news
LIGA SPANYOL
Moreno Sudah Punya Gambaran Skuat Utama Spanyol
14 November 2019 13:41 WIB
berita
Para pemain timnas Spanyol berpose dengan seragam baru yang akan digunakan di Piala Eropa 2020. Setelah memastikan lolos ke putaran final, La Roja masih akan menghadapi Malta dan Rumania sepekan ke depan.-Topskor/Ist
 

MADRID – Tim nasional Spanyol akan memiliki “kulit” baru untuk gelaran Piala Eropa 2020. Sebanyak 23 pemain memamerkan seragam teranyarnya di auditorium Luis Aragones yang terletak di Las Rozas, Selasa (12/11), tepat sebelum melakukan persiapan latihan menghadapi dua laga sisa kualifikasi pekan ini. Dari komposisi pemanggilan terkini, pelatih Robert Moreno sepertinya sudah punya gambaran pemain yang akan dibawanya tahun depan.




Baca Juga :
- Zidane Yakin Sergio Ramos Bakal Perbarui Kontrak
- Fernando Hierro: Rekor Gol Ramos Tidak Wajar




Setelah memainkan delapan pertandingan kualifikasi, fondasi La Roja –julukan Spanyol – makin menemui kejelasan. Dari 36 nama yang telah dicoba, sejak era Luis Enrique, ada 20 pilar yang hampir pasti dibawa untuk musim panas tahun 2020. Namun dengan catatan bisa mempertahankan performa apik saat ini.

Tiga slot posisi kiper dipastikan akan diisi Kepa Arrizabalaga, David de Gea, dan Pau Lopez. Nama terakhir berpeluang dimainkan melawan Malta (15/11) dan Rumania (18/11), mengingat dua laga tersebut sudah tidak mempengaruhi posisi Spanyol yang sudah lolos ke putaran final Piala Eropa.


Baca Juga :
- Alarm Atletico Kian Nyaring
- Mini Krisis Atletico Berakhir


Area yang masih menyediakan celah adalah bek tengah. Sergio Ramos dan Raul Albiol tampak pasti, meskipun Moreno tetap mempertahankan asa dari Pau Torres. Selain Albiol dan Pau, pelatih juga telah menjajal Nacho Fernandez, Marc Bartra, Diego Llorente, Inigo Martinez, Mario Hermoso, dan Unai Nunez. Albiol ternyata yang paling mengesankan meski telah berusia 34 tahun.

Untuk lubang di posisi gelandang serang yang ditinggalkan Rodrigo Moreno (cedera), Pablo Sarabia siap mengambil kesempatan. Namun nama Daniel Parejo tidak bisa dikesampingkan meski kapten Valencia tak masuk hitungan dalam dua pemanggilan terkini. Lalu Luis Alberto dan Suso Fernandez yang juga sempat mengikuti pertandingan kualifikasi masih dipertimbangkan.

Satu area yang juga belum jelas adalah lini tengah. Performa Sergio Busquets mulai dipertanyakan. Moreno sendiri punya kepercayaan tinggi terhadap juara dunia 2010 itu, tapi ia juga menyiapkan Rodri Hernandez sebagai antisipasi. Mengingat laga putaran final akan lebih berat ketimbang kualifikasi.

Terakhir di lini depan, pelatih nampaknya tak akan begitu menemui kesulitan. Posisi Alvaro Morata, Rodrigo, Paco Alcacer, dan Mikel Oyarzabal hampir pasti aman. Penyerang lain yang telah dicoba semisal Iago Aspas dan Diego Costa nampaknya sudah tak memiliki peluang lagi lantaran penampilannya di klub yang tidak memuaskan.

Kasus Lopetegui

Sementara, meski berhasil mengantar Spanyol lolos dari fase grup, masa depan Moreno ternyata belum jelas. Luis Rubiales, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) pelatih 42 tahun itu bersabar dan menunggu hingga Piala Eropa 2020 selesai. Itu dilakukan karena Rubiales tak ingin kasus Julen Lopetegui terulang.

Kala itu Lopetegui memperbarui kontraknya sebelum Piala Dunia 2018, tapi justru bernegosiasi dengan Real Madrid yang berujung pemecatan. “Dia (Rubiales) memilih menunggu dan melihat apa yang terjadi setelah Piala Eropa. Pada akhirnya nasib pelatih bergantung pada hasil. Dia pernah memiliki pengalaman buruk dengan Lopetegui,” ujar salah satu sumber dekat dari Rubiales.*** GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER
 

 


 

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news