news
UMUM
Stamina Meningkat, Uji Coba Timnas U-23 melawan Iran Digeser ke Bali dan Bogor
06 November 2019 10:26 WIB
berita
JAKARTA – Timnas Indonesia U-23 terus memantapkan persiapan jelang tampil pada SEA Games Manila, Filipina, akhir November mendatang. Tim asuhan Indra Sjafri saat ini sudah memasuki persiapan akhir yang artinya persoalan taktikal sudah menjadi menu utama.

“Apa yang harus kami perbaiki tentu bertahap. Saat ini tim memang belum mencapai titik terbaik yang kami inginkan. Tapi progres pemain dari pekan lalu yang menjadi penekanan kami soal daya tahan stamina alhamdulillah tercapai,” kata Indra.




Baca Juga :
- Ditarik Juara Liga Malaysia, Eks Pelatih Fisik Timnas U-19 Tidak Sulit Beradaptasi di Kota Sabah
- Jika Serius, Luis Milla Minta PSSI Kirim Surat Resmi




Setelah menjalani latihan taktikal di lapangan pada Senin (4/11) pagi, Asnawi Mangkualam Bahar dan kawan-kawan hanya berlatih ringan di lapangan basket Hotel Sultan, kemarin. Variasi latihan ini dilakukan supaya para pemain tidak mudah jenuh dalam melahap sesi demi sesi program latihan yang dibuat tim pelatih.

Apalagi tanpa menjalani pertandingan, penting bagi setiap pemain untuk menjaga level kebugarannya psikologi mereka tetap terjaga. Sehingga saat tampil pada SEA Games, persoalan fisik dan mental tak lagi jadi kendala. Indra juga menyebut, tahap periodisasi yang dijalani tim sejauh ini berjalan sangat lancar.


Baca Juga :
- Kekuatan Terbaik SKN Siap Lakoni Laga Perdana Pro Futsal League 2020
- Hadapi PSS, PSM Siap Menutup Laga Terakhir dengan Pesta


Ia berterimakasih kepada PSSI yang senantiasa memfasilitasi segala kebutuhan timnas dan kerelaan klub yang melepas para pemainnya untuk TC yang cukup panjang. Termasuk dua pemain senior yang masih bertahan sejauh ini yakni Evan Dimas dan Zulfiandi.

Sembari menunggu kepastian siap tidaknya Beto Goncalves, keduanya diyakini akan melengkapi kerangka timnas SEA Games. Meskipun, sampai sekarang Indra belum juga memastikan apalagi menjamin dua pemain senior nantinya akan masuk ke dalam skuat atau tidak.

“Soal pemain senior saya memang belum akan tentukan siapa pemain senior yang akan dibawa ke SEA Games. Juga saya akan melihat sejauh mana apakah kami butuh pemain senior itu atau tidak,” kata Indra.

Timnas U-23 berencana menjalani uji coba terakhir melawan timnas U-22 Iran pertengahan November ini. Namun ada perubahan terkait venue uji coba melawan Iran. Duel pertama akan berlangsung di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali pada Rabu (13/11).

“Iya kami akan bergeser persiapan ke Bali tanggal 11 sebelum uji coba,” kata Indra. Sebelumnya laga pertama direncanakan di Stadion Papua Bangkit kemudian Manahan Solo yang akhirnya batal. Sedangkan laga kedua yang dijadwalkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, digeser ke Stadion Pakansari, Bogor, 16 November mendatang. Setelah laga uji coba, timnas rencananya berangkat ke Filipina dengan 20 pemain terpilih pada 19 November nanti.*FURQON AL FAUZI

loading...
R
Penulis
Rizki Haerullah
news
news