news
LIGA 1
Abdul Aziz Bisa Berkembang di Persib karena Kepercayaan dari Pelatih
14 November 2019 14:29 WIB
berita
Aksi gelandang Persib Abdul Aziz Luthfi (kiri) saat menghadapi Arema FC/Foto: TopSkor/Arief NK
BANDUNG – Bukan rahasia umum lagi,  setiap musim Persib Bandung selalu memunculkan pemain debutan yang menonjol. Setiap pelatih selalu menemukan dan melahirkan pemain muda erpotensi dan merebut hati bobotoh.

Pada Liga 1 musim lalu pelatih Mario Gomez menemukan sosok Ardi Idrus. Bek kiri asal Ternate ini semula tidak diperhitungkan bahkan diragukan kemampuannya. Kala itu, Ardi datang ke Persib untuk ikut seleksi berbekal pengalaman di Liga 2.




Baca Juga :
- Sejenak Lupakan Target Lima Besar, Manajemen hanya Minta Persib Konsisten hingga Akhir Musim
- Reaksi Mario Gomez Soal Kekalahan Borneo FC dari Persib




Tetapi,  sang pelatih lebih tahu potensi Ardi saat itu. Perlahan tapi pasti, Ardi memenuhi kepercayaan pelatih. Hingga akhirnya ia pun masuk tim nasional karena kemampuannya yang semakin menonjol.

Begitu pun sekarang. Pelatih Robert Rene Alberts  menemukan local hero  baru yakni  Aziz. Berkali-kali pemain 25 tahun itu dapat kepercayaan penuh hingga semakin matang seperti sekarang. Bahkan, Aziz menggeser seniornya Dedi Kusnandar yang sebelumnya menempati posisi yang ditempati Aziz.


Baca Juga :
- Komentar Robert Alberts Usai Persib Bungkam Borneo FC
- Preview Borneo FC vs Persib, Stadion Segiri Tidak Ramah bagi Maung Bandung


Bakat pemain asli Bandung ini sudah terlihat sejak masih tergabung di Duta BBC salah satu klub anggota Persib dan sekarang berada di bawah Askot PSSI Bandung, Sebelum masuk skuat inti Persib,  Aziz sempat melalangbuana ke beberapa klub di luar Bandung seperti PS TNI dan PSMS Medan.

Tidak sedikit para pemerhati Persib dan pembina klub mengamati  kemampuan pemain bernomor punggung 8 itu. Ada yang mengatakan kunci sukses Aziz adalah keberanian Robert memberi kepercayaan penuh kepada Aziz.

"Artinya,  pelatih sangat tepat dan paham potensi yang dimiliki Aziz. Memang harus seperti itu untuk mengasah  sosok Aziz. Beri kesempatan penuh,  jangan berlama-lama di bangku cadangan. Semakin sering bermain semakin menonjol penampilannya," kata Yoko Angga Surya, Wakil Manajer Tim PON Jawa Barat 2016 yang juga pengelola klub  Saswco.

Sementara mantan pemain Persib,  Nana Supriatna, mengamati cara bermain Aziz yang semakin matang dan dewasa. Aziz diperhitungkan lawan serta sudah menjadi bagian penting tim. Dia mempunyai visi yang bagus dalam menyerang dan lumayan kuat dalam bertahan," ucap Nana.

Karena itu dijelaskan Nana,  tidak alasan bagi Aziz untuk tidak lagi mendapat tempat. "Saya tegaskan Aziz saat ini layak dapat tempat di skuat inti Persib karena ditopang oleh gelandang lainnya dan tinggal dia sendiri menjaga kepercayaan. Harus ada keinginan untuk  meningkatkan kemampuannya dan jangan  cepat berpuas diri," ujar Nana.

Yana  Umar pentolan Viking Persib Gan Club,  mengaku bangga karena Aziz mewakili daerah yang mengikuti jejak para seniornya. "Ia asli orang Sunda, darah Sunda. Menurut saya sejauh ini Aziz sudah memenuhi harapan bobotoh,  tinggal ditingkatkan lagi dan konsisten tidak bermain  angin-anginan," kata Yana.*Arief Nugraha K

loading...
news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id
news
news