news
LIGA INGGRIS
Fred Solusi Problem Lini Tengah Man. United
12 November 2019 13:20 WIB
berita
Gelandang asal Brasil, Fred, mampu menjadi katalis lini tengah Manchester United.
MANCHESTER - Perlahan tapi pasti, Manchester United (MU) mulai menemukan jawaban terkait dilema sektor gelandang mereka. Hal tersebut terlihat saat Setan Merah menang 3-1 atas Brighton & Hove Albion di Liga Primer, Minggu (10/11) malam. Gol-gol dari Andreas Pereira dan Marcus Rashford, serta bunuh diri gelandang Brighton, Davy Propper, pada laga pekan ke-12 di Old Trafford tersebut membuat MU naik ke posisi ketujuh klasemen Liga Primer.    

Pelatih Ole Gunnar Solskjaer mengaku sangat kagum atas performa Fred dalam pertandingan tersebut. “Fred mengatur ritme permainan di lini tengah. Ia tidak hanya harus menguasai bola tetapi juga selalu berusaha merebutnya,” ucap Solskjaer. “Kami tentu tidak boleh membiarkan dua gelandang Brighton, Propper dan (Dale) Stephens, terlalu lama menguasai bola. Fred mungkin menjadi katalis bagi kami.”




Baca Juga :
- Man-United Makim Memble, Legendaris Ini Marah, Hilang Kepercayaan pada Solskjaer
- Pemain Kehilangan Kontrol, MU Didakwa FA




Statistik Fred sebagai gelandang bertahan saat melawan Brighton memang fantastis. Tidak hanya 57 kali menyentuh bola, persentase operan sukses Fred juga mencapai 94 persen (37 akurat dari total 47 operan). Fred juga sekali membuat operan kunci. Dua dribelnya semua sukses. Sedangkan dari lima upaya tekel, dua di antaranya berhasil.

Pentingnya peran Fred di lini tengah MU bisa dilihat dari kepercayaan Solskjaer menurunkannya dalam lima laga terakhir semua kompetisi. Dari kelima pertandingan tersebut, MU merebut empat kemenangan dan sekali kalah.


Baca Juga :
- MU Kehilangan Rashford 3 Bulan, Solskjaer Uring-uringan
- Tinggalkan MU, Inter Umumkan Ashley Young dengan Tagar NotForEveryone


Fred memang telah menjelma menjadi katalis di lini tengah Setan Merah. Seperti zat katalis dalam istilah kimia, Fred mampu mengatur ritme kapan MU harus bermain cepat dan kapan wajib menahan bola lebih lama. Sebagai gelandang bertahan, Fred terbukti efektif menahan serangan lawan sebelum masuk kotak penalti MU.

Mencuatnya peran Fred sekaligus menghapus dilema Solskjaer terkait komposisi terbaik untuk sektor gelandang Setan Merah. Kendati begitu, karier gelandang asal Brasil bernama lengkap Frederico Rodrigues de Paula Santos itu tidaklah mulus.

Pada 2018, pelatih Manchester City Pep Guardiola dan Jose Mourinho yang kala itu menangani MU, bersaing untuk mendapatkan Fred dari Shakhtar Donetsk. Guardiola melihat Fred potensial untuk menjadi penerus Fernandinho yang mulai menua. Sementara, Mourinho yakin Fred bisa menjadi kepingan terakhir teka teki lini tengah MU yang tidak meyakinkan.

Mourinho akhirnya memenangi persaingan karena pada Juni 2018 Fred datang ke Old Trafford dengan transfer sekitar 52 juta paun. Publik melihat, keputusan MU mendatangkan Fred adalah untuk mengakomodasi keinginan Paul Pogba bermain lebih ke kiri dalam formasi tiga gelandang. Dengan komposisi Fred (di kanan), Nemanja Matic, dan Pogba, lini tengah MU diyakini akan sangat ideal jika mengadopsi formasi 4-3-3.

Faktanya, Fred kesulitan beradaptasi dengan ketatnya kompetisi Liga Primer. Kritik pun datang dari banyak pihak, termasuk sejumlah legenda MU seperti Roy Keane dan Gary Neville. Cederanya Pogba ternyata menjadi hikmah tersendiri bagi Fred.

Selama Pogba menepi, Solskjaer pun mencoba formasi dua gelandang bertahan di depan empat bek dalam formasi 4-2-3-1. Berpasangan dengan Scott McTominay terbukti membuat Fred sangat efektif sebagai gelandang bertahan.

Jika Pogba kembali dalam waktu dekat, diperkirakan bulan depan, Solskjaer bisa kembali memakai formasi 4-3-3 dengan komposisi Fred di kanan, McTominay, dan Pogba.

“Kami harus mampu mencetak lebih banyak gol. Posisi di klasemen tidak terlalu bermasalah saat ini. Jadi, kami harus terus berkembang dengan memenangi banyak laga untuk melihat ke mana hasil itu akan membawa kami,” tutur Solskjaer.***TRI CAHYO NUGROHO DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news