news
INFOGRAFIS
Preview Indonesia U-23 vs Iran U-23, PR dan Target yang Diinginkan Indra Sjafri
13 November 2019 10:57 WIB
berita
GIANYAR - Timnas Indonesia U-23 akan diuji oleh timnas Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (13/11). Laga uji coba lawan timnas Iran U-23 ini menjadi pemanasan terakhir bagi tim Garuda sebelum terjun ke medan tempur sesungguhnya, yakni SEA Games 2019 di Manila, Filipina, akhir November mendatang.

Pertandingan nanti menjadi laga uji coba keempat bagi timnas U-23 selama persiapan SEA Games 2019. Sebelumnya, tiga laga sudah dijalani oleh Egy Maulana Vikri dan-kawan pada mini turnamen Oktober lalu, yaitu melawan Yordania, Cina, dan Arab Saudi. Dalam ajang ini Indonesia takluk dari Yordania dan Cina serta pada laga terakhir sukses menahan Arab Saudi.




Baca Juga :
- Prediksi Indra Sjafri untuk Final SEA Games Timnas U-22 Indonesia Vs Vietnam
- Epic Comeback! Timnas Esports Indonesia ke Final SEA Games 2019 Nomor AOV!




Pemasalahan utama timnas U-23 saat tampil di Cina yaitu ketajaman. Sebab, dari tiga pertandingan Indonesia hanya mampu mencetak satu gol dan kebobolan empat gol. Kalah duel dan serangan yang mudah terputus menjadi pekerjaan rumah yang harus dibereskan Indra Sjafri dalam laga ini.

“Melawan Iran U-23, ini tentunya sangat bermanfat karena lawan punya kualitas yang bagus. Apalagi mereka adalah tim yang lolos ke Piala Asia U-23 di Thailand 2020,” kata Indra Sjafri pada sesi jumpa pers, kemarin. Dikatakannya, laga uji coba lawan Iran U-23 ini juga menjadi penentu sebelum memutuskan 20 pemain terbaik yang akan dibawa di SEA Games mendatang.


Baca Juga :
- Kasus, 6 Pemain Timnas U-22 Singapura Bakal Kena Sanksi Berat
- Indra Sjafri Dipandang Layak Melatih Timnas Indonesia Senior


Pelatih asal Sumatera Barat ini mengatakan jika tim pelatih harus memutar otak lebih keras lagi karena harus benar-benar selektif dalam memilih 20 dari 28 pemain yang ada di timnas U-23 saat ini. “Oleh karenanya, laga lawan Iran U-23 nanti akan jadi simulasi kami menghadapi SEA Games,” ucap Indra.

Namun demikian, dia juga memastikan bahwa laga uji coba pertama di Bali ini adalah akan digunakan untuk menentukan siapa yang bakal fix masuk dalam skuat SEA Games. Termasuk dua pemain senior yang bakal memperkuat skuat di pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara nanti.  

“Kami akan berikan kesempatan pada pemain-pemain yang kami belum yakin. Ini kesempatan pada mereka yang perlu kami lihat lagi,” Indra menambahkan. Sesuai dengan kesepakatan dengan timnas Iran U-23, mantan pelatih Bali United ini mengatakan di laga pertama di Bali akan ada enam pergantian pemain.

Ini berbeda dengan kesepakatan pada laga kedua di Stadion Pakansari Bogor, Sabtu (16/11) nanti, di mana hanya ada tiga pergantian pemain yang boleh dilakukan. “Di laga kedua nanti sudah merupakan simulasi sesungguhnya dengan tiga pergantian pemain,” Indra menambahkan.

Tidak hanya itu, Indra memastikan pula jika pada laga kedua lawan timnas Iran U-23 nanti, adalah tim sesungguhnya yang akan dibawa ke Manila. Dia juga mengatakan jika harapannya nanti adalah 20 pemain yang terpilih adalah benar-benar yang terbaik.

Indra kembali menggarisbawahi jika dia menginginkan pemain yang bisa bermain lebih dari satu posisi. Dia mencontohkan Kadek Agung yang dikatakan dapat bermain hingga tiga posisi. “Pemain seperti Kadek punya kesempatan yang besar untuk masuk dalam tim. Karena dia mungkin hanya posisi penjaga gawang saja yang tidak dikuasainya,” Indra menambahkan.

Yang menarik tentunya adalah siapa pemain senior yang bakal masuk dalam tim. Karena hanya ada dua pemain senior yang bisa masuk dalam tim. Sesuai yang dikatakan Indra Sjafri sebelumnya, ada tiga pemain senior yakni Evan Dimas Darmono, Zulfiandi dan Beto Goncalves yang sudah berlatih bersama tim di Bali pada Senin (11/11) lalu. “Tanggal 18 nanti, saya akan umumkan 20 pemain yang akan dibawa termasuk senior. Sulit memang karena kualitas pemain yang ada sekarang adalah merata,” dia menambahkan.

Sementara pelatih timnas Iran U-23, Hamid Estili mengucapkan terimakasih pada PSSI atas undangan uji coba ini. Iran U-23 sendiri memang tengah terus mengasah diri jelang Piala Asia U-23 2020 di Thailand pada Januari mendatang. “Sebelumnya kami sudah dua kali menjalani laga uji coba lawan Uzbekistan dan sekali melawan Australia. Dan melawan Indonesia,ini akan jadi pelajaran bagus bagi kami,” kata Hamid. Dia menambahkan, sudah melihat cara bermain timnas U-23 Indonesia saat mengikuti turnamen di Cina. “Saya harap Indonesia sukses di SEA Games nanti,” ucap Hamid lagi.***SRI NUGROHO

 

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news