news
UMUM
TC Timnas Futsal Indonesia Dipisah
15 November 2019 12:37 WIB
berita
JAKARTA - Timnas Futsal Indonesia sudah memastikan diri tampil pada Piala Asia Futsal 2020 di Turkmenistan, awal Maret mendatang. Rencananya timnas akan memulai persiapan jangka panjang pada Desember mendatang.
Memang timnas Indonesia tak main-main dalam ajang Piala Asia yang sekaligus sebagai kualifikasi Piala Dunia Futsal 2020 di Lithuania zona Asia itu. Targetnya, skuat asuhan Kensuke Takahashi ini bisa membawa pulang satu dari lima tiket Piala Dunia yang diperebutkan turnamen futsal se-Asia tersebut.
Tapi dalam masa persiapan menuju Piala Asia bakal dipastikan bentrok dengan kompetisi Pro Futsal League 2019/20 yang akan dimulai pada 7 Desember 2019. Mengenai hal tersebut Federasi Futsal Indonesia (FFI) dan staf pelatih timnas futsal sudah melakukan diskusi, serta mencari solusi agar para pemain yang dipanggil tetap tampil di klubnya masing-masing.
“Ya jadi federasi inginnya biar liga (Pro Futsal League 2019/20) jalan terlebih dahulu. Setelah itu berjalan rencananya ketika kami meeting dengan federasi kami baru akan panggil pemain Desember akhirlah, totalnya 14 dari Grup A dan 14 pemain dari Grup B,” kata asisten pelatih timnas futsal Indonesia, Sayan Karmadi kepada TopSkor kemarin.
“Jadi mekanismenya ketika pertandingan Grup A berjalan kami lakukan latihan dengan pemain yang bermain di Grup B, lokasinya juga menyesuasikan. Misal seri pertama di Kebumen, mungkin kami akan gelar latihan di Kebumen sampai nanti Februari 2020 kami pastikan pemain yang akan bermain Piala Asia, Februari sudah masuk pemantapan tim utama,” Sayan menambahkan.
Ini bukan kali pertama skuat Futsal Garuda menggelar pemusatan latihan (TC) jangka panjang. Sebelum bertarung pada Piala AFF Futsal 2019 lalu, di Ho Chi Minh, Vietnam Kensuke Takahashi menggembleng skuatnya selama tiga bulan.
“Kami berharap anak-anak bisa lebih baik nantinya. Karena saya pikir ini bukan lagi Piala Asia. Tapi ini sudah masuk dalam Kualifikasi Piala Dunia, jadi kami ingin persiapannya lebih baik,” ujar mantan pelatih Blacksteel Manokwari tersebut.
Sebagai informasi, timnas futsal Indonesia melaju ke Piala Asia Futsal 2020 setelah sukses merebut gelar runner-up Piala AFF Futsal 2019. Dalam partai puncak, tim yang dihuni Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan menyerah dengan skor 0-5 dari Thailand.*SUMARGO PANGESTU

 




Baca Juga :
- Menpora Yakin Indonesia Bisa Bawa Pulang Medali Emas Sepak Bola SEA Games 2019
- Bingung Pilih Pelatih Timnas Senior? Tenang, Indra Sjafri Siap Jadi Pelatih!




loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news