news
UMUM
Deretan Prestasi Shin Tae-yong, Calon Pelatih Timnas Indonesia
12 November 2019 07:41 WIB
berita
Foto - Dok. EPA
JAKARTA - Shin Tae-yong sudah disebut masuk dalam kandidat pelatih Timnas Indonesia pengganti Simon McMenemy. Nantinya pelatih timnas senior juga direncanakan mengawal perjalanan Timnas U-20 Indonesia menuju Piala Dunia U-20 2021.

Lalu apa saja modal prestasi yang dimiliki Shin Tae-yong sampai membuat PSSI tertarik mendatangkan pelatih asal Korea Selatan itu? Untuk bersaing dengan kandidat lainnya, yaitu Luis Milla.




Baca Juga :
- Pernyataan Evan Dimas Soal Insiden Injakan Kaki Pemain Timnas U-22 Vietnam
- Rekapitulasi Medali SEA Games 2019: Indonesia Harus Puas di Posisi 4




Memang tidak ada keterangan resmi dari PSSI perihal kriteria masuknya Shin Tae-yong. Namun dari penelusuran yang dilakukan, ada beberapa prestasi yang bisa jadi modal Shin Tae-yong dipilih sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Modal pertama adalah catatan Shin Tae-yong membawa Seongnam Ilhwa Chunma menjadi juara Liga Champions Asia 2010. Di kompetisi paling elite Asia itu, Shing Tae-yong, menyumbang gelar kedua buat klub yang sekarang bernama Seongnam FC itu di Liga Champions Asia.


Baca Juga :
- Evan Dimas Terima Pelukan Pemain Timnas U-22 Vietnam yang Menginjaknya
- Komentar Tim Pelatih Timnas U-22 Vietnam Usai Kalahkan Indonesia


Sebagai juara Liga Champions Asia ketika itu, Seongnam lantas berhak bermain di Piala Dunia Klub 2010. Hasilnya Seongnam di bawah Shing Tae-yong mampu menembus peringkat keempat. Di bawah Inter, TP Mazembe, dan Internacional.

Shing Tae-yong juga pernah tercatat sebagai pelatih Timnas U-23 Korea Selatan. Ketika itu catatan prestasinya adalah membawa Korea Selatan melangkah sampai perempat final Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

Tapi prestasi terbaiknya sejauh ini adalah meloloskan Korea Selatan ke Piala Dunia 2018. Saat itu dalam kualifikasi yang tinggal menyisakan beberapa pertandingan, Shin Tae-yong, menggantikan Uli Stielike yang dipecat. Akhirnya Korea Selatan mampu lolos ke Piala Dunia 2018.

Di Piala Dunia 2018, Korea Selatan yang masih dipimpin Shin Tae-yong mampu mengalahkan juara bertahan, Jerman. 

Itulah deretan prestasi Shing Tae-yong, yang mungkin membuat PSSI tertarik mengontraknya.*Ari DP

loading...
news
Penulis
Ari DP
Penggemar semua cabang olahraga. Asli Yogyakarta, KTP Sleman, tinggal di Jakarta.
news
news