news
INFOGRAFIS
Menurut Robert Rene Alberts, Dua Sektor Ini Jadi Pendongkrak Performa Persib pada Putaran Kedua
15 November 2019 14:12 WIB
berita
Pelatih Persib Robert Rene Alberts/Foto: Ady Sesotya
BANDUNG – Persib Bandung tampil impresif pada putaran kedua Liga 1 2019. Dalam 10 penampilan, Maung Bandung baru sekali kalah. Enam laga berturut-turut tidak terkalahkan, bahkan empat pertandingan terakhir menyapu bersih kemenangan. Alhasil, posisi di klasemen sementara pun terus terdongkrak.

Saat ini Maung Bandung berada pada peringkat keenam, atau terbaik kedua yang pernah dicapai Persib sepanjang musim ini. Adapun posisi terbaik Persib pada Liga 1 2019 adalah peringkat kedua. Itu pun sudah lama terjadi, yakni pada pekan pertama lalu.  




Baca Juga :
- Soal Gol Bunuh Diri Persib, Ini Kata Supardi dan Achmad Jufriyanto
- Kekalahan Beruntun Persib, dari Rapor Kandang Buruk hingga Misteri Menit ke-56




Salah satu faktor yang dinilai pelatih Persib Robert Rene Alberts berperan besar mendongkrak performa tim adalah semakin matangnya sektor penyerangan dan pertahanan. Dalam setiap latihan, Robert memang tidak henti-hentinya mematangkan kedua sektor tersebut.

"Waktu lawan Arema, kami bisa mencetak tiga gol babak pertama. Itu menurut saya adalah permainan terbaik kami musim ini. Pemain begitu fasih dalam menerapkan sepak bola menyerang dan disiplin dalam bertahan," Robert mengungkapkan.


Baca Juga :
- Hadapi Persela Jadi Pertaruhan Nama Besar Persib
- Preview Persib vs Persela, Kans Besar Maung Bandung Menembus Lima Besar


Padahal, ia tahu betul Singo Edan adalah tim dengan lini serang terproduktif musim ini dengan 52 gol, bahkan jauh di atas pimpinan klasemen Bali United yang baru mengoleksi 40 gol. “Syukurlah pertahanan kami sangat disiplin sehingga pemain Arema saat itu tidak diberi kesempatan menyerang," kata Robert.

Kemenangan atas Arema memang belum bisa dilupakannya begitu saja. Apalagi dalam laga itu skema alternatif yang diterapkannya, menyusul absennya lima pilar utama, berjalan baik. Artinya, pelatih asal Belanda itu sudah memiliki beberapa skema baku jika ada pemain yang berhalangan.

Sementara itu di mata legenda Persib, Sutiono, saat ini Supardi Nasir dan kawan-kawan sedang menuju performa terbaik. Ia menilai proses adaptasi Robert yang begitu panjang dan pembentukan karakter tim sudah dilalui secara matang.

"Sekarang kita bisa lihat Persib mulai ke arah permainan sepak bola yang diharapkan banyak pihak. Artinya tim sudah mengalami kemajuan. Satu sama lain saling percaya dan inilah yang menjadikan tim asuhan Robert sudah menemukan kepercayaan dirinya," ucap penyerang Persib era 1990-an ini.

Usai menghadapi Arema, Robert meliburkan timnya tiga hari. Pemain akan kembali berlatih Sabtu (16/11) besok di Stadion Si Jalak Harupat. Waktu rehat yang lumayan panjang ini juga dimanfaatkan untuk memulihkan kondisi pemain yang cedera.

Penyerang Kevin Van Kippersluis yang mengalami cedera saat menghadapi PSIS Semarang dua pekan lalu, kini berangsur membaik. "Setelah kami cek usai melawan Arema semua pemain dalam kondisi baik, termasuk  Kippersluis,” kata dokter tim, Raffi Ghani, Kamis (14/11).

“Memang oleh pelatih Kippersluis sempat dimasukkan dalam line up di bangku cadangan. Tapi, saat itu ia tidak bisa bermain. Kita tunggu Sabtu sore besok saat kami berlatih lagi. Kondisi Kippersluis dan semua pemain akan kami cek," Raffi menambahkan.

Selanjutnya, Maung Bandung akan kembali menjalani laga kandang saat menjamu Barito Putera pada 24 November mendatang. Tampil di depan bobotoh akan jadi kesempatan menuai poin tiga sekaligus jalan menuju peringkat lima besar klasemen Liga 1 2019 yang jadi target jangka pendek.*Arief Nugraha K

 

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news