news
ONE CHAMPIONSHIP
Anthony Engelen Ulas Cara Naik & Turunkan Berat Badan Jelang Berlaga
12 November 2019 10:31 WIB
berita
Anthony “The Archangel” Engelen dari divisi featherweight ONE Championship
JAKARTA - Dalam keseharian para atlet seni beladiri campuran (MMA), berlatih dan mengolah berbagai teknik sudah menjadi kewajiban. Namun ada unsur lain yang juga harus mereka perhatikan, khususnya saat menjelang sebuah pertandingan.

Selain kadar air dalam tubuh, berat badan seorang atlet pun menjadi sangat penting agar ia bisa bertarung sesuai dengan divisi laga yang telah ditentukan. Anthony “The Archangel” Engelen dari divisi featherweight ONE Championship mengulas proses yang sehat untuk menurunkan atau menaikkan berat badan.




Baca Juga :
- Sam-A Gaiyanghadao dan Alaverdi Ramazanov Juara Dunia Baru
- Zhang Chenlong Berambisi Pukul KO dan Jadi Juara Dunia di Malaysia




“Sebagai petarung, sangat penting untuk memperhatikan pola makan, apalagi saat mempersiapkan diri sebelum pertandingan. Saya harus akui, jika tidak sedang bersiap tanding, maka saya akan sedikit lebih bebas dalam pola konsumsi Tapi semuanya masih harus seimbang,” buka Anthony.  

“Jika Anda berlatih dengan keras, anda boleh makan apa saja yang anda inginkan, tapi semuanya tentu dengan pertimbangan.”


Baca Juga :
- Harapan "The Terminator" Sunoto Jelang Tahun Baru
- Ditempa Petarung MMA Dunia, Begini Pengakuan Eko Roni Saputra


“Jika Anda mempersiapkan diri untuk bertanding, maka pola makan akan menjadi sedikit lebih ketat. Bagi saya, pola makan selalu tentang menurunkan berat badan,” lanjutnya. 

Menjaga berat badan tetap stabil agar lolos tahap penimbangan berat badan sebelum laga merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi para atlet. Cara ekstrim untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi cairan, namun hal itu dilarang dalam ONE Championship karena atlet harus tetap hydrated. Jika tidak, maka mereka tidak diloloskan untuk berlaga. 

“Atlet-atlet MMA nyaris selalu harus menurunkan berat badan jelang pertandingan. Hal itu diawali dengan clean eating, dimana seluruh makanan yang dikonsumsi diolah dengan cara direbus atau dipanggang. Pola makan hanya berbasis tinggi protein dengan asupan karbohidrat rendah dan rendah lemak,” papar atlet Bali MMA ini.  

“The Archangel” mengatakan bahwa pemilihan komposisi makanan selama persiapan menjadi sebuah faktor penting. Beberapa jenis makanan harus dihindari, agar tidak menaikan berat badan secara drastis.

“Tidak ada makanan yang digoreng, tidak mengkonsumsi processed food, dan tidak mengkonsumsi gula. Mengurangi gula seperti dari minuman bersoda dalam konsumsi anda jelas sudah akan mempengaruhi pola makan,” ulasnya. 

“Perubahan seketika akan bisa anda rasakan mulai menghentikan asupan gula. Konsumsilah lebih banyak sayur, ayam, dan ikan dalam pola makan clean eating dipadu dengan latihan keras setiap hari; maka anda segera akan mengalami perubahan. Saat saya menerapkannya, perubahan terasa dalam sepekan,” tambahnya. 

Menaikkan berat badan dengan tepat sebenarnya cukup sulit dilakukan. Namun dengan nutrisi yang tepat untuk menaikkan berat badan yang bukan hanya lemak namun juga otot, hal ini lebih mudah diterapkan, tutur atlet yang menjalani masa kecil di Belanda ini.

loading...
news
Penulis
Suryansyah
news
news