news
UMUM
Kamuflase Tendangan Bebas, Intuisi Rekan, dan Ekspresifnya Selebrasi Gol Kapten Timnas Indonesia U-19
09 November 2019 06:10 WIB
berita
Foto - Abdul Susila
“BENG ambil beng,” teriak Rendy Juliansyah, setelah Mochammad Supriyadi dijatuhkan pemain timnas Hongkong U-19 di luar kotak penalti. Saat itu Rendy sedang melakukan pemanasan di belakang gawang bersama empat rekan lainnya.

Seperti mendengar teriak temannya, Bembeng, yang tak lain adalah sapaan akrab David Maulana, kapten timnas Indonesia U-19, langsung mengambil bola dan menciumnya. Lantas ia letakkan tepat di titik pelanggaran, yang tak jauh dari garis kotak penalti. 




Baca Juga :
- Tak bisa ke Malaysia, Milla Siap Datang ke Indonesia Pekan Depan
- Darwanto Bakar Semangat Tim Layar Indonesia




Namun, David tak sendiri. Tampak pula di sana, Rizky Ridho, bek timnas Indonesia U-19. Ridho juga bersiap mengambil eksekusi. Bahkan, David tampak seperti acuh, sebagai isyarat ia tak akan menjadi algojo tendangan bebas tersebut. 

Benar saja, begitu peluit wasit ditiup, Ridho langsung bergerak akan menendang bola mati. Tetapi ternyata itu kamuflase. Ridho tak menendang bola. Ia hanya melakukan gerak tipu. Pada saat bersamaan, pagar betis Hongkong melompat. 


Baca Juga :
- Update Hasil dan Klasemen Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G, Kamis Malam
- Prediksi PSIS vs Bali United, Laga Krusial


Sejurus kemudian, David bergerak. Ia tak menyapu bola dengan keras, melainkan mengarahkan bola ke sudut sempit. Gol. Indonesia menambah keunggulan menjadi 3-0. 

Menariknya, David merayakan gol tersebut dengan ekspresif. Ia berlari ke pojok lapangan sambil menunjuk dan berseluncur. Setelah itu, David melakukan sujud syukur, diikuti rekan-rekannya yang lain. 

Ini anomali. Biasanya, begitu mencetak gol, anak Medan itu berlari ke tengah lapangan, atau menyambangi tim pelatih di sisi lapangan. Pemain yang telah dikontrak Barito Putera itu tidak terlalu sadar kamera, seperti rekannya yang lain. Karakternya agak pemalu. 

Mengapa David begitu ekspresif? “Tidak ada apa-apa, hanya saya rasa momentumnya pas,” kata David saat jumpa pers, menjawab pertanyaan TopSkor. Hanya itu kalimat yang keluar dari bibirnya, sambil mengulum senyum bahagia. 

Dalam pertandingan kedua Grup G Pra Piala Asia U-19 2020, di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (8/11) malam itu, Indonesia U-19 akhirnya unggul 4-0 atas Hongkong U-19. 

Tiga gol Indonesia lainnya dilesakkan Bagus Kahfi dan Fajar Faturrahman pada babak pertama, dan penalti Bagus pada pengujung babak kedua. Berkat kemenangan ini, Indonesia U-19 memuncaki klasemen sementara Grup G dengan enam poin. 

Berikutnya, Indonesia U-19 akan menghadapi Korea Utara U-19 pada Minggu (10/11), di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ini laga penentuan juara grup, sekaligus perebutan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020, yang akan berlangsung di Uzbekistan pada Oktober 2020 mendatang.*

loading...
T
Penulis
TSM
news
news