news
LIGA INTERNASIONAL
Depay Diprediksi Absen, Belanda Sudah Punya Empat Opsi Pengganti
15 November 2019 12:15 WIB
berita
Belanda akan rugi besar jika Memphis Depay absen lawan Irlandia Utara bila melihat torehannya selama Tim Oranye ditangani Ronald Koeman.
AMSTERDAM – Tim nasional Belanda kemungkinan mengalami kerugian besar saat dijamu Irlandia Utara pada laga ketujuh di Grup C kualifikasi Piala Eropa 2020 di Belfast, Sabtu (16/11). Memphis Depay hampir pasti takkan bisa memperkuat Tim Oranye dalam pertandingan tersebut.  Striker Olympique Lyonnais itu belum pulih dari cedera hamstring.

Depay mengalami cedera itu pada laga Liga Champions lawan SL Benfica pekan lalu yang dimenangi Lyon 3-1. Buntutnya, pemain 25 tahun itu absen saat Les Gones kalah 1-2 dari Olympique de Marseille di Ligue 1, Minggu (10/11) lalu.




Baca Juga :
- Cetak Hattrick, Wijnaldum Kirim Pesan Sudahi Rasisme
- Wijnaldum Cetak Hattrick Tanpa Rasisme




Tapi, pelatih Ronaldo Koeman tetap memanggilnya ke timnas Belanda untuk dua laga terakhir di kualifikasi Piala Eropa 2020 lawan Irlandia Utara dan Estonia. Jika Depay absen akan jadi kerugian besar bagi Belanda.

Mantan pemain Manchester United ini membukukan 13 gol dan 11 assist atau terlibat langsung dalam proses terciptanya 58 persen dari total gol Tim Oranye di era Koeman. Jumlah itu termasuk enam gol dan lima assist dalam lima laga di kualifikasi Piala Eropa 2020.


Baca Juga :
- Striker Muda MU Ini Kembali Tajam
- Prancis Meningkat dari Sisi Teknik


“Jika Depay tidak bisa bermain lawan Irlandia Utara, saya masih punya empat opsi pemain yang bisa mengisi posisinya di lini depan,” tutur Koeman.

Keempat pemain yang dimaksud Koeman adalah Ryan Babel, Wout Weghorst, Luuk De Jong, dan muka baru Myron Boadu. Striker 18 tahun itu dipanggil untuk kali pertama lantaran performa impresifnya bersama AZ Alkmaar musim ini dengan membukukan 14 gol dalam 22 laga di seluruh kompetisi.

“Boadu striker bagus. Dia akan jadi pemain hebat. Jika kita melihat apa yang sudah dilakukannya pada usianya saat ini: kecepatan, naluri mencetak gol yang tinggi, dan juga penyelesaian akhir yang tajam, kita bisa pastikan bahwa masa depannya sangat menjanjikan,” kata Koeman.

Koeman juga untuk kali pertama memangil rekan Boadu di lini depan Alkmaar, Calvin Stengs, yang baru 20 tahun. Meski begitu, tidak ada jaminan kedua pemain itu bakal langsung mendapatkan kesempatan untuk langsung melakoni debut di timnas Belanda.

Maklum, Koeman terbilang sangat selektif dalam menurunkan pemain. Pria 56 tahun ini memberikan kesempatan debut kepada 11 pemain pada 2018, tapi tahun ini baru Donyell Malen yang mendapatkan kesempatan itu. Striker PSV Eindhoven ini melakoni debutnya lawan Jerman pada 6 September lalu.

“Saya sering bekerja dengan sekelompok pemain yang sudah tetap dan mereka memang layak mendapatkan kepercayaan itu. Tapi, jika ada pemain lain yang ‘mengetuk pintu’, saya tidak akan menghalangi mereka,” ujar Koeman.

Peluang Boadu dan Stengs melakoni debut di timnas Belanda cukup terbuka karena Koeman juga kehilangan beberapa pemain kunci lain. Mereka Malen yang punya masalah kebugaran dan Steven Bergwijn yang cedera hamstring. Gelandang Georginio Wijnaldum juga masih diragukan karena terserang flu.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news