news
LIGA INGGRIS
Arsenal Masih Menanti Koneksi Telepatik Aubameyang-Lacazette Musim Ini
02 November 2019 16:15 WIB
berita
Arsenal akan berharap duet penyerang Alexandre Lacazette (kiri) dan Pierre-Emerick Aubameyang bisa memperlihatkan kombinasi mutualisme saat melawan Wolverhampton di Emirates, Sabtu (2/11) malam ini./Istimewa
LONDON – Arsenal FC tengah berada dalam situasi pelik. Mereka gagal menang pada dua laga terakhir Liga Primer 2019/20 dan baru tersingkir dari Piala Liga (Carabao Cup), Rabu (30/10) lalu. Keadaannya tambah rumit dengan perseteruan antara kapten Granit Xhaka dengan fan The Gunners. Namun, pasukan Unai Emery dituntut fokus saat menjamu Wolverhampton Wanderers FC, Sabtu (2/11) malam.

Arsenal wajib memanfaatkan laga pekan ke-11 Liga Primer yang berlangsung di Stadion Emirates ini guna memperbaiki kondisi. Kemenangan diyakini bisa mengurangi tekanan yang dirasakan beberapa pekan terakhir. Emery akan berharap banyak kepada dua penyerang andalannya, Pierre-Emerick-Aubameyang dan Alexandre Lacazette. Mereka sangat mungkin menjadi juru selamat The Gunners.




Baca Juga :
- Trio Penyerang Bantu Arsenal Akhiri Rapor Negatif, Ljungberg Belum Puas
- Tertinggal Dulu, Arsenal Bangkit Kalahkan West Ham United dalam 9 Menit




Aubameyang tampil tajam musim ini dengan torehan tujuh gol dari 10 laga Liga Primer. Sementara Lacazette telah pulih dari cedera ankle yang membuatnya melewatkan tujuh pertandingan Arsenal di semua kompetisi, termasuk lima di kasta tertinggi sepak bola Inggris. Emery menurunkan keduanya saat ditahan imbang 2-2 oleh Crystal Palace FC, 27 Oktober lalu.

Namun mereka belum mampu memperlihatkan kombinasi telepatik seperti musim lalu. Sejumlah pihak menyebut strategi yang diterapkan Emery menjadi faktor utama. Ketika melawan The Eagles, julukan Palace, pelatih asal Spanyol itu menggunakan skema 4-4-2 dengan Aubameyang dan Lacazette tampil sejajar di lini depan. Ini pendekatan baru bagi keduanya. Tak heran bila mereka gagal maksimal.


Baca Juga :
- Opsi Pelatih Baru Arsenal Mulai Mengerucut
- Kolaborasi Pemain Muda dengan Senior


Sebelumnya, Emery selalu memplot satu pemain sebagai ujung tombak dalam pola 4-2-3-1. Biasanya, Lacazette yang diberi peran tersebut sementara Aubameyang bermain lebih melebar. Skema ini terbilang efektif karena mereka bisa saling melakukan kombinasi yang sulit ditebak. Dengan strategi itu, koneksi timbal balik Aubameyang dan Lacazette menjadi lebih lancar. 

“Saya pikir Aubaemyang mungkin lebih senang bermain lebih dalam atau melebar. Ini membuat Lacazette bisa menjadi ujung tombak. Formasi ini terbukti efektif musim lalu. Dengan kehadiran pemain seperti (Nicolas) Pepe dan Mesut (Oezil), mereka akan sangat berbahaya,” ujar mantan pelatih Chelsea FC Jose Mourinho. 

Mou tak sekadar bicara. Terbukti, Aubameyang dan Lacazette saling memberikan empat assist di Liga Primer 2018/19. Mutualisme ini yang ditunggu publik Emirates musim ini. Duel versus Wolves sangat mungkin menandai kembalinya duet telepatik The Gunners itu. Arsenal membutuhkannya demi membenahi posisi mereka di klasemen.

Peluang Oezil

Kemungkinan besar Aubameyang dan Lacazette akan terbantu dengan kreativitas yang dimiliki Mesut Oezil. Playmaker asal Jerman tersebut menjadi sorotan setelah kembali diturunkan Emery saat melawan Liverpool FC di Anfield, tengah pekan lalu. Laga Piala liga itu jadi kali pertama Oezil merumput bersama Arsenal sejak 24 September lalu.

Emery sendiri mengaku puas dengan performa sang pemain. Meskipun akhirnya kalah lewat adu penalti dari The Reds, Oezil tampil mengesankan. Kehadirannya membuat permainan Arsenal menjadi lebih kreatif. Gelandang serang 31 tahun tersebut bahkan menyumbang satu assist. Dan Emery membuka peluang untuk kembali memainkannya.

“Dia (Oezil) telah membuktikan sangat mampu untuk membantu kami. Tentu saja saya akan mempertimbangkannya. Dia bisa mengambil peran dalam laga berikutnya (versus Wolves),” ujar Emery.***  

STATISTIK KOMBINASI DUA PENYERANG ARSENAL*
Pierre-Emerick Aubameyang
Laga: 59
Gol: 39
Gol dari assist Lacazette: 4
Assist: 9
Assist untuk gol Lacazette: 4

Alexandre Lacazette
Laga: 72
Gol: 29
Gol dari assist Aubameyang: 4
Assist: 15
Assist untuk gol Aubameyang: 4

*Statistik di Liga Primer.

PERKIRAAN SUSUNAN PEMAIN ARSENAL VS WOLVES (LIGA PRIMER)

Wasit: Michael Oliver
Stadion: Emirates
Prediksi TopSkor: 55-45
Siaran Langsung: Mola TV, Sabtu (2/11) – Pkl. 22.00 WIB

ARSENAL (4-2-3-1)

Pelatih: Unai Emery

1 Leno;
2 Bellerin, 5 Sokratis, 23 Luiz, 3 Tierney;
29 Guendouzi, 11 Torreira;
19 Pepe, 10 Oezil, 14 Aubameyang;
9 Lacazette
Cadangan:
26 Martinez,
21 Chambers,
31 Kolasinac,
16 Holding,
34 Xhaka,
8 Ceballos,
35 Martinelli

WOLVES (3-5-2)

Pelatih: Nuno E. Santo

11 Patricio;
5 Bennett, 16 Coady, 27 Saiss;
37 Traore, 32 Dendoncker, 8 Neves, 28 Moutinho, 19 Jonny;
9 Jimenez, 18 Jota
Cadangan:
21 Ruddy,
4 Vallejo,
49 Kilman,
2 Doherty,
6 Jordao,
7 Neto,
10 Cutrone

Pertemuan terakhir
24/04/19       Liga Primer    Wolves           3 – 1    Arsenal
11/11/18       Liga Primer    Arsenal           1 – 1    Wolves

 

 

      

 

 

loading...
I
Penulis
I Gede Ardy E
news
news