang Atletico, Diego Costa terhitung tidak beruntung sejak memutuskan kembali ke memperkuat Los Rojiblancos musim panas 2017.-Topskor/ist
MADRID – Diego Costa pulang ke Atletico Madrid dua tahun lalu dan disebut-sebut sebagai salah satu ikon klub. Namun sejak didatangkan kembali, ia tak menjalani musim seperti yang diharapkan. Faktor utama yang menyebabkan Costa tak bisa tampil baik adalah cedera dan cobaan tersebut kini kembali dialaminya. Masalah herniasi diskus memaksanya kembali absen hingga April 2020.

Padahal jika tidak mengalami serangkaian cedera, mungkin saat ini Costa ada dalam kondisi terbaiknya. Sebelum mengalami masalah di pinggulnya, Costa mampu bermain selama 1.076 menit dalam 15 pertandingan di semua ajang. Costa hanya absen di dua laga (melawan Getafe CF dan CD Leganes), yang pertama disebabkan masalah sanksi larangan bermain dan kedua karena cedera selangkangan.




Baca Juga :
- Diego Costa Bertinju Melawan Tukang Pijat, Begini Reaksi Pemain Chelsea
- Chelsea Tawar Pemain Bintang Atletico Rp 932 Miliar




Sebelum 2019/20 dimulai ia menjalani pramusim dengan sangat baik, seperti saat membantai Real Madrid (7-3) di New Jersey, Amerika Serikat. Banyak yang menilai penampilannya kala itu adalah titik kebangkitan Costa setelah menjalani dua kampanye kurang memuaskan di Atletico. Dari 51 pertandingan yang dimainkan Atletico sepanjang periode tersebut, penyerang 31 tahun ini absen di 23 laga (45 persen).

Namun, bisa dikatakan 2019 menjadi tahun terburuknya karena hanya akan tampil 22 kali. Sementara pada 2018, dia bermain sebanyak 36 pertandingan di semua ajang sebelum mengalami cedera pertamanya pada Oktober 2018 di paha.


Baca Juga :
- Messi dan Felix Bersitegang Gara-gara Jordi Alba, Begini Video Panasnya
- Dua Gol Sembilan Menit Akhir Barcelona Takluk, Pelatih Atletico Nyaris Tak Percaya


Setelah sembuh, ia kembali cedera pada 1 November. Masih di bulan yang sama, Costa mengalami masalah pada telapak kakinya. Cederanya itu sempat memburuk hingga akhirnya pada awal Desember harus menjalani operasi. Dia baru kembali pada pertengahan Februari, saat menghadapi Rayo Vallecano.

Yang ada dipikirannya kala itu adalah tampil di 16 besar Liga Champions melawan Juventus FC. Pada leg pertama di Wanda Metropolitano, Costa diturunkan bersama Antoine Griezmann. Dia bermain cukup baik, meski mendapatkan penjagaan cukup ketat dari pemain-pemain Juve. Namun sayangnya Costa ditarik keluar pada menit ke-58 karena ketidaknyamanan pada bagian paha.

Akibatnya, Costa harus absen di dua pertandingan liga. Saat memasuki April ia kembali cedera, kali ini masalah otot. Itu didapatnya ketika menghadapi Girona FC (2/4). Meski sempat mengalami gangguan, Costa diturunkan pada laga selanjutnya melawan FC Barcelona di Camp Nou. Dalam pertandingan itu Costa tidak cedera, tetapi justru diusir karena melontarkan sumpah serapah kepada wasit Gil Manzano.

Setelah kejadian itu, Badan Komite Wasit LaLiga menjatuhkan larangan bermain selama delapan pertandingan kepada Costa. Lalu pada 2017/18, Costa baru bisa menjalani musim pada Januari lantaran sanksi transfer yang diberikan FIFA kepada Atletico. Dalam 23 laga, Costa absen tujuh kali karena cedera.

Solusi Pengganti

Kondisi Costa yang saat ini memaksa pelatih Atletico, Diego Simeone memutar otak untuk mencari penggantinya. Jika melihat komposisi yang ada paling memungkinkan adalah Ivan Saponjic. Sejak didatangkan pada musim panas lalu, ia belum melakukan debut. Opsi lainnya adalah Angel Correa.

Winger asal Argentina itu sudah dicoba dan hasilnya cukup memuaskan. Kemudian nama lainnya adalah Joao Felix. Simeone masih sering memainkannya di sayap, padahal ketika di SL Benfica ia terbiasa bermain di belakang penyerang atau second striker.***GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

Riwayat Cedera Diego Costa di Atletico sejak 2017/18

2017/18

20 Januari: Otot Adduktor  
Absen 2 Laga

14 Februari: Ketidaknyamanan pada pergelangan kaki kiri
Absen 1 Laga

11 Maret: Memar pada pergelangan kaki
Absen 1 Laga

13 April: Cedera hamstring
Absen 3 Laga

 

2018/19

3 Oktober: Cedera hamstring
Absen 2 Laga

1 November: Cedera otot adduktor
Absen 3 Laga

28 November: Cedera telapak kaki
Absen 1 Laga

4 Desember: Operasi telapak kaki
Absen 13 Laga

27 Februari: Ketidaknyamanan pada Paha
Absen 3 Laga

31 Maret: Cedera otot
Absen 1 Laga

 

2019/20

13 Agustus: Cedera adduktor di paha kiri
Absen 2 Laga

14 November: Herniasi Diskus
Belum Diketahui

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news