news
LIGA INTERNASIONAL
Duel lawan Wolfsburg Bakal Spesial bagi Bek Dortmund Ini
02 November 2019 08:23 WIB
berita
Bek kanan Dortmund asal Polandia, Lukasz Piszczek, salah satu pemain asing dengan reputasi mentereng di Bundesliga.
DORTMUND - Laga menjamu VfL Wolfsburg di Signal Iduna Park, Sabtu (2/11) akan spesial bagi Lukasz Piszczek. Bek kanan Borussia Dortmund tersebut bakal menjalani pertandingan ke-300. Jumlah tersebut sama dengan rekan senegaranya, Robert Lewandowski, bersama FC Bayern Muenchen, juga akhir pekan ini.

Piszczek dan Lewandowski, yang sama-sama asal Polandia, bakal jadi pemain asing ke-17 dan 18 yang tembus 300 laga di Bundesliga sepanjang sejarah. Catatan ini terbilang istimewa bagi Piszczek. Karena itulah ia pun berharap bisa merayakannya dengan kemenangan. Hasil ini juga dibutuhkan Dortmund untuk bertahan dalam pacuan gelar.




Baca Juga :
- Buruknya Performa Dortmund Ternyata Disebabkan Hal-hal Ini
- Kapten Frankfurt Terancam Sanksi Berat




Loyalitas Piszczek terhadap Dortmund tidak perlu diragukan. Pemain 34 tahun ini telah memperkuat Die Borussen sejak 2010. Hanya bek kiri Marcel Schmelzer yang lebih senior dalam skuat Dortmund saat ini. Dia adalah produk akademi dan telah membela klub itu sejak 2008.

Memang masih ada bek tengah Mats Hummels yang telah bermain di Dortmund sejak 2007. Tapi, dia tidak masuk hitungan karena pernah hijrah ke FC Bayern Muenchen dan memperkuat klub itu selama tiga musim sebelum kembali ke Signal Iduna Park musim panas lalu.


Baca Juga :
- Penyerang Muenchen Ini Harus Selalu Dimainkan
- Klub Bundesliga Ini Masih Sulit Dilengserkan


Bersama Schmelzer dan Hummels, Piszczek adalah veteran yang tersisa dari generasi emas Dortmund yang memenangi gelar Bundesliga 2010/11 dan 2011/12. Kini, ketika kariernya sudah menjelang senja, dia berharap bisa kembali meraih gelar itu bersama Die Borussen. Apalagi, kontraknya akan habis akhir musim ini.

“Saya tumbuh di sini. Di klub inilah saya berkembang jadi sosok lelaki seperti sekarang. Itulah sebabnya saya ingin membalas budi,” kata Piszczek. “Saat ini, saya tidak ingin memastikan bakal mengakhiri karier tahun depan. Jika ada opsi memperpanjang kontrak, saya akan membuka pintu.”

Meski begitu, harapan Piszczek untuk kembali memenangi gelar Bundesliga musim ini bersama Dortmund tak akan mudah terpenuhi. Die Borussen memang sempat disebut-sebut sebagai favorit juara musim ini lantaran performa impresif musim lalu dan kehadiran sejumlah pemain top seperti Hummels, Julian Brandt, dan Thorgan Hazard.

Tapi, performa Dortmund sejauh ini sangat jauh dari ekspektasi. Mereka bahkan hanya mengais satu kemenangan dalam lima laga terakhir. Hasil ini membuat Die Borussen tertahan di peringkat kelima klasemen dengan 16 poin, tiga poin di bawah Borussia Moenchengladbach yang tengah memimpin.

Kemenangan atas Wolfsburg akan sangat penting bagi Dortmund demi menjaga peluang jadi juara. Pasalnya, Die Wolfe berada satu tingkat di atas Die Borussen di klasemen dengan keunggulan satu poin.

Tapi, mengalahkan Wolfsburg bukan pekerjaan mudah. Tim asuhan Oliver Glasner ini punya lini pertahanan terkuat di Bundesliga musim ini dengan hanya kebobolan lima gol dalam sembilan laga.

Wolfsburg juga satu-satunya tim yang belum pernah menelan kekalahan musim ini. Die Wolfe bahkan tak terkalahkan dalam 10 laga terakhir di Bundesliga dengan lima kali menang dan lima kali imbang. Jika kembali terhindar dari kekalahan lawan Dortmund mereka akan menyamai rekor yang dibuat sendiri pada 2008/09 dan 2014/15.*RIJAL ALFURQON DARI BERBAGAI SUMBER

loading...
T
Penulis
Tri Cahyo Nugroho
news
news