news
LIGA INTERNASIONAL
Die Bayern Masih Mencari Sosok Pelatih Ideal
06 November 2019 12:15 WIB
berita
Presiden FC Bayern Muenchen Uli Hoeness mengaku sudah mengantongi sejumlah nama untuk menjadi pelatih baru Die Bayern.
MUENCHEN - Presiden FC Bayern Muenchen Uli Hoeness menyatakan pihaknya bakal  mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai siapa yang bakal jadi pengganti pelatih Niko Kovac dalam tiga pekan ke depan. Setelah memecat Kovac pada Minggu (3/11) lalu—menyusul kekalahan memalukan 1-5 dari Eintracht Frankfurt, sehari sebelumnya—Muenchen telah mengangkat Hans-Dieter “Hansi” Flick sebagai pelatih sementara.

Tapi, mantan gelandang Die Bayern di era 1980-an itu tidak diproyeksikan untuk menduduki jabatan tersebut hingga akhir musim ini. “Segala sesuatu terkait isu ini sudah disampaikan. Saya pikir siaran pers kami kemarin (Minggu) malam sudah sangat rinci,” kata Hoeness. “Kini, kami punya waktu tiga pekan untuk mempertimbangkan bagaimana mengatasi masalah ini.”




Baca Juga :
- Resmi, Arsene Wenger Teken Kontrak Bekerja di FIFA
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan




Kovac diangkat sebagai pelatih Muenchen pada musim panas 2018 dengan kontrak yang berlaku hingga 30 Juni 2021. Pelatih asal Kroasia ini berhasil mempersembahkan gelar ganda, Bundesliga dan Piala Jerman, musim lalu. Tapi, dia tidak pernah dibiarkan menjalankan tugasnya dengan tenang.

Kritik dan isu pemecatan tidak pernah berhenti menerpa Kovac sejak awal kiprahnya di Allianz Arena. Rumor tersebut akhirnya menjadi kenyataan seusai kekalahan telak 1-5 Muenchen dari Eintracht Frankfurt pada pekan ke-10 Bundesliga di Commezbank Arena, Sabtu (2/11) lalu.


Baca Juga :
- Gol ke Gawang Olympiacos Memiliki Arti bagi Lewandowski
- Laga Terpenting Muenchen


Itu adalah titik terendah dalam grafik performa Muenchen di Bundesliga musim ini. Sebelumnya, Die Bayern juga telah menelan kekalahan 1-2 dari TSG Hoffenheim serta hanya mampu bermain imbang lawan FC Augsburg, RB Leipzig dan Hertha Berlin. Mereka bahkan kalah 0-2 dari Borussia Dortmund dalam perebutan Piala Super Jerman pada 3 Agustus.

Terlepas dari pemecatan Kovac, Hoeness mengklaim hubungan baik antara Muenchen dan pelatih 48 tahun tersebut tidak pernah terganggu. Pihak Die Bayern juga tak pernah menyalahkan Kovac atas performa tim yang mengecewakan di Bundesliga musim ini.

“Kami selalu punya hubungan baik dengan Niko Kovac,” ucap Hoeness. “Kami membuat keputusan ini bersama-sama. Dia tidak meninggalkan ‘pakaian kotor yang harus dicuci’. Saya sempat berbincang dengannya lewat telepon hari ini. Semuanya baik-baik saja. Saya merasa dia kini telah terbebas dari tekanan yang sangat besar.”

Sejumlah nama kandidat pelatih Muenchen berikutnya sudah bermunculan. Sebut saja Ralf Rangnick, Erik Ten Hag, Arsene Wenger, Massimiliano Allegri, dan Jose Mourinho. Kabar terkini menyebutkan Die Bayern juga telah menghubungi pelatih Paris Saint-Germain, Thomas Tuchel.

Tapi, pihak PSG menegaskan tidak akan melepas Tuchel dalam waktu dekat ini. Les Parisiens memastikan mantan pelatih Dortmund itu akan menjalankan tugasnya sepanjang sisa musim 2019/20. Kemungkinan pria asal Jerman itu hengkang pada musim panas nanti akan bergantung pada pencapaian PSG pada akhir musim ini.

Muenchen juga dipastikan tidak bisa segera merekrut Ten Hag karena pelatih 49 tahun itu menolak meninggalkan AFC Ajax sebelum kompetisi musim ini berakhir. “Saya bisa mengonfirmasi akan tetap di Ajax musim ini,” tutur Ten Hag yang pernah melatih tim junior Muenchen. “Saya memiliki hubungan erat dengan tim dan semua orang di klub ini. Muenchen klub yang fantastis dan ada dalam hati saya, tapi saya kini masih di Ajax. Saya bukan pemimpi. Saya hanya fokus pada Ajax.”*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news