news
LIGA INTERNASIONAL
Reputasi Tim Juara Piala Dunia Ini Dipertaruhkan
14 November 2019 13:10 WIB
berita
Performa penyerang Antoine Griezmann berbeda antara di timnas Prancis dengan Barcelona diduga karena posisi bermain yang tidak sama.
PARIS - Prancis adalah tim kampiun Piala Dunia 2018. Namun, reputasi tersebut justru tengah dipertaruhkan di ajang yang hanya selevel lebih rendah, Piala Dunia. Skuat pelatih Didier Deschamps tersebut bisa memastikan tiket putaran final Piala Eropa 2020 bila menang saat menjamu Moldova di Grup H kualifikasi di Stade De France, Kamis (14/11).

Les Bleus bahkan bakal otomatis lolos jika pada hari yang sama Islandia gagal mengalahkan Turki di Istanbul. Tapi, Deschamps juga mengingatkan timnya agar tetap waspada. Meskipun bertengger di peringkat kedua Grup H dengan 19 poin, hanya kalah head-to-head dari Turki yang bertengger di puncak, Prancis masih mungkin digeser oleh tim peringkat ketiga Islandia yang mengantongi 15 poin.




Baca Juga :
- Penyerang PSG Ini Kejar Kesempurnaan
- Griezmann Melawan Atletico untuk Kali Pertama




“Kekhawatiran akan kegagalan itu tidak ada dalam benak saya,” kata Deschamps. “Tapi, kami belum 100 persen aman. Kami belum lolos. Kebanyakan orang meyakini bahwa mengalahkan Moldova hanya formalitas buat kami. Jadi, mari kita buat formalitas itu. Kami harus selalu waspada. Kami harus melawan rasa nyaman.”

Memang, hanya keajaiban yang bisa menggagalkan Prancis lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Tapi, mereka juga butuh keajaiban untuk bisa finis sebagai juara Grup H. Selain harus memenangi kedua laga terakhir lawan Moldova dan Albania, Les Bleus juga harus berharap Turki gagal meraih poin sempurna dalam kedua laga terakhir mereka.


Baca Juga :
- Ekshibisi 700 Messi! Gol dan 2 Assist
- Enam Laga MenguatkanĀ MSG Sebelum El Clasico


Kemungkinan itu sangat kecil. Pasalnya, Turki akan bermain di kandang lawan Islandia dan mereka selalu menang dalam enam laga terakhir di hadapan publik sendiri. Tim berjulukan Ay-Yildizlilar (Bulan Sabit-Bintang) ini nyaris mustahil dibendung oleh tim lemah Andorra dalam laga terakhir.

“Posisi juara grup tidak bisa ditentukan oleh kami. Turki yang bisa menentukan sendiri nasib mereka. Posisi juara grup tetap jadi target kami. Tapi, posisi itu pun belum bisa memastikan apakah kami akan masuk daftar unggulan dalam undian nanti. Mari kita lakukan apa yang harus dilakukan dan jika setelah itu situasinya positif, kenapa tidak?” ujar Deschamps.

Jika mampu lolos ke putaran final Piala Eropa 2020, hasil tersebut akan memperpanjang tren positif Prancis yang selalu lolos ke putaran final Piala Eropa dalam tujuh edisi terakhir sejak 1992. Mereka juga selalu tampil dalam enam edisi terakhir Piala Dunia sejak 1998. Kali terakhir Les Bleus gagal lolos ke turnamen besar adalah pada Piala Dunia 1994.

Melawan Moldova, Prancis bakal kembali diperkuat oleh mesin gol Kylian Mbappe yang sempat absen dalam empat pertandingan terakhir di babak kualifikasi karena cedera hamstring. Striker 20 tahun ini sempat diistirahatkan oleh Paris Saint Germain dalam laga Ligue 1 lawan Stade Brest akhir pekan lalu. Tapi, dia bisa berlatih normal bersama Les Bleus.

Keraguan justru dialamatkan kepada Antoine Griezmann. Striker 28 tahun ini belum juga menunjukkan performa terbaiknya bersama FC Barcelona sejak transfernya dari Atletico Madrid musim panas lalu. Dia baru mencetak empat gol dalam 16 laga di seluruh kompetisi dan tidak pernah lagi membobol gawang lawan sejak golnya lawan SD Eibar di La Liga pada 19 Oktober lalu.

Tapi, Griezmann selalu jadi salah satu pilihan utama Deschamps di lini depan timnas Prancis dan kepercayaan itu hampir pasti kembali diberikan kepadanya dalam kedua laga terakhir di kualifikasi Piala Eropa 2020. Ini kesempatan bagi Grizzy untuk memulihkan kepercayaan diri yang belakangan luntur.

Bek tengah timnas Prancis yang juga rekan Griezmann di Barcelona, Clement Lenglet, punya analisis tersendiri performa berbeda yang ditampilkan Grizzy saat membela Les Bleus dan Los Azulgrana. Menurutnya, kondisi itu tidak terlepas dari posisi berbeda yang dimainkan Griezmann.

“Bersama Les Bleus, dia bermain sebagai second striker. Posisi ini mungkin membuatnya lebih mudah mendapatkan peluang mencetak gol lewat aksi individu atau saat menerima bola muntah. Di Barcelona dia bermain di sayap sehingga lebih jauh dari gawang lawan dan lebih sulit mendapatkan peluang. Tapi, dia tetap memiliki mentalitas yang hebat. Dia selalu bekerja keras di lapangan,” ujar Lenglet.***RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Pemain
Prancis vs Moldova
Stadion:
Stade De France
Wasit: Gediminas Mazeika
Prediksi TopSkor: 60-40

Prancis 4-2-3-1
Pelatih:
Didier Deschamps

16 Mandanda

2 Pavard
5 Lenglet
4 Varane
22 Mendy

12 Tolisso
13 Kante

10 Mbappe
7 Griezmann
11 Coman

9 Giroud

Cadangan: 1 Areola, 3 Kimpembe, 21 Digne, 17 Sissoko, 6 Ndombele, 18 Fekir, 20 Ben Yedder

Moldova 4-5-1
Pelatih:
Engin Firat

23 Koselev

22 Graur
5 Posmac
3 Armas
2 Reabciuk

16 Antoniuc
10 Cociuc
7 Ionita
8 Carp
11 Ginsari

20 Sidorenco

Cadangan: 1 Celeadnic, 15 Jardan, 17 Oancea, 12 Cojocari, 13 Rata, 19 Damascan, 21 Milinceanu

Pertemuan Terakhir:
22/03/19       Pra-Piala Eropa          Moldova 1-4 Prancis

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news