news
LIGA INTERNASIONAL
Laga Terpenting Muenchen
08 November 2019 13:10 WIB
berita
Penyerang Muenchen Thomas Mueller kerap menjadi pembeda di laga-laga krusial. Itu akan coba kembali dilakukannya saat melawan Dortmund di Bundesliga, Sabtu (9/11).
MUENCHEN - Der Klassiker pada Sabtu (9/11) malam nanti akan berbeda dengan duel-duel sebelumnya. Musim ini, FC Bayern Muenchen telah memenuhi target pertama di Liga Champions dengan memastikan lolos ke babak 16 besar. Sukses itu diraih usai mengalahkan tim tamu, Olympiacos FC, 2-0 pada matchday 4, Rabu (6/11). Kemenangan tersebut juga melanjutkan rekor 100 persen Die Bayern di fase grup.

Tapi, Muenchen menampilkan wajah berbeda di Bundesliga. Mereka hanya lima kali menang dan dua kali kalah dalam 10 laga pertama. Termasuk kekalahan telak 1-5 dari Eintracht Frankfurt akhir pekan lalu yang berbuntut pemecatan pelatih Niko Kovac. Catatan ini membuat Die Bayern tertahan di peringkat keempat klasemen dengan 18 poin, empat poin di bawah Borussia Moenchengladbach yang bercokol di puncak.




Baca Juga :
- Buruknya Performa Dortmund Ternyata Disebabkan Hal-hal Ini
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat




Karena itulah bintang Muenchen, Thomas Mueller, menyebut Der Klassiker melawan Borussia Dortmund di Allianz Arena, Sabtu (9/11), sebagai das wichtigste spiel der saison (laga terpenting musim ini). Karenanya, Die Bayern wajib memenangi laga pada pekan ke-11 Bundesliga tersebut.

Salah satu penyebab keterpurukan Muenchen di Bundesliga adalah lini pertahanan yang rapuh. Sejauh ini mereka telah kebobolan 16 gol, terbanyak di antara tim-tim penghuni 10 posisi teratas klasemen. Ini juga rekor defensif terburuk yang pernah ditorehkan Die Bayern hingga pekan ke-10 sejak musim 2008/09 di bawah asuhan Juergen Klinsmann.


Baca Juga :
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan
- Klub Bundesliga Ini Masih Sulit Dilengserkan


Ini bisa menjadi pertanda buruk buat Muenchen karena pada musim itu mereka hanya finis sebagai runner-up. Fakta ini didukung oleh kutipan terkenal dari mantan pelatih Manchester United Sir Alex Ferguson: “Serangan jadi kunci memenangi pertandingan, pertahanan jadi kunci memenangi gelar.”

Masalah di lini belakang Muenchen kian kompleks lantaran kartu merah langsung untuk Jerome Boateng saat melawan Frankfurt. Buntutnya, bek tengah 31 tahun itu kena sanksi dua laga di Bundesliga. Ini pukulan telak buat Die Bayern yang sebelumnya telah kehilangan duet bek tengah Niklas Suele dan Lucas Hernandez yang cedera serius.

Sebagai solusinya, pelatih sementara Hansi Flick bakal menduetkan gelandang bertahan Javi Martinez dengan bek kiri David Alaba di jantung pertahanan. Pasangan ini telah menjalani geladi bersih lawan Olympiacos di Liga Champions. Hasilnya, Muenchen menorehkan clean sheet untuk kali pertama dalam sembilan laga.

Tapi, fakta itu tidak bisa dijadikan jaminan karena pertahanan Muenchen tidak pernah mendapatkan ancaman berarti sepanjang 90 menit lawan Olympiacos. Tantangan bagi duet Martinez-Alaba saat melawan Dortmund akan jauh lebih berat. Mereka akan bertemu salah satu barisan penyerang terbaik di Eropa yang terdiri dari Marco Reus, Jadon Sancho, Paco Alcacer, Thorgan Hazard, Julian Brandt, dan Mario Goetze.

Para penyerang ini telah menyumbangkan total 24 gol bagi Dortmund di seluruh ajang musim ini. Die Borussen juga punya bek sayap yang sangat tajam yaitu Achraf Hakimi yang telah mencetak enam gol di seluruh kompetisi. Produktivitas Dortmund tergambar jelas dalam tiga laga terakhir di mana mereka membukukan delapan gol.

Di antara para penyerang Dortmund tersebut, Reus adalah momok terbesar buat Muenchen. Pasalnya, dia telah mencetak 10 gol dan enam assist dalam 25 pertemuan sebelumnya dengan Die Bayern. Dia juga pemain yang paling sering membobol gawang Manuel Neuer di Bundesliga, enam kali.  

Tapi, Reus mengalami cedera saat menghadapi VfL Wolfsburg akhir pekan lalu yang memaksanya absen lawan FC Internazionale di Liga Champions, Selasa (5/11). Belum ada kepastian apakah sang kapten Dortmund bisa tampil kembali lawan Muenchen.

Bukan hanya lini belakang Muenchen yang menghadapi ancaman besar, tapi juga barisan pertahanan Dortmund. Mats Hummels dan kawan-kawan akan bertemu oleh salah satu striker terbaik di dunia, Robert Lewandowski. Dia memuncaki daftar top scorer sementara dengan 14 gol.

Lewandowski juga jadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang selalu mencetak gol dalam 10 laga pertama. Jika kembali mencetak minimal satu gol lawan Dortmund, pemain asal Polandia ini bukan saja akan memperpanjang rekornya. Tapi, dia juga akan menyamai rekor legenda Muenchen, Gerd Mueller, yang mencetak 15 gol hingga pekan ke-11 Bundesliga pada 1968/69.*** RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

Perkiraan Pemain
MUENCHEN - DORTMUND
Stadion:
Allianz Arena
Prediksi TopSkor: 50-50

MUENCHEN 4-2-3-1
Pelatih:
Hansi Flick

1 Neuer

5 Pavard
8 Martinez
27 Alaba
19 Davies

32 Kimmich
18 Goretzka

22 Gnabry
25 Mueller
29 Coman

9 Lewandowski

Cadangan: 26 Ulreich, 33 Mai, 11 Cuisance, 14 Perisic, 6 Thiago, 24 Tolisso, 10 Coutinho

DORTMUND 4-2-3-1
Pelatih:
Lucien Favre

1 Buerki

26 Piszczek
16 Akanji
15 Hummels
14 Schulz

28 Witsel
6 Delaney

5 Hakimi
19 Brandt
23 Hazard

9 Alcacer

Cadangan: 35 Hitz, 2 Zagadou, 8 Dahoud, 13 Guerreiro, 11 Reus, 7 Sancho, 10 Goetze

Pertemuan Terakhir:
03/08/19       Piala Super Jerman   Dortmund 2-0 Muenchen
06/04/19       Bundesliga                 Muenchen 5-0 Dortmund

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news