news
LIGA SPANYOL
Malapetaka 7 Menit di Ciutat de Valencia, Tandang Momok Barca
04 November 2019 13:35 WIB
berita
Megabintang Barcelona, Lionel Messi tercenung setelah timnya kebobolan tiga gol dalam tempo singkat melawan Levante, Sabtu (2/11). – Topskor/ist
VALENCIA Comeback luar biasa dipertontonkan Levante UD saat sukses mendepak FC Barcelona dari Stadion Ciutat de Valencia, Minggu (3/11) dini hari WIB. Hanya dalam tempo tujuh menit, mereka tiga kali merobek gawang Barca yang dijaga salah satu kiper terbaik dunia, Marc-Andre Ter Stegen. Kemenangan 3-1 hari itu kian menegaskan Levante sebagai lawan yang mulai menjadi momok bagi Barca di laga tandang dalam dua tahun terakhir.  

Dalam pertandingan di jornada 12 ini, Barca sebenarnya unggul lebih dulu lewat gol penalti Lionel Messi. Namun malapetaka datang setelah turun minum. Barca seolah mengalami black-out (pingsan) selama tujuh menit, saat Jose Campana, Borja Mayoral, dan Nemanja Radoja secara beruntun memberondong gawang mereka.




Baca Juga :
- Ibunda Messi Tak Berharap Ballon d'Or Keenam, Celia Cuccittini: Ini Kejutan Indah!
- Ter Stegen “Laba-laba Hitam” Barca




Kemenangan istimewa itu pun dirayakan Los Granotas –julukan Levante. Mereka seakan mengolok-olok Barca dengan mengungah creenshoot dari situs pencarian Google tentang “Apa yang bisa dilakukan dalam 7 menit?” di Instagram dan Twitter klub. Dan muncul lah foto-foto kemenangan Levante atas Barcelona. Unggahan itu telah mendapatkan likes hingga lebih dari 9.000.

"Sungguh luar biasa. Dalam seminggu kami mampu mengubah anggapan negatif dengan kemenangan di Anoeta (kandang Sociedad) dan kini Barcelona. Kuncinya adalah upaya dan keyakinan. Menang atas Barca tiap musim menjadikan kami orang-orang pilihan. Dalam dua tahun kami menekuk mereka tiga kali, dua di LaLiga dan satu di Piala Raja,” ujar Paco Lopez, pelatih Levante.


Baca Juga :
- Gol d’Or Messi!
- Striker Muenchen Ini Bisa Libas Messi


Levante memang “spesial” bagi Barca dalam konotasi negatif, terutama saat bermain di Ciutat de Valencia. Bermain di sana selalu menyeramkan bagi Ernesto Valverde dan anak buahnya. Pada 11 Januari 2019, mereka kalah 2-1 di leg pertama 16 besar Piala Raja. Sebelumnya, drama sembilan gol (5-4 untuk Levante) terjadi pada 13 Mei 2018 di LaLiga.

Kekalahan di markas Valencia juga kian menegaskan rapor buruk Barca di tandang. Musim ini hingga 11 pekan, sudah tiga kali mereka gagal membawa pulang poin maksimal di luar Camp Nou. Statistik ini belum pernah dialami Los Azulgrana –julukan Barca– selama 16 tahun atau sejak 2002/03. Hasil  buruk tersebut juga memutus rantai kemenangan di tujuh laga Barca sebelumnya dari semua ajang.

"Saya harus akui kami punya masalah saat bermain di luar Camp Nou,” kata Valverde setelah laga. “Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya cemas dengan cara kami bermain di laga tandang. Selalu penting mencari cara terbaik dalam memainkan pertandingan seperti ini. Tapi saya rasa kami kehilangan arah di babak kedua.”

Untungnya kekalahan ini tak mempengaruhi posisi Barcelona di papan klasemen sementara LaLiga lantaran di pertandingan lain Real Madrid, Atletico Madrid, Sevilla FC, dan Granada CF sama-sama gagal memetik kemenangan. Namun sekarang perolehan poin mereka sama dengan Madrid, yakni 22.

Selain itu Valverde apa yang terjadi di Ciutat de Valencia ini juga menimbulkan isu tentang nasib sang pelatih ke depannya. Kendati demikian, Valverde menolak menanggapi hal tersebut secara lebih. “Saya tidak berpikir tentang pengunduran diri, ini hanyalah sebuah kekalahan,” ia menambah.***DINI WD/GOGOR HAKIM DARI BERBAGAI SUMBER

 

loading...
D
Penulis
Dini Wulandari
news
news